Sate Taichan Hits, Kolaborasi Pedagang Sate Madura dan Turis Jepang

Titipku – Sate adalah olahan daging ayam, sapi, kambing, maupun ikan yang sudah sangat familiar di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Meski jika dirunut sejarahnya, dulunya orang Indonesia terinspirasi dari pedagang asal Gujarat dan Tamil yang mengenalkan kebab. Singkat cerita, sate menjadi bukti akulturasi budaya dalam wujud kuliner. 

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya penjual sate, olahan yang satu ini juga mengalami inovasi. Tak jarang inovasi bisa menjadi trend dan digemari, salah satunya adalah Sate Taichan. Menu yang terdengar baru dalam dunia persatean, tapi sudah mampu menjadi kesukaan banyak orang. Ciri khas Sate Taichan yang sangat terlihat adalah dagingnya berwarna putih, tidak cokelat seperti sate pada umumnya. Baca Selengkapnya

Lebaran Tiba, Kue Kering Ini Ternyata Peninggalan Belanda!

Tidak terasa sudah genap sebulan menjalankan puasa. Lebaran pun sudah hampir berlalu. Mungkin lebaran tahun ini tidak akan semeriah dan sehangat lebaran tahun kemarin ataupun tahun-tahun sebelumnya karena tidak semua orang dapat merayakan lebaran bersama keluarga terdekat. Adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di banyak kota besar di Indonesia serta himbauan pemerintah untuk tidak melakukan mudik tahun ini membuat masyarakat mengurungkan niat untuk berkumpul bersama keluarga besar demi menurunkan persebaran pandemi COVID-19. Baca Selengkapnya

Resep Menu Es Blewah Simple

Titipku – Es blewah tampaknyua menjadi salah satu varian resep yang paling banyak digemari untuk menu pembuka puasa. Hal tersebut dikarenakan blewah merupakan buah yang mengandung banyak air dan rasa manis yang pas.

Tak hanya penghilang dahaga, buah blewah ternyata juga memiliki khasiat kesehatan yang baik untuk tubuh. Buah blewah yang mempunyai nama latin Cucumis Melo Var Cantalupensis masih berkerabat dengan melon. 

Baca juga: Manfaat Buah Melon untuk Diet

Dilansir melalui Alodokter.com buah blewah memiliki beragam nutrisi serta rendah kalori, sehingga baik bagi Anda yang sedang menjalankan diet rendah kalori.  Baca Selengkapnya

5 Tips Kurma Tahan Lama dan Tetap Segar!

Titipku – Kurma adalah salah satu buah yang paling dicari saat bulan Ramadhan. Buah ini, sering dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa. Tepatnya untuk “membatalkan” puasa, sebelum menyantap hidangan utama buka puasa. Tak sedikit pula yang mengonsumsinya saat sahur agar mendapatkan asupan nutrisi lebih dari buah mungil nan manis ini.

Tentu ada cara khusus supaya kurma bisa awet dan tetap fresh untuk dikonsumsi. Walaupun kurma sendiri sudah dikenal sebagai buah yang tahan lama hingga satu tahun. Trik ini akan optimal jika dimulai dari ketika membeli kurmanya, lho.  Baca Selengkapnya

Tips Diet Saat Puasa, Dijamin Ampuh!

Puasa bukan lagi menjadi halangan untuk melakukan diet yang sehat. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar puasa dan diet berjalan lancar. Dirangkum melalui Doktersehat.com berikut empat tips menjalani diet saat puasa Ramadhan:

 1. Hindari gorengan

Cara diet yang pertama saat menjalani ibadah puasa yaitu dengan menghindari menu gorengan saat sahur maupun berbuka. Gorengan memiliki banyak lemak, terelabih lagi jenis lemak yang dikandung adalah lemak jenuh. Selain bisa membuat tubuh bertambah gemuk, lemak jenuh memicu kolesterol jahat (LDL) memenuhi tubuh. Baca Selengkapnya

Resep Sayap Pentul (Drum Stick) Enak dan Unik!

resep ayam pentul, resep sayap pentul titipku

Titipku.com – Kalau sudah ayam, mau setiap hari kayaknya gak masalah ya? Asal tidak ayam goreng melulu! 😀 Nah bagian ayam yang paling kamu suka kira-kira apa nih? Paha, Dada, atau Sayap? Nah kali ini Ntip mau berbagi resep yang dikutip dari Aneka Tumpeng dan Kreasinya ini. Nah langsung aja scroll down resep sayap pentul enak dan unik ini.

Porsi untuk 10 orang (jika setiap orang satu sayap)

Bahan:

  • 10 buah sayap ayam

Bahan Bacem (Perendam)

  • 5 siung bawang putih, dicincang halus
  • 5 sendok makan kecap inggris
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat Sayap Pentul

  • Potong tiap persendian sayap ayam
  • Ambil bagian tengah sayap kemudian sayat tulang menuju ke sendi besar
  • Lepasan tulang yang kecil lalu balik kulit membungkus ayam
  • Ambil daging ayam dari bagian sayap yang tidak terpakai
  • Rendam daging ayam bersama sayap ayam dalam bumbu perendam selama 30-60 menit
  • Masukkan ayam dalam kantung kulitya
  • Jahit kalau perlu
  • Goreng sampai kecokelatan dan kering
  • Sayap Pentul siap disajikan

Yuk Beli Bahan-Bahan Resep Sayap Pentul dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba resep sayap pentul atau ayam pentul ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya

Iga Panggang Bumbu Bali, Masakan Khas Bali

Titipku.com – Kuta, Bedugul, itu destinasi wisata favorit Bali. Nah kalau Mebase, Bebek Betutu, Sate Lilit, dan Iga Panggang, barulah masakan khas Bali. Ingin coba masakan khas Bali dari rumah? Bisa dong! Kamu tak perlu jauh-jauh kok ke Bali hanya untuk mencecapi masakan-masakan favorit Bali ini. Yuk, cek resep iga panggang bumbu Bali, masakan Khas Bali.

Untuk 3 porsi

Bahan:

  • 250 gram iga sapi
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 2 buah tomat merah, belah 4
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1/2 buah kaldu bubuk
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas jari lengkuas, memarkan

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • 2 butir kemiri, sangrai
  • 4 buah cabai merah kriting, rebus
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Iga Panggang Bumbu Bali

  • Potong-potong iga menurut sendinya.
  • Didihkan 750 ml air dan rebus iga setengah matang. Tiriskan, sisihkan.
  • Panaskan minyak ke dalam wajan, tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas sampai harum dan layu.
  • Masukkan iga, tomat, kecap manis, kaldu blok, dan air kaldu rebusan sampai iga terendam.
  • Masak sampai iga empuk dan kuah mengering. Sesekali diaduk agar bumbu rata, lalu angkat.
  • Panggang Iga di dalam wajan sampai kecokelatan. Angkat dan sajikan.

Baca Lagi Resep Menarik Lainnya:

  1. Resep Daging Masak Rempah
  2. Resep Daging Layu Rica-Rica, Masakan Khas Subang
  3. Resep Nasi Gandul, Masakan Khas Pati Juwana

Yuk Beli Bahan-Bahan Iga Panggang Bumbu Bali dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba resep Iga Panggang Bumbu Bali ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya

Resep Sate Ikan Senapelan, Coba Nih Masakan Khas Riau

resep sate ikan senapelan, ikan senapelan, sate ikan senapelan, cara membuat sate ikan senapelan, sate senapelan khas riau, cara bikin sate senapelan khas riau,

Titipku.com – Sate termasuk menu praktis yang bisa menjadi olahan masakanmu. Tapi sate apa dulu nih? kalau kamu Biasanya membuat sate dari daging kambing, daging ayam, dan daging sapi. Kalau membuat sate dari daging ikan patin, sudah pernah? Hayooo cobain nih resep sate ikan senapelan, makanan khas Riau yang bisa menjadi variasi makananmu. Cermati bahan dan langkahnya ya!

Bahan

  • 2 ekor ikan patin, ambil dagingnya, potong dadu
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 150 ml santan kental dari ¼ buah kelapa
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 sendok makan gula merah, iris-iris
  • 1 sendok the asam jawa, larutkan dengan 50 ml air panas, saring
  • Garam secukupnya

Bumbu halus

  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah
  • 1 sendok teh terasi. Bakar
  • 2 butir kemiri, sangria
  • Lontong secukupnya

Cara Membuat Sate Ikan Senapelan

Langkah pertama adalah lumuri ikan dengan air jeruk nipis, diamkan 15 menit, cuci bersih. Lalu, panaskan miyak ke dalam wajan, tumis bumbu halus, daun jeruk, serai hingga harum. Setelah itu, tuang santan tambahkan gula merah, air asam, garam. Masak hingga matang dan berminyak kemudian angkat. Baca Selengkapnya

10 Manfaat Pare, Si Pahit yang Ternyata Banyak ‘Manisnya’!

Titipku.com – Beruntunglah kita hidup di Indonesia karena memiliki sayuran beragam. Rupa-rupa sayurannya mulai dari yang hijau sampai berwarna, dari yang manis sampai yang pahit. Seperti pare. Pahit rasanya tapi segudang manfaat manis yang bisa dipetik dalam mengonsumsi si pare ini. Pemilik nama latin Momordica Charantia ini mempunyai manfaat besar bagi kesehatan lho! tidak hanya itu, pare juga mempunyai manfaat bagi kecantikan. Bagaimana sih manfaat pare bagi kesehatan dan kecantikan?

1. Lawan Diabetes

Penderita diabetes, inilah alternative alami selain obat-obatan yang bisa kamu ambil manfaatnya. Pare yang djus ternyata sangat baguus untuk oranng yang mempunyai diabetes tipe 2. Si pare ini bisa membantu mengendalikn adar gula darah dan menyembuhkan resistensi insulin lho. Baca Selengkapnya

Semangat ala Pak Slamet, Pedagang Sayur Pasar Giwangan

Jualan di pasar Giwangan itu, refreshing!

Titipku.com – Dialah pak Slamet. Salah satu pedagang sayur mayur dan bumbu dapur di pasar Giwangan. Di sela-selanya ia menatap lalu lalang, hampiri ia untuk mengurangi sayur mayurnya hari ini. 65 tahun sudah bukan lagi usia muda sebenarnya. Apalagi sudah diramaikan oleh 7 cucu dari keempat anaknya sudah berkeluarga.

Lelaki yang masih bersemangat ini rupanya berasal dari Berbah, Sleman. Huniannya tidak jauh dari kawasan wisata candi Abang dan juga pabrik rokok Sampurna. Jika ditarik jarak, bisa ditempuh sekitar 35 menit dari pasar Giwangan. Baca Selengkapnya