Tanaman Pengusir Nyamuk yang Harum nan Cantik

nyamuk, mosquito, anti nyamuk, pengusir nyamuk, mosquito reppelent

Gigitan nyamuk membuat tidur jadi tidak tenang. Tidak hanya malam hari, terkadang nyamuk juga banyak berkeliaran pada siang hari. Kalau sudah menggigit, bekas gigitannya jadi bentol kemerahan di kulit. Pada beberapa orang bahkan mengakibatkan luka yang sulit untuk sembuh. Parahnya lagi, ada nyamuk yang berbahaya bagi kesehatan, contohnya Aedes Aegepty yang bisa mengakibatkan demam berdarah. Saking berbahayanya, kita perlu menyediakan pengusir nyamuk di rumah masing-masing.

Salah satu solusi mencegah gigitan nyamuk adalah memakai lotion antinyamuk. Cara lainnya bisa juga dengan menyemprotkan obat nyamuk satu jam sebelum tidur atau menyalakan obat nyamuk elektrik yang sudah banyak dijual di pasaran. Ada alternatif cara lainnya, lho, yaitu menaruh tanaman pengusir nyamuk. Beberapa tanaman mempunyai aroma yang tidak disukai nyamuk. Memangnya tanaman apa aja, ya? Simak artikel di bawah ini.

 

Lavender

nyamuk, mosquito, anti nyamuk, pengusir nyamuk, mosquito reppelent, lavender, geranium, bee balm, beebalm

Lavender sering dijadikan sebagai salah satu bahan baku minyak esensial karena aromanya yang harum menenangkan. Beberapa orang senang meneteskan minyak lavender pada diffuser mereka agar tidur jadi lebih nyenyak. Banyak juga produk rumahan yang mengandung aroma lavender di dalamnya, seperti pengharum ruangan dan hand and body lotion. Namun ternyata, keharuman lavender tidak disenangi oleh nyamuk karena diyakini menghambat mereka dalam mencium aroma tubuh manusia.

Sekilas, tanaman ini mempunyai bunga yang cantik berwarna ungu kecil-kecil. Bunda bisa menjadikan lavender sebagai tanaman hias di kamar Bunda. Coba, deh, taruh satu pot kecil lavender di dalam kamar Bunda. Selain cantik dan harum, kamar Bunda juga terbebas dari serangan nyamuk. 

 

Geranium

nyamuk, mosquito, anti nyamuk, pengusir nyamuk, mosquito reppelent, lavender, geranium, bee balm, beebalm

Ada banyak spesies geranium, tetapi beberapa jenis di antaranya mempunyai aroma yang khas. Aroma ini berasal dari daunnya yang mengandung minyak esensial. Selain lavender, banyak juga produk rumahan yang memakai aroma geranium karena menyegarkan. Nah, wangi geranium juga tidak disenangi oleh nyamuk, lho. Kalau Bunda mau menaruh tanaman geranium di kamar Bunda, pastikan pilih jenis Pelargonium crispum, Pelargonium cintronellum, atau Pelargonium citrosum. Bunga geranium juga cantik sehingga cocok dimasukkan dalam pot dan dijadikan tanaman hias.

 

Bee Balm

nyamuk, mosquito, anti nyamuk, pengusir nyamuk, mosquito reppelent, lavender, geranium, bee balm, beebalm

Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki bunga berwarna ungu kemerahan dengan bentuk yang unik. Aromanya juga khas sekali. Bee balm disukai lebah dan kupu-lupu, tapi ternyata dibenci nyamuk. Kandungan minyak aromatik yang terdapat pada daunnya membuat nyamuk tidak suka berada di dekat tanaman ini. Taruh bee balm pada pot bermotif polos lalu simpan di dekat jendela atau meja rias. Tambahkan cat pada pot menyesuaikan warna bunga  bee balm agar membuat kamar Bunda semakin cantik.

 

*****

Itulah tadi tiga pilihan tanaman yang mampu berperan sebagai pengusir nyamuk. Tidak hanya harum mewangi, ketiganya juga mempunyai bunga yang cantik di saat mekar. Jadi, Bunda mau pilih yang mana nih? Meskipun ketiganya bisa dijadikan untuk mencegah datangnya nyamuk, Bunda tetap perlu perlindungan lainnya, ya. Tetap menjaga kebersihan dan jangan membiarkan ada genangan air di rumah.

Bunda tahu tidak kalau di Aplikasi Titipku, Bunda juga bisa memesan tanaman hias seperti lavender, lho. Coba ketik “lavender” atau tanaman lain yang Bunda inginkan pada kolom pencarian. Bunda bisa bertransaksi dengan lebih mudah dan juga aman karena Jatiper yang memproses pesanan Bunda sudah berpengalaman. Yuk, unduh Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan