Telur Ayam Kampung dan Ayam Ras, Sudah Tahu Bedanya?

beda telur ayam negeri dan kampung, beda telur ayam arab dan kampung, beda telur ayam dan bebek, beda telur ayam putih dan coklat, beda telur ayam kampung dan ras, beda telur ayam dan ular, perbedaan telur ayam asli dan palsu, perbedaan telur asin ayam dan bebek, perbedaan telur ayam bebek dan puyuh, perbedaan telur ayam biasa dan kampung, perbedaan telur ayam betina dan jantan, perbedaan telur ayam buras dan ras, membedakan telur ayam jawa dan bangkok, perbedaan telur ayam bangkok, perbedaan telur ayam dan bebek, perbedaan telur ayam coklat dan putih, perbedaan telur ayam putih dan coklat, perbedaan telur ayam kuning dan putih, perbedaan telur ayam dan ular, perbedaan telur ayam dan itik, perbedaan telur ayam fertil dan infertil, perbedaan telur fertil dan infertil, ciri telur ayam fertil dan infertil, perbedaan telur ayam dan ikan, perbedaan telur ayam bangkok jantan dan betina, beda telur ayam kampung dan negeri, perbedaan telur ayam kampung dan boiler, perbedaan telur ayam laki dan perempuan, perbedaan telur ayam omega, perbedaan telur ayam organik, perbedaan telur ayam palsu dan asli, perbedaan telur ayam sama telur ular, perbedaan telur ular dan telur ayam, beza telur ular dan telur ayam, perbedaan telur ayam dan telur ular, beda telur ayam dan telur ular, beda telur bebek dan telur ayam, perbedaan telur ayam yang dibuahi dan tidak dibuahi,

Titipku – Di Indonesia, ada dua jenis orang yang mengkonsumsi ayam: yang hanya mau mengkonsumsi ayam kampung dan yang yang mau mengkonsumsi ayam ras maupun ayam kampung. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya orang-orang dewasa, mereka meyakini bahwa ayam kampung lebih sehat dan lebih aman dikonsumsi daripada ayam ras. Mereka menganggap pakan ayam ras yang mengandung bahan kimia membuat konsumsi ayam ras menjadi berbahaya. Bagaimanapun, pendapat mereka memiliki argumentasi yang cukup valid. Akan tetapi, bagaimana dengan telur yang ayam ras hasilkan? Apakah berbahaya juga?

Instagram via @chseftia

Tentu saja tidak. Baik telur ayam ras maupun ayam kampung sama-sama tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Namun, kandungan gizi yang terdapat dalam telur yang dihasilkan kedua jenis ayam tersebut sedikit berbeda. Di sisi lain, secara visual dan fisik telur ayam kampung dan ayam ras juga memiliki perbedaan. 

Ciri yang Tampak

Perbedaan yang dapat dilihat secara jelas adalah dari segi ukuran. Telur ayam kampung memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan telur ayam ras. Meskipun memiliki ukuran yang lebih kecil, telur ayam kampung dihargai lebih mahal di pasaran. 

Telur ayam kampung instagram via @dhanifariv

Perbedaan lainnya adalah dari warna. Telur ayam kampung memiliki cangkang telur berwarna putih sedangkan telur ayam ras cangkangnya berwarna coklat dan bertekstur kasar. 

Kuning telur dari kedua jenis telur tersebut juga memiliki perbedaan. Telur ayam kampung memiliki kuning telur yang berwarna kuning namun lebih oranye. Di sisi lain, telur ayam ras kuning telurnya berwarna kuning cerah. 

Nutrisi

Dipengaruhi oleh perbedaan pakan dan tempat hidup, tentu kandungan nutrisi dari kedua jenis telur tersebut berbeda. Pada satu telur ayam ras, kurang lebih terdapat 150 kalori, 10 gram lemak, 12,5 gram protein, dan 1 gram karbohidrat. Sementara itu, pada satu telur ayam kampung terdapat 150 kalori, 10 gram lemak, 13 gram protein, dan 1,5 gram karbohidrat. 

Jika dilihat sekilas, kandungan karbohidrat dan protein pada ayam kampung sedikit lebih banyak daripada telur ayam negeri. Dibalik ukurannya yang kecil, telur ayam kampung memiliki nutrisi yang sedikit melebihi telur ayam ras yang ukurannya lebih besar. 

Nah, itulah perbedaan dari telur ayam kampung dan ayam ras. Jika ditanya lebih sehat mana untuk dikonsumsi, semuanya sama-sama sehat karena kandungan nutrisinya tidak jauh berbeda. Untuk mendapatkan telur dengan mudah, kamu dapat berbelanja di Aplikasi Titipku. Di Titipku, barang-barang kebutuhanmu bisa kamu dapatkan dengan mudah. Tunggu apalagi, Yuk bangga #PakaiProdukLokal dan mulai berbelanja di Titipku!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Satu tanggapan pada “Telur Ayam Kampung dan Ayam Ras, Sudah Tahu Bedanya?”

Tinggalkan Balasan