Telur Puyuh Memicu Kolesterol dan Darah Tinggi, Mitos atau Fakta?

manfaat telur puyuh, kandungan telur puyuh

Titipku – Apakah kamu juga termasuk orang yang berprasangka telur puyuh memicu kolesterol? Beberapa orang mungkin takut tekanan darahnya naik jika mengonsumsi telur karena kandungan lemak jenuh atau kolesterolnya. Kolesterol darah yang meningkat bisa menyebabkan tekanan darah juga ikut meningkat. Hal yang mungkin membutuhkan proses tidak sebentar.

Telur puyuh merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh lho. Selain nikmat, telur ini juga sering digunakan sebagai olahan bermacam hidangan. Akan tetapi telur puyuh juga mempunyai reputasi yang baik karena dianggap bisa sebabkan kolesterol naik.

Kandungan dalam Telur Puyuh

Satu porsi telur puyuh (5 butir) mempunyai kandungan 6 gram protein dan 5 gram lemak. Kandungan protein dan lemaknya relative sedikit membuat jumlah kalori yang terkandung di dalmnya juga relative sedikit. Hanya sekitar 71 kalori untuk satu porsi.

Kandungan lemak jenuh dalam telur puyuh memang relative tinggi. Dalam 5 butir telur terkandung 1,6 gram lemak jenuh. Jumlah yang lebih tinggi daripada telur ayam dalam satu butir yakni 1,5 gram.

Meski telur puyuh memiliki kandungan lemak jenuh cukup tinggi, bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ini belum tentu bisa menigkatkan kadar kolesterol darah dalam tekanan darah.

Makanan dengan tinggi kolesterol belum tentu memberi sebab atas kamu yang mengalami kolesterol tinggi dan juga tekanan darah tinggi. Tubuh sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk membuat hormone dengan memproduksi vit. D dan membangun sel.

manfaat telur puyuh, kandungan telur puyuh
Instagram @wenakkkkk

Kemudian organ hati yang menghasilkan kolesterol dalam tubuh tidak mengubah semua kolesterol dari makanan menjadi kolesterol darah. Kemudian tubuh juga akan mengatur penggunaan kolesterol untuk fungsi tubuh dan diubah menjadi kolesterol darah.

Reaksi seseorang terhadap kakdar kolesterol dari makanan mungkin berbeda. Ada beberapa orang yang mengalami kenaikan kolesterol meski hanya konsumsi makanan tinggi kolesterol dalam jumlah sedikit. Lalu, beberapa orang lainnya tidak menunjukkan kenaikan kadar kolesterol yang berarti meski banyak konsumsi makanan tinggi kolesterol.

Nah, kalau kamu termasuk orang yang mudah alami kolesterol tinggi usai makan makanan berkolesterol, maka alangkah baiknya batasi jumlah telur putuh yang dikonsumsi. Kamu masih boleh lho konsumsi telur puyuh namun tidak dalam jumlah banyak.

Nah menurutmu bagaimana? Masih mitos atau fakta nih?

Jangan kapok beli telur puyuh dong dan kamu juga bisa titip beli telur puyuh dari pasar melalui Titipku! Membeli berarti membantu pedagang UKM untuk melangsungkan rupiahnya setiap hari. 🙂

Sumber: hellosehat.com

 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Satu tanggapan pada “Telur Puyuh Memicu Kolesterol dan Darah Tinggi, Mitos atau Fakta?”

Tinggalkan Balasan