Bosan Lihatin Detik Jam Buka Puasa? Kunjungi 20 Tempat Ngabuburit di Jogja Ini Deh!

Titipku – Hey penguhuni Jogja! Puasa tahun ini yakin mau diem-diem bae di kos? Ngabuburit dong! Jogja itu punya banyak tempat ngabuburit di Jogja yang bisa bikin jam tunggu buka puasamu lebih seru. Apalagi kalau dihabiskan bersama dengan sahabat. Nah ada dimana saja sih tempat ngabuburit Jogja yang seru? Baca sampai akhir ya!

  1. TUGU PAL PUTIH

Ikon kota Jogja yang satu memang tidak hanya wajib untuk disinggahi sebagai wisata malam di Yogyakarta. Namun juga asyik dijadikan tempat ngabuburit lho apa untuk edisi bulan ramadhan. Kamu anak muda Jogja, bisa nih habiskan senja yang membias tugu pal putih Jogja bersama sahabat!

  1. JALAN MALIOBORO

tempat ngabuburit di Jogja
Instagram via @elvira.ardiputri

Jalan kenangan sepanjang masanya Jogja ya Malioboro. Sepanjang jalan ini sekarang punya wajah baru yang ramah untuk pedestrian. Dari ujung hingga ke ujung ada banyak deretan bangku yang bisa dijadikan tempat beristirahat. Ada pula alunan music penyambut senja. Lampu kuning jalan siap menyambut soremu. Keramahan warganya dan kesemuanya itu akan hanyut dan tak menjadikanmu bosan untuk ngabuburit di Jogja.

  1. NOL KM

Ujung jalan Malioboro kawasan perempatan Bank BNI dan Kantor Pos selalu asyik disinggahi kapanpun. Termasuk saat ngabuburit selama bulan Ramadhan. Sekedar duduk-duduk memandangi lalu-lalang pengendara atau juga mengamati musisi jalanan. Nah ngabuburitmu semakin asyik bukan?

  1. ALUN-ALUN UTARA

Singgah ke selatan sejenak dari Nol KM, Alun-Alun Utara juga bisa menjadi lokasi seru untuk ngabuburit di Jogja lho. Ada jajanan takjil yang berderet di sekitar kawasan yang bisa kamu bantu rejekinya untuk buka puasa. ๐Ÿ˜€

  1. ALUN-ALUN KIDUL

Alun-alun Kidul atau yang biasa disingkat menjadi alkid ini juga tidak kalah asyik untuk dijadikan lokasi ngabuburit Jogja lho. Duduk di kawasan alun-alun, menunggu senja, atau menaiki becak hias, bisa jadi keseruanmu saat ngabuburit bukan?

Baca Artikel Menarik Lainnya Kuy: Menu Takjil Nikmat, Kantong Hemat

  1. KAMPUNG RAMADHAN MASJID GEDHE KAUMAN

Ngabuburitmu mau borong jajanan takjil untuk buka puasa? Boleh nih kamu singgah ke kampung ramadhan masjid gedhe Kauman. Setiap bulan puasa, kawasan ini ramai diitari oleh pedangang makanan takjil untuk buka puasa. Apalagi kalau sudah menjelang buka puasa, kamu juga bisa singgah ke Masjid Gedhe Kauman untuk buka puasa gratis. Biasanya sih menunya cukup โ€˜mahalโ€™ untuk kalangan anak kos! ๐Ÿ˜€

  1. KAMPUNG RAMADHAN MASJID JOGOKARIYAN

Serupa dengan kampung ramadhan masjid Kauman, kawasan Masjid Jogokariyan juga tidak kalah ramai dikunjungi oleh pengunjung yang memburu makanan untuk buka puasa. Lebih-lebih, masjid Jogokariyan ini sudah terkenal dengan pembagian menu buka puasa gratis 1000 piring! Makanya, kalau kamu dan teman-temanmu ingin cukup hemat bisa singgah ke sini!

  1. KAMPUNG RAMADHAN NITHIKAN

Bulan Puasa memang mendatangkan berkah tersendiri untuk para warganya. Yang biasanya tidak jualan juga turut mengais rejeki dengan berjualan di sepanjang jalan kampung untuk meramikan menu buka puasa. Seperti salah satunya Kampung Ramadhan Nithikan ini. Kamu bisa banget ngabuburit di kampung Nithikan kalau kamu bingung mau ngabuburit dimana!

  1. ISTANA RATU BOKO

Senja sore atau sunset memang paling seru jika dinikmati dari ketinggian. Makanya banyak orang yang berbondong untuk menuju ke bukit-bukit. Salah satu tempatnya adalah di Istana Ratu Boko. Tidak heran jika lokasi ini juga dijadikan tempat syuting AADC 2, memang syahdu banget buat ngabuburit

  1. TEBING BREKSI

Dekat dengan Istana Ratu Boko, kawasan wisata yang baru ramai tahun 2016 ini juga asyik dijadikan lokasi ngabuburit lho. Sembari menunggu senja, kawasan ini juga ramai oleh pedagang yang menjajakan menu buka puasa kamu. salah satu tempat ngabuburit di Jogja yang bisa kamu singgahi.

Baca Artikel Menarik Lain:ย 10 MINUMAN BUKA PUASA SEGAR PALING FAVORIT! NOMOR 5 SIH IDAMAN BANGET YA!

  1. BUKIT BINTANG

Namanya bukit satu ini sudah terkenal sejak lama dan rekomendasi wisata saat sudah mulai senja. Makanya, sembari menanti taburan bintang di bumi dan di angkasa, lokasi ini recommended untuk menanti buka puasamu.

  1. JALUR GAZA

Nama kawasan ini bukan berasal dari Timur Tengah sana, tapi kepanjangan dari Jajanan Lauk Sayur Gubuk Ashar Zerba Ada. Di sepanjang jalan Nitikan ini Anda akan mendapatkan bermacam aneka macam kuliner buka puasa dengan harga murah meriah.

  1. KAWASAN JALAN LEMBAH UGM

Kalau kamu mahasiswa Jogja yang berada di sekitar UGM atau malah kamu anak UGM? Hehe tidak perlu pergi jauh untuk ngabuburit karena kamu bisa menikmati serunya ngabuburit sembari menunggu adzan maghrib untuk jalan-jalan di kawasan ini. Ada banyak sekali takjil hingga menu buka puasa pilihan. Kawasan ini adalah barisan untuk Sunday morning itu lho!

  1. JALAN KALIURANG

Kawasan ini juga tidak kalah ramai dengan pedagang kaki lima yang berjualan aneka macam kuliner khas Ramadhan di sore hari. Bermacam gerobak penjual es doger, batagor, sampai pda jajanan pasar hingga aneka macam penyetan untuk berbuka puasa ataupun makan malam.

  1. PASAR SENI GABUSAN

Tempat ngabuburit di Jogja ini lokasinya di Jalan Parangtritis KM 9 Bantul, Yogyakarta. lokasinya relative luas ditambah dnegan banyaknya pedangang yang menggelar dagangan jajannan enak dan murah dan menjadikan tempat ini banyak dipilih sebagai tempat untuk menunggu waktu berbuka bersama teman-teman atau keluarga.

Baca Lagi Lainnya:ย BUKA PUASA BINGUNG MAU KEMANA? TITIP AJA DI TITIPKU! โ€“ JASA TITIP

  1. GLAGAH SARI

Area Glagah Sari juga jangan khawatir karena kamu bisa hunting jajanan takjil di lokasi ini. Deretan jajanan dari penjual satu dan penjual lainnya siap menyambut ngabuburitmu. Jadi lebih asyik kan ngabuburit di Jogja? Lokasi jajanan ada dimana-mana!

  1. TAMAN PELANGI

Rekomendasi tempat ngabuburit di Jogja berikutnya ini sekaligus berwisata malam deh. Karena Taman Pelangi di Museum Jogja Kembali ini memang kawasan wisata malam yang mana asyik dijadikan tempat ngabuburit di Jogja selama bulan Ramadhan. Kamu mau ngabuburit dengan sensasi yang berbeda?

  1. EMBUNG TAMBAKBOYO

Berikutnya kamu juga bisa kunjungi lokasi ngabuburit di Embung Tambakboyo lho! sembari jalan-jalan menunggu senja, kamu bisa memancing di lokasi ini atau bisa juga sekalian hunting foto! Kalau pagi biasanya dijadikan lokasi jogging, mungkinkah kamu mau menghabiskan waktu ngabuburit dengan jogging di tambak boyo? ๐Ÿ˜€

  1. KAWASAN BABARSARI

Sebenarnya banyak sekali titik kawasan takjil dan buka puasa selama bulan Ramadhan di Jogja. Seperti misalnya di Kawasan Babarsari. Kalau tempat tinggalmu di kawasan ini, kamu bisa juga hunting makan untuk buka puasa di sini.

  1. PASAR KOTAGEDE

Terakhir, kalau kamu di seputaran Kotagede, kamu juga tidak perlu pergi kemana untuk ngabuburit. Kamu bisa hunting jajanan untuk buka puasa. Takjil atau menu buka puasa lainnya. Selain itu, kawasan yang dekat dengan masjid Mataram Kotagede ini bisa dijadikan pilihan ngabuburit dan dapatkan foto-foto vintage!

Demikian tadi 20 tempat ngabuburit di Jogja yang bisa kamu singgahi di kala hari menjelang buka puasamu sepi dan tak bikin happy. Singgahi salah satunya, mood menunggu buka puasamu akan lebih seru lagi! kalau butuh menu buka puasa, kamu bisa buka Aplikasi Titipku dan dapatkan menuโ€”menu buka puasamu hari ini! ๐Ÿ™‚

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan