Terlalu Lama Tidur Siang Saat Puasa, Tidak Baik Untuk Tubuh

tidur siang saat puasa hukumnya, tidur siang saat puasa adalah ibadah, tidur siang saat puasa bikin gemuk, tidur siang saat berpuasa, hukum tidur siang saat puasa, apakah tidur siang saat puasa bikin gemuk, manfaat tidur siang saat puasa, hadits tidur siang saat puasa, cara cepat tidur siang saat puasa, tidur siang saat puasa apa bikin gemuk,

Titipku.com – Saat puasa tubuh menahan lapar dan minum. Itu artinya saat puasa asupan nutrisi tidak terus masuk seperti hari-hari biasa. Selama hampir 13 jam, sama sekali tidak ada asupan yang masuk. Hal itu kerap menjadikan orang yang menjalani puasa menyimpan energinya agar tetap segar beraktivitas meski tanpa makan dan minum.

Tetapi tak sedikit pula masyarakat yang merasa loyo, karena efek menahan untuk tidak memakan apapun. Kalau istilah kekiniannya, tanpa makan dan minum memicu mager (malas gerak). Meski puasa merupakan ibadah, tak jarang masyarakat yang mengeluhkan itu. Hehe. Bawaannya pengen tidur terus aja.

Meski tidur di siang hari dianggap sebagai ‘aktivitas’ penghemat energi, kalau terlalu lama justru malah membuat badan lemas. Bagi yang seharian tidak ada agenda dan lebih banyak berbaring atau tidur, justru merasa lemas saat menjelang berbuka. Tidak kemana-mana seharian malah membuat badan rasanya, puyeng, kadang sakit punggung.

Kurang tidur jelas membuat tubuh tidak bertenaga. Konsentrasi juga tidak akan fokus karena kekurangan tidur. Namun jika terlalu lama juga tidak berdampak baik bagi tubuh. Lantas, apa yang menyebabkan badan malah lemas karena terlalu banyak tidur atau baringan?

PENYEBAB BADAN LEMAS KARENA BANYAK TIDUR

tidur siang saat puasa hukumnya, tidur siang saat puasa adalah ibadah, tidur siang saat puasa bikin gemuk, tidur siang saat berpuasa, hukum tidur siang saat puasa, apakah tidur siang saat puasa bikin gemuk, manfaat tidur siang saat puasa, hadits tidur siang saat puasa, cara cepat tidur siang saat puasa, tidur siang saat puasa apa bikin gemuk,
Ilustrasi tidur siang, designed by Freepik

Dikutip dari laman hellosehat.com, saat tidur kita akan melalui lima tahapan dengan tahap 1-4 dengan periode tidur REM (rapid eye movement). Di antara tiap tahapannya dan setiap tahapan memiliki lama waktu 90 menit. Tidur terlalu lama yang menyebabkan kita merasa lelah, berhubungan dengan tahapan dalam tidur.

Durasi tidur yang terlalu lama dapat berpengaruh pada senyawa yang ada di otak. Hal itu menyebabkan sakit kepala. Posisi tidur biasanya telentang. Kalau terlalu lama, hal itu bisa menyebabkan sakit punggung.

Jika sedikit disimpulkan, saat kita dalam keadaan tidak sadar saat tidur atau ‘memaksa’ tidak sadar, akan berpengaruh pada senyawa yang ada dalam tubuh. Di dalam otot terdapat senyawa untuk kita bergerak, sementara di otak juga terdapat senyawa yang berkaitan dengan kesadaran, ingatan, konsentrsari, dan lain-lain. Posisi tubuh yang terlalu lama diistirahatkan yang justru membuat kinerja pusat pergerakan dan pikiran kita malah terganggu. Itu lah kenapa tubuh kita terasa lemas, karena efek kelamaan tidur.

Saat malam hari kita tidur, kita sudah mengalami tahapan itu berulang-ulang tanpa masalah. Dipicu oleh energi yang hilang setelah aktivitas seharian. Bagaimanapun, tidur dimalam hari merupakan upaya pengembalian tubuh untuk kembali bugar.

Biasanya orang tidur siang kalau memang terlalu ngantuk sehingga tidak sengaja tertidur. Jika direncanakan tidur siang lebih lama tanpa diimbangi beraktivitas, tubuh kita seolah dipaksa untuk melalui tahapan tidur. Jadi, kualitas tidur malah tidak maksimal.

Dikutip dari laman cnnindonesia.com, tidur terlalu lama tidur ternyata dapat memicu beberapa penyakit serius. Seperti diabetes, penyakit jantung, gampang lupa, dan obesitas.

Idealnya, manusia tidur 7-8 jam di malam hari. Jika ada waktu di siang hari, durasi tidur siang yang efektif tak lebih dari 45 menit. Bahkan durasi tidur 5 sampai 20 menit saja sudah cukup bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Membatasi tidur siang dapat menambah kualitas tidur di malam hari. Jadi teman-teman, tidur di siang hari saat puasa jangan dibiasakan terlalu lama ya? Tidur siang juga butuh kehati-hatian. Jangan jadikan puasa dan mager sebagai alasan.

Trik Agar Hari Puasa Tidak Bikin Mager

Cobalah mencari aktivitas-aktivitas ringan di siang hari saat puasa supaya tubuh bergerak. Seperti membaca buku. Tapi bagi sebagian orang, buku bisa dijadikan pengantar tidur yang efektif. He he. Apalagi membaca buku bacaan dengan font kecil dan kalimat yang padat. Ada dua kemungkinan, akan terus terjaga karena berpikir keras untuk memahami buku. Atau malah mengantuk karena cenderung bosan untuk berpikir.

Sempatkan keluar untuk jalan-jalan dan menghirup udara luar. Boleh juga jalan-jalan keluar untuk menjelajah UMKM di sekitar kita. Saat keluar, otak kita akan tergerak untuk menyusun rencana seperti, “Mau kemana kita?” dan “Mau ngapain kah kita?” Dengan menjelajah, kita bisa terinspirasi untuk membuat ulasan tentang UMKM juga, bukan? Jiwa penjelajah bisa terpacu keluar.

Kalau sedang tidak ingin menulis, jadi jatiper aja. Titipku sudah meluncurkan aplikasi terbaru khusus untuk jatiper. Jadi, kita sebagai pengguna bisa lebih fokus untuk menjadi jatiper. Bisa memudahkan UMKM juga, supaya mereka bisa lebih fokus pada produksi. Sebagai jatiper, kita juga bisa nambah tabungan saham di Titipku. Hitung-hitung bisa berinvestasi untuk masa depan.

Aplikasi Titipku dapat diunduh di play store. UMKM butuh dukungan kita untuk naik kelas dan semakin mendunia.

Baca Artikel Menarik Lainnya: Bakpia Gong, Jalan Baru Bagi Ibu Ade Rokayah

Ayo Menjelajah!

Kami sudah bantu UMKM ini agar masuk online melalui Aplikasi Titipku. Kamu juga bisa posting usaha UMKM manapun agar tulang punggung perekonomian Indonesia semakin maju! 🙂

Titipku membantu Digitalisasi UMKM melalui Penjelajah untuk memajukan Perekonomian Indonesia. #AyoMenjelajah

Jelajah UMKM, Download Aplikasi Titipku!! Klik Link Di Bawah Ini
play.google.com/store/apps/details?id=com.titipku.alpha

Artikel kiriman dari: Rima Trisnayanti

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan