Tetap Bergaya Meski Pakai Masker!

Sejak Presiden Joko Widodo mewajibkan masyarakat untuk memakai masker jika keluar rumah, masker termasuk dalam salah satu kebutuhan primer saat ini. Karena masker medis dikhususkan untuk tenaga kesehaan, masyarakat dapat menggunakan masker kain sebagai alternatif.  Namun, tingginya permintaan masyarakat membuat tingkat produksi masker di berbagai daerah juga kian meningkat.

Banyak pelaku UMKM dan perusahaan yang beralih sektor untuk sementara waktu agar dapat berperan serta dalam penyediaan kebutuhan masker kain untuk masyarakat. Meskipun demikian, terkadang, mereka terpaksa harus membatalkan pesanan karena kehabisan bahan baku, seperti karet elastik dan kain.

Di saat seperti ini, sisi kreatif masyarakat pun diuji demi bertahan hidup. Banyak desainer ataupun ilustrator yang sengaja membagikan video tutorial cara menjahit masker sederhana, salah satunya Dita W. Yolashasanti. Dengan memanfaatkan kain yang ada di rumah, masyarakat dapat memadu-padankan motif dan warna kain sesuai selera hingga mengkreasikannya menjadi masker.

Model Masker

Berbagai model masker dan cara menjahitnya juga banyak ditemukan di jejaring sosial. Meskipun harus memakai masker di luar rumah, masyarakat tetap bisa bergaya dengan masker eyecatching. Berikut ini berbagai model masker kain yang bisa ditiru untuk dijahit sendiri.

Filter Pocket Face Mask

Sumber gambar: Rumah Kreasi (Jelajah Titipku)

Ini adalah model masker pasaran yang sering ditemukan di pasar atau toko. Model masker ini berbentuk persegi panjang dengan lipatan-lipatan pada bagian depannya untuk memperlebar masker saat dipakai agar dapat menutup seluruh bagian dagu. Masker ini terdiri dari dua lapis kain yang bagian tengahnya sengaja diberi rongga untuk memasukan tisu sebagai filter. Kebanyakan masker model ini berwarna polos, tetapi bermain dengan kain bermotif akan membuat masker lebih cantik.

Fu Face Mask

Sumber gambar: Masker Kain Delicia (Jelajah Titipku)

Model masker ini terlihat sederhana karena terdiri dari dua sisi kanan dan kiri dan terdapat jahitan pada bagian tengah. Model ini lebih cocok jika dikombinasikan dengan tali elastik yang bisa dibuat sebagai earloop ataupun headloop. Upayakan memilih kain yang tidak terlalu tebal karena tetap harus dibuat dua lapis kain. Akan lebih menarik jika motif kain pada sisi sebelah kanan masker berbeda dengan sisi sebelah kiri.

Hand-Sewn Face Mask

Sumber gambar: https://www.youtube.com/watch?v=RjIzW8uaxYs

Model masker ini mirip dengan filter pocket face mask tanpa ada lipatan pada bagian depan dengan tali pengikat yang dijahit di kedua sisinya. Sama seperti model fu face mask, model ini juga memerlukan dua lapis kain. Untuk menjadikannya lebih menarik, bisa bermain dengan motif kain, warna benang, dan warna tali yang digunakan.

3D Face Mask

Sumber gambar: https://www.youtube.com/watch?v=ex17XH4DCv0

 

Pola model ini cukup rumit tetapi jika selesai dijahit akan terlihat luar biasa unik. Bagian depan 3D face mask ini seperti hand-sewn face mask berupa persegi panjang, namun ada tambahan kain pada bagian atas untuk menutup hidup dan bawah untuk menutup dagu. Model ini menarik dicoba karena tidak banyak ditemukan di pasaran.

Masih banyak model masker kain lain yang bisa dieksplorasi sesuai selera. Akan lebih baik jika memanfaatkan kain yang sudah tidak terpakai di rumah, seperti kaos ataupun sprei bekas. Penting diingat bahwa masker kain harus dicuci dengan air panas setiap selesai dipakai. Bergaya dengan masker juga harus tetap menjaga kebersihan.

Jika lebih tertarik membeli bahan-bahan untuk menjahit masker, seperti kain, benang elastik, ataupun benang warna warni, jangan khawatir takut keluar rumah. Kini telah hadir aplikasi belanja daring Titipku yang bisa dioperasikan langsung dari smartphone. Masyarakat hanya perlu mengunduh aplikasi Titipku kemudian berselancar mencari barang yang dibutuhkan secara daring. Banyak produk UMKM yang tersedia di aplikasi ini, termasuk masker kain. Yuk, belanja!

#DIRUMAHAJA

Beragam masker kain bisa Anda beli melalui aplikasi Titipku. Terdapat banyak UMKM Indonesia yang memproduksi masker kain untuk melindungi diri dari COVID-19. Klik link dibawah ini untuk melihat produknya ya!

  1. Masker Batik Delicia https://titipku.page.link/W64H
  2. Masker Kain Murah Meriah https://titipku.page.link/gucz
  3. Rumah Kreasi https://titipku.page.link/kDep
  4. HCS Garment https://titipku.page.link/Txyd
  5. Good Tees https://titipku.page.link/WY7p
  6. Kios Sembako Mas Nahdi https://titipku.page.link/v5VG
  7. Afri Masker https://titipku.page.link/SNEm
  8. John Masker https://titipku.page.link/qhs8
  9. Masker Korea https://titipku.page.link/QSRb
  10. Masker Home Made https://titipku.page.link/VHva

Titipku  menyediakan berbagai produk UMKM yang mudah Anda temukan di sekeliling lokasi Anda. Segera pesan masker Anda sebelum kehabisan! Caranya mudah, download aplikasi Titipku di Playstore dan mulai belanja #DariRumah lewat Titipku. Masker yang dijual merupakan produksi UMKM lho!

—–  Dengan membeli dari UMKM Indonesia, secara otomatis Anda telah mendukung tulang punggung perekonomian Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Tinggalkan Balasan