#JanganKendor! Tetap Jaga Prokes Saat Ngantor

protokol kesehatan, prokes, ngantor, kembali kerja, area kerja, kantor, tempat kerja, PPKM, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, pandemi, covid, covid-19, covid 19, corona, virus, korona, pandemic

protokol kesehatan, prokes, ngantor, kembali kerja, area kerja, kantor, tempat kerja, PPKM, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, pandemi, covid, covid-19, covid 19, corona, virus, korona, pandemic

Jika Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah usai, maka sejumlah karyawan harus kembali ngantor. Meski demikian, berakhirnya PPKM jangan dimaknai dengan berakhirnya pandemi juga. Pandemi masih ada dan kita sebagai orang yang harus ngantor mestinya tetap menjaga diri dengan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat.

Mencuci tangan dan menggunakan masker adalah wajib hukumnya. Namun selain itu ada hal-hal lain yang harus dilakukan juga. Melansir dari Lifestyle.sindonews.com, berikut sejumlah hal yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko terpapar virus COVID-19 saat ngantor.

 

  • Membersihkan Area Kerja

Hal pertama yang harus diperhatikan saat kembali ngantor adalah pastikan tempat kerja Anda bersih dan higienis. Jadi, sebelum mulai bekerja, bersihkan dulu area meja kerja dengan disinfektan. Tak hanya itu, keyboard atau area lain yang sering Anda pegang pun wajib dibersihkan.

  • Cuci Tangan dengan Sabun

Rajin cuci tangan dengan sabun. Ingat, penyebaran Covid-19 sangat mudah jika tangan Anda kotor terlebih Anda suka pegang-pegang area wajah seperti mata, hidung, atau mulut. Supaya risikonya berkurang, rajin cuci tangan adalah kuncinya. Mencuci tangan dengan hand sanitizer memang praktis, namun akan lebih bersih jika menggunakan sabun. Repot sedikit untuk pergi ke wastafel dan mencuci tangan akan lebih baik hasilnya untuk kesehatan kita.

  • Jangan Lepas Masker!

Jangan lepas masker saat ngantor, kecuali di kondisi tertentu misalnya saat makan. Tidak ada salahnya jika Anda menganggap area kantor Anda berisiko, sehingga pikiran untuk mau melepas masker menjadi sangat kecil.

  • Jangan Ke Kantor Jika Badan Tidak Fit

Jangan memaksakan diri pergi ke kantor jika kondisi badan tidak fit. Ingat, kondisi Anda yang kurang fit bisa meningkatan risiko Anda terserang penyakit karena sistem imun sedang lemah dan Anda berada di antara banyak orang dan berada di luar rumah. Anda juga bisa berisiko menularkan penyakit jika memaksa ke kantor dalam kondisi sakit.

  • Minimalisir Sentuhan di Kantor

Hati-hati saat memegang tombol lift atau handle pintu di kantor. Upayakan untuk tidak memegang tombol lift secara langsung atau jika terpaksa memegang, cuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer setelahnya.

  • Jangan Makan Bersama

Hindari makan bersama di kantor.Saat makan bersama memungkinkan Anda membuka masker bersama-sama dan ini meningkatkan risiko paparan Covid-19.

  • Hirup Udara Segar di Luar Kantor

Setidaknya dua jam sekali usahakan untuk keluar dari ruangan kantor untuk menghirup udara segar. Sebab, terlalu lama di ruangan yang tertutup bersama-sama juga meningkatkan risiko terpapar Covid-19. Kalau jendela kantor bisa dibuka, ada baiknya dibuka, supaya sirkulasi udara berjalan dengan baik.

*****

Nah, itulah sejumlah langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga protokol kesehatan di area kantor. Sementara, bagi Anda yang masih melakukan kegiatan dari rumah, tetap jaga protokol ya dengan tidak sering keluar rumah dan sering mencuci tangan.

Salah satu cara agar tidak sering keluar rumah adalah dengan berbelanja kebutuhan pokok secara online, misalnya menggunakan aplikasi Titipku. Anda tinggal pesan semua bahan pokok yang diperlukan lewat aplikasi, bayar secara cashless, dan sudah. Anda tinggal menunggu Jatiper mengantarkan pesanan. Praktis dan hemat waktu tentunya. Yuk download Titipku dan mulai belanja aman #DariRumah saja.

Tinggalkan Balasan