Tetap Sehat di Musim Pancaroba, Ini Caranya

Di April ini, Indonesia memasuki musim pancaroba. Ini adalah waktu pergantian antara musim hujan menjadi musim kemarau. Biasanya, musim ini ditandai dengan fenomena cuaca yang tidak jelas. Misalnya, berhari-hari sangat panas lalu menadadak hujan, atau sebaliknya.

Perubahan ekstrem suhu yang sering terjadi di musim pancaroba, besar atau kecil, pasti berpengaruh pada kondisi kesehatan manusia. Itulah mengapa di musim ini banyak orang yang mengalami sakit seperti flu atau demam.

Agar kamu tidak sakit di musim pancaroba, ada beberapa tips dari Hellosehat.com nih yang bisa kamu coba.

  1. Tingkatkan Asupan Makanan Bergizi

Makanan adalah sumber energi dan nutrisi bagi tubuh. Tidak hanya menjaga organ tubuh agar bekerja secara normal, nutrisi dari makanan, seperti vitamin C, zat besi, dan protein ternyata secara khusus dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut dari berbagai makanan, seperti jeruk, daging merah, telur, ikan, dan sayuran hijau. Dengan memakan makanan bergizi, tubuhmu akan semakin mampu menangkal penyakit yang akan masuk.

Baca Juga: Lima Sayuran Ini Punya Kandungan Protein yang Tinggi

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Di masa pancaroba, kamu juga perlu untuk mencukupiu kebutuhan air setiap hari. Air tidak hanya meredakan dahaga, tapi juga menjaga kelembapan tubuh dan menjadi komponen utama dari pembentukan plasma darah. Selain itu, air membantu mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan membantu mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh.

Jika tubuh kekurangan cairan, organ tubuh tidak dapat bekerja dengan efektif, termasuk sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah, mencukupi kebutuhan air setiap di musim pancaroba penting untuk mencegah sakit. Kira-kira, tiap orang membutuhkan air 1200 ml hingga 2000 ml atau sekitar 8 gelas sehari.

  1. Cukup Tidur

Jika nutrisi dan air sudah tercukupi, maka kamu harus mendukungnya dengan tidur cukup. Tidur merupakan waktu bagi organ tubuh untuk beristirahat. Jika kamu sering begadang dan kurang tidur, organ tubuh akan kelelahan. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh akan melemah dan membuatmu jatuh sakit di musim pancaroba. Cobalah untuk mengatur kembali jam tidur dan bangunmu. Hindari aktivitas yang bisa mengganggu tidur, seperti main ponsel, bermain gim, atau makan.

Baca Juga: Perbaiki Kualitas Tidur dengan Gerakan Stretching Berikut

  1. Olahraga

Cuaca tidak menentu selama musim pancaroba mungkin membuatmu malas berolahraga. Namun, jangan jadikan ini sebagai alasan. Pasalnya, olahraga merupakan aktivitas yang menyehatkan. Apalagi jika kamu tidak ingin jatuh sakit di musim pancaroba.

Olahraga akan merangsang produksi hormon dopamin. Hormon ini bertugas untuk memperbaiki suasana hati dengan membuat perasaanmu jadi lebih senang dan bahagia. Selain itu, dopamin juga digunakan oleh sel-sel kekebalan untuk mengatur respons tubuh terhadap infeksi. Tidak perlu memilih jenis latihan yang sulit, kamu bisa mencoba porsi olahraga ringan seperti lari, jogging, jalan santai, atau bersepeda.

Baca Juga: Cara Mempertahankan Olahraga Rutin Bagi Pemula

*****

Tidak sulit bukan untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba? Yuk mulai pola hidup sehat dari sekarang! Soal makanan bernutrisi, kamu bisa loh belanja sayur dan buah di Titipku. Di aplikasi ini, produknya lengkap dan harganya bersahabat. Ada promo menarik juga selama April yang bisa buat belanjaanmu makin hemat.

Download Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan