Tidak Hanya Gigi, Rambut Rontok Ternyata Bisa Diatasi dengan Daun Sirih

Titipku – Daun sirih yang terkenal khasiatnya untuk mengatasi permasalahan gigi ternyata memiliki fungsi lain yang luar biasa. Tahukah kamu, daun sirih ternyata mengandung eugenol, tanin, saponin, dan berbagai minyak lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan salah satunya untuk memperkuat akar rambut. Kandungan tersebut akan memberikan nutrisi pada rambut. Terlebih jika kamu mempunyai rambut yang cenderung tidak kuat dan menyebabkan mudah rontok. Kamu perlu mencoba merasakan khasiat daun sirih untuk memperbaiki kekuatan rambut agar tidak mudah rontok.

Rambut merupakan salah satu aset bagi seorang wanita. Terlebih jika kamu termasuk wanita yang sering tampil di depan umum, tentunya tidak mau jika rambut yang terurai itu ternyata berjatuhan di bajumu. Hal tersebut hanya akan mengurangi tingkat kepercayaan diri, bukan? Tapi tidak perlu khawatir. Seiring perkembangan riset dan teknologi, ternyata daun sirih mampu mengatasi permasalahan rambut.

Sumber: freepik.com

Kita sering mendengar aneka manfaat dan keampuhan lain dari daun sirih untuk kesehatan gusi dan gigi seperti memperkuat dan mencegah gigi berlubang. Maka tak jarang jika kita sering menjumpai pasta gigi yang beredar di pasaran itu mengandung daun sirih. Beberapa produk kecantikan dan kewanitaan lain juga menggunakan daun sirih karena ia mengandung antiseptik yang bagus untuk melawan bakteri dan semacamnya. Lalu, bagaimana dengan rambut?

Beda orang beda jenis rambut

Setiap orang memiliki rambut yang berbeda-beda baik jenis dan kekuatannya. Ada yang memiliki rambut hitam lebat, bahkan rambutnya kuat dan tidak mudah putus. Di sisi lain, ada juga rambut yang tipis dan sensitif sekali karena mudah putus. Bahkan, ada orang dengan rambut yang mudah sekali rontok. Penyebab rambut rontok memang beragam. Bisa dari faktor internal seperti rambut itu sendiri atau karena faktor eksternal yang biasanya disebabkan oleh lingkungan dan cara perawatan rambut setiap harinya.

Tentunya kita harus memahami, rambut yang kita punyai itu masuk dalam kategori yang mana. Sehingga, untuk perawatan kedepan kita tidak salah langkah. Kesalahan-kesalahan kecil seperti terlalu lama mengikat rambut saja ternyata dapat menyebabkan rambut rontok.

Bahkan, permasalahan lain seperti terlalu lama menutup rambut dapat menyebabkan rambut kurang vitamin alami dari cahaya matahari sehingga tak jarang yang kita dapati hanya rambut rontok dan tidak sehat.

Permasalahan tentang rambut dapat ditilik dari akar rambut itu sendiri. Kekuatan akar rambut akan menentukan kemampuan adaptasi baik untuk mempertahankan rambut agar tidak rontok dan tetap sehat maupun menerima terpaan dari luar seperti pengaruh suhu, cuaca, dan bahkan sampo yang kita gunakan untuk membersihkan rambut.

Mencuci rambut atau keramas setiap hari ternyata tidak baik untuk kesehatan rambut. Terlalu sering dicuci menyebabkan rambut mudah rusak. Apalagi jika kita mengeringkan rambut dengan bantuan alat seperti hair dryer.

Efek panas yang keluar dari pengering elektrik tersebut berpengaruh kurang baik untuk kulit kepala dan juga batang rambut itu sendiri. Berbeda halnya jika kita mengeringkan rambut dengan handuk dan dibiarkan kering secara alami yakni terkena terpaan angin atau sinar matahari.

Tentu itu akan lebih bagus untuk kesehatan rambut. Yang kemudian menjadi catatan adalah tidak semua orang mempunyai waktu luang terutama dalam mengurus hal-hal kecil seperti rambut. Maka ia akan memilih untuk mengeringkan rambut dengan cara-cara instan seperti menggunakan pengering elektrik.

Perawatan rambut dapat dibantu dengan menggunakan vitamin rambut yang dapat kita beli di swalayan terdekat. Namun, alangkah lebih baiknya jika kita merujuk pada bahan-bahan herbal. Di samping sehat dan bagus untuk menjaga perawatan alamiah, dari segi harganyapun juga cukup terjangkau.

Sumber: Freepik.com

Cara penggunaannya pun juga sederhana. Kita akan mendapatkan keuntungan yang berlipat jika beralih menggunakan bahan-bahan herbal. Jika kamu mempunyai permasalahan serius yang berkaitan dengan rambut, cobalah untuk menggunakan tips penggunaan daun sirih berikut untuk mengatasi permasalahan menjengkelkan seperti rambut rontok.

Bagaimana caranya?

Pada dasarnya perawatan dengan menggunakan daun sirih cukup simpel dan tidak begitu ribet. Cukup dengan menyiapkan daun sirih lalu tumbuk atau hancurkan hingga lembut dan campur sedikit dengan air. Kamu juga bisa menambahkan bahan lain seperti wijen sebagai campuran dari daun sirih.

Setelah itu, kamu dapat mengaplikasikannya secara langsung di kulit kepala kamu. Pijat rata, dan tunggu hingga beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, kamu tentunya perlu membuka pori-pori yang ada di kulit kepalamu dengan cara yang tepat yakni awali dengan menggunakan air hangat untuk membasahi seluruh kulit kepala dan rambut, kemudian gunakan daun sirih yang sudah kamu siapkan.

Terakhir bilas dengan air dingin. Apa fungsinya? Air hangat dapat membantu untuk membuka pori-pori yang ada di kulit, sementara air dingin dapat membantu menutupnya dengan baik dan lebih cepat. Yuk, coba perawatan alami satu ini di rumah.

Di mana kamu bisa mendapatkan daun sirih?

Daun ini mudah kamu temui di manapun. Kamu juga bisa menanamnya sendiri di rumah karena tanaman ini juga bagus untuk tanaman hias. Jika kamu menemukan tempat penjualan bibit daun sirih atau hal lain tentang daun sirih, kamu dapat membagikannya melalui Aplikasi Titipku.

Dalam aplikasi ini terdapat fitur Jelajah di mana kamu dapat menuliskan cerita atau ulasanmu disana. Caranya bagaimana? Download aplikasi tersebut di Playstore atau klik link berikut. Aplikasi ini juga dapat membantumu menemukan banyak informasi terkait produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di masyarakat. Selamat mencoba!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan