Tiga Usaha Sekaligus, Inilah Mas Iwan Sang Penggerak Bisnis Keluarga

Titipku -Bisnis biasanya jika sudah sukses akan semakin berkembang baik berupa menambah cabang baru, memperluas usaha ataupun mencoba menambah bisnis baru. Dalam bisnis keluarga biasanya akan dipegang oleh keluarga seperti anak-anak dari pemilik usaha utama. Usaha keluarga ini memang mulai dikembangkan dengan lebih profesional artinya dipisahkan dengan kepentingan keluarga dan bahkan tidak ada saling ikut campur di usaha lain yang bukan kewenangannya.

Mas Iwan adalah anak dari pemilik toko Lestari Jaya di Cebongan Kadipiro Jogja, sejak muda sudah ikut mengurusi usaha toko sembako dan kelontong milik orangtuanya. Hal ini yang membuat bakat bisnis juga mengalir dalam dirinya. Ketika itu usaha ditambah dengan gas melon dan galon air minum. Mas Iwan berinisiatif membeli motor roda tiga untuk memberikan servis antar ke pelanggan yang dekat.

Menurut Mas Iwan ini cukup efektif karena jadi banyak yang pesan ada beberapa pelanggan seperti kantor di sekitar Jalan Wates Kadipiro yang menjadi pelanggan. Ketika baru menikah, mas Iwan dengan ide dari istri juga mulai membuka usaha laundry “Care and Clean Laundry” di samping toko Lestari Jaya. Karena melihat banyak yang tinggal disekitar adalah pekerja dan anak kos sistem jemput pun masih bisa dilakukan jika sudah berlangganan dan jarak yang dekat.

SeepFood, Ide Bisnis Berikutnya dari Mas Iwan

Pada tahun 2018 kembali mas Iwan mempunyai ide baru untuk membangun toko sepatu dan pakaian remaja yang bergaya gaul atau kekinian. Toko ini dibangun di sebelah laundry. Walau tokonya kecil namun bertingkat dua cukup mencolok karena karena tokonya berdinding kaca. Di lantai dua  toko lestari masih ada ruang luas yang bisa dipakai untuk usaha. Maka dibukalah juga warung makan “SeepFood” yang berkonsep menu paket murah dengan lauk nasi dan lalapan serta minum. Alhasil cukup menarik karena harganya menjadi hemat. Menu yang ditawarkan pun cukup menarik berupa paket makan menu seafood seperti udang dan cumi. Usaha ini dikelola oleh saudara mas Iwan.

Jadi pada tahun ini langsung dibuka dua usaha sekaligus. Toko Lestari Jaya seperti toserba karena sangat lengkap walau tokonya kecil-kecil berjejer, mulai dari toko kelontong, sembako, pulsa, laundri, toko sepatu dan pakaian serta warung makan. Mau beli apa saja semua sudah ada di sini cukup sebagai alternatif bagi warga sekitar tidak perlu pergi jauh tinggal ke sini saja. Nah jika butuh kebutuhan di usaha mas Iwan, bisa pesan lewat aplikasi Titipku!

Larisi UMKM Ini via Aplikasi Titipku!

Jutaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) selalu berharap usahanya bisa terus berkembang. Yuk larisi usaha mereka dengan membelinya melalui Aplikasi Titipku!

Artikel ini ditulis oleh : Achmad Gunadi
Direview oleh : Susi Setya

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan