Timun dan Zucchini, Apakah Beda? Simak Ulasan Berikut Ini

timun dan zucchini, timun, zucchini, cucumber, beda timun dan zucchini, perbedaan timun dan zucchini, belanja timun, belanja zucchini
timun dan zucchini, timun, zucchini, cucumber, beda timun dan zucchini, perbedaan timun dan zucchini, belanja timun, belanja zucchini
Sumber: cookthink

Hayo siapa di sini yang suka nonton video memasak di YouTube atau TikTok? MinTip kan sering nonton juga ya, dan di sejumlah video ada resep masak yang membutuhkan timun dan di video lain membutuhkan zucchini. Emang, timun dan zucchini itu beda ya?

Awalnya sih MinTip kira zucchini hanya bahasa Jepang dari timun saja. Karena bagaimanapun juga timun dan zucchini secara fisik mirip.

Namun, setelah MinTip coba pakai Titipku untuk belanja di pasar, rupanya para pedagang membedakan produk timun dan zucchini. Bahkan, harganya pun berbeda.

Melansir dari IDN Times, rupanya timun dan zucchini berbeda!

Memang benar bahwa timun dan zucchini datang dari keluarga sayuran yang sama. Akan tetapi, fungsi dan kandungan gizinya berbeda.

Yuk simak apa saja perbedaan dari timun dan zucchini.

Baca Juga: Tiga Resep Olahan Timun yang Suegerr & Nagih

 

  1. Timun dan Zucchini itu Buah Atau Sayur?

Ada perbedaan pendapat antara klasifikasi timun dan zucchini yang diperdebatkan, termasuk  buah atau sayur. Hal itu bisa terjadi karena zucchini memiliki banyak biji dan tumbuh dari bunga.

Namun menurut para pakar ahli zucchini menyatakan bahwa zucchini tergolong sebagai sayuran. Kondisi ini tentu berbeda dengan timun yang bisa digolongkan menjadi buah maupun sayuran.

  1. Cara Memasak yang Populer

Baik di Indonesia atau di luar negeri, timun populer dijadikan sebagai acar. Di Indonesia, kita bisa menemukan acar di piring nasi goreng yang dipesan di warung. Sementara, di luar negeri, acar sering ditemukan dalam sajian fast food. Acar dalam fast food yang sering disebut pickles.

Sementara, zucchini sendiri lebih sering diolah menjadi sayuran untuk diet, seperti keripik zucchini, salad zucchini, dan zucchini panggang.

Baca Juga: Mentimun Lemon, Si Mungil Banyak Manfaat

  1. Perbedaan Rasa

Timun akan terasa segar dan mengandung banyak air saat dikonsumsi dalam keadaan mentah dan segar. Sementara, zucchini cenderung terasa sedikit pahit dan tidak mengeluarkan banyak air.

Saat dimasak, keduanya juga mengalami perubahan rasa. Zucchini yang telah dimasak terasa lebih manis dengan sensasi garing ketika dimakan. Sementara, timun akan terasa sedikit tawar dengan tekstur yang lembek.

  1. Perbedaan Fisik

Timun memiliki permukaan yang sedikit berbintik dibanding zucchini yang bagian luarnya lebih halus.

Timun juga memiliki warna daging putih kehijauan, lain dengan zucchini yang punya warna putih merata di seluruh dagingnya.

Yang paling mudah diketahui adalah dari segi ukuran. Zucchini bisa tumbuh besar karena termasuk kerabat dekat summer squash. Sementara, timun hanya tumbuh dalam ukuran kecil yang masih sebatas satu jengkal jari.

Baca Juga: Timun Rebus Penuh Manfaat

  1. Kandungan Nutrisi

Timun dan zucchini memiliki kandungan gizi yang hampir mirip. Namun terdapat sedikit perbedaan yang membuat zucchini lebih banyak mengandung protein dan serat. Kandungan serat yang banyak inilah yang menjadi alasan zucchini sering dikonsumsi sebagai menu diet.

*****

timun dan zucchini, timun, zucchini, cucumber, beda timun dan zucchini, perbedaan timun dan zucchini, belanja timun, belanja zucchini

Moms bisa belanja timun dan zucchini lewat Titipku loh! Timun di Titipku bisa dibeli mulai dari harga Rp5.000-an aja, sementara zucchini berharga sekitar Rp15.000-an.

Jangan lupa untuk belanja kebutuhan lainnya juga di Titipku. Pasalnya, Moms bisa dapat gratis ongkir ketika belanjaan sudah mencapai Rp150.000,-!

Tertarik? Belanja sekarang di Titipku! Download aplikasinya ya di Google Playstore atau Apple Appstore.

Tinggalkan Balasan