Begini, Tips Agar Buah Tidak Menjadi Kecokelatan Karena Oksidasi

cara agar apel tidak kecokelatan, tips supaya apel tidak berubah kecokelatan

Titipku – Habis potong-potong buah kemudian ditinggal sebentar eh sudah tidak segar lagi. warnanya berubah menjadi kecokelatan dalam hitungan menit saja. Hmm kesel kan ya dan malas makan lagi. Belum lagi ditambah hewan yang mengelilinginya. Akan tetapi jangan khawatir, ada banyak cara untuk mencegah ini. Sehingga buah yang kamu kupas misalnya apel nih bisa tetap cerah dan renyah kapan saja. simak nih tips agar buah tidak menjadi kecokelatan ala id.wikihow.

Gunakan air lemon

Buah apel adalah buah yang paling sering dan cepat berubah menjadi kecokelatan. Pasalnya ada kandungan enzim yang bereasi dengan oksigen di udara atau dikenal dengan istilah oksidasi. Nah tips yang pertamaadalah menggunakan air lemon. Karena air lemon ini memiliki kandungan asam sitrat yang merupakan antioksidan yang efektif. Metode ini paling cocok digunakan untuk jenis apel yang lebih manis karena air lemon akan menambah rasa getir.

Kamu bisa mengaplikasikan air lemon ini secara langsng dengan cara memercikannya pada ptongan apel dalam mangkuk. Bisa juga dengan kuas pastry untuk mengoleskan air lemon ke permukaan daging apel. Cara ini akan membuat rasa apel agak mirip dengan rasa lemon.

Kamu juga bisa menggunakan lemon untuk cegah warna cokelat pada apel dengan merendam di dalam mangkuk berisi air dingin dan air lemon. Gunakan perbandingan satu sendok makan ari lemon dengan air sebanyak 250 cc. rendam apel 3-5 menit, tiriskan dan bilas.

Air jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai pengganti air lemon. Karena jeruk nipis juga mengandung asam sitrat untuk cegah oksidasi. Pilihan lain juga cocok dengan menggunakan air nanas.

Gunakan garam

Garam merupakan bahan pengawet alami dan efektif untuk cegah potongan apel agar tidak menjadi kecokelatan. Caranya dengan buat larutan setengah sendok the garam dengan 950 cc air dingin. Masukka potongan apel ke dalam larutan tersebut kemudian di rendamm selama 3 hingga 5 menit. Buang larutan kemudian tiriskan apel dan bilas. Jangan khawatir soal rasa asin pada appel. Selama tidak kebanyakan garam, tidak rendam apel terlalu lama, lalu tidak lupa juga untuk dibillas.

Gunakan minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi dengan kandungnan asam sitrat bisa digunakan untuk cegah apel agar tidak kecokelatan. Lemon-lime soda dan ginger ale menjadi dua pilihan baha populer untuk rendam potongan apel. Caranya adalah rendam apel di dalam mangkuk minuman berkarbonasi pilihan selama 3 hingga 5 menit. Lalu bisa dibilas bisa juga langsung dimakan apabila suka rasa tambahan dan minuman tersebut.

Seltzer water (semacam minuman berkarbonsi yang merupakan pilihan lain yang juga bisa cegah apel agar warnanya tidak berubah cokelat.

Gunakan teknik blanching

Teknik blanching ini digunakan pada apel untuk cegah perubahan warna menjadi cokelat. Pada dasrnya, teknik ini membuat enzim di dalam apel menjadi tidak aktif dan mencegah agar tidak bereaksi dengan oksigen di udara. Caranya adalah masukkan potongan apel ke dalam panci air mendidih selama lebih kurang lima menit. Lalu angkat dari panci kemudian dibilas dengan air dingin.

Berhati-hatilah untuk metode untuk melembutkan tekstur apel secara signifikan, sehingga apel menjadi kurang cocok jika dimakan begitu saja. metode ini paling baik digunakan untuk apel yang dimasak atau dipanggang.

Bungkus dengan plastic wrap

Metode ini sangat sederhana yang bisa digunakan untuk mencegah apel agar tidak menjadi kecokelatan. Teknik ini bekerja dengan cara menjauhkan udara dari daging buah apel. Sekaligus mencegah tterjadinya oksidasi. Usahakan untuk membungkus apel sekenceng mungkindan hindari munculnya kerutan plastic pada permukaan apel.

Metode ini paling baik digunakan untuk membungkus potongan apel besar karena lebih mudah membungkusnya daripada potongan apel kecil. Perhatikan jika masih ada udara tertinggal dalam plastic. Maka apel akan mulai teroksidasi. Metode ini bukan yang paling efektif karena sulit untuk hilangkan semua udara dalam plastic.

Gunakan metode karet gelang

Metode karet gelang ini juga menjdi cara inovatif namun mudah untuk mencegah apel tidak berubah warna menjadi cokelat. Meski hanya bisa digunnakan untuk apel yang sudah diisi-iris dan masih ada kulitnya. Metode ini bisa digunakan karena tidak ada apel yang terekspose udara.

Iris apel dengan ukuran sama lalu satukan irisan tersebut sampai terbentuk seperti semula. Ikat irisan apel dengan karet gelang, sehingga seolah-olah bentuknya utuh. Cara ini cocok untuk orang-orang yang membawa apel untuk bekal ke kantor atau makan siang anak.

Ayo beli buah dan sayur dengan titip beli di Titipku!

Asupan buah dan sayur setiap hari itu tidak rugi lho! Makanya, buruan pesan di Titipku agar kamu semakin bahagia

 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan