Simak Tips Berikut Agar Buku Anda Tak Mudah Berjamur

buku, book, berjamur, buku berjamur, jamur, buku menguning, kertas menguning, bercak pada buku, merawat buku

buku, book, berjamur, buku berjamur, jamur, buku menguning, kertas menguning, bercak pada buku, merawat buku

Meski saat ini buku sudah hadir dalam versi elektroniknya, penggemar buku fisik tetaplah banyak. Meski demikian, mengoleksi buku fisik bukannya tanpa risiko. Buku fisik bisa saja berjamur jika kita tidak pandai dalam menyimpannya. Jika sudah berjamur, maka buku akan menjadi rapuh dan per halaman bukunya akan lengket. Kalau sudah begini, kita sendiri yang rugi.

Untuk itu, simak tips untuk menjaga buku agar tidak berjamur dari Kumparan.com berikut ini yuk.

 

  • Jauhkan Buku dari Sinar Matahari

Sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan lembaran kertas Anda menjadi terlalu kering dan lama-kelamaan akan menguning. Kertas yang awalnya berwarna putih akan berubah warna menjadi cokelat kekuningan. Sering kali ditandai dengan muncul bercak-bercak kecil seperti noda pada lembaran kertas. Tak hanya itu, paparan sinar matahari terhadap buku Anda dapat membuat buku bergelombang dan rapuh.

  • Buku Disusun dalam Posisi Berdiri

Jika Anda masih suka menyimpan buku dalam posisi bertumpuk, sebaiknya hal itu dihindari agar buku Anda lebih tahan lama. Menyimpan buku dalam posisi berdiri jauh lebih baik daripada menumpuknya. Hal ini bertujuan supaya sirkulasi udara berjalan dengan baik karena udara masuk melalui sela-sela buku. Menumpuk buku dalam jangka waktu yang lama, bisa membuat lembaran-lembarannya menempel dan tulisan di dalamnya memudar.

  • Gunakan Amplas untuk Menghilangkan Noda

Buku yang Anda miliki terdapat noda bercak-bercak kekuningan? Hal itu bisa diatasi dengan menggosok-gosokkan amplas secara perlahan ke bagian lembaran kertas yang menguning. Caranya, gosok lembaran kertas menggunakan sisi yang kasar terlebih dahulu sampai bercak-bercaknya mulai hilang. Lalu gosok kembali lembaran kertas menggunakan sisi yang halus. Dengan begitu, bercak-bercak kekuningan yang ada akan berkurang.

  • Sampul Buku dengan Plastik

Cara lain yang bisa Anda terapkan untuk membuat buku awet adalah dengan menyampul buku menggunakan plastik bening. Selain menjaga buku supaya bersih dan tidak mengelupas, cover buku Anda pun akan aman dari lekukan dan robekan.

  • Gunakan Silica Gel dan Dehumidifier

Penggunaan silica gel dapat menjaga kelembapan udara karena menyerap air yang dibawa udara sehingga bisa mencegah buku Anda berjamur dan menguning. Selain itu, merawat buku dengan dehumidifier juga penting untuk dilakukan. Dehumidifier ini mampu menurunkan tingkat kelembapan udara dengan mengubah udara lembab menjadi air. Dengan begitu, buku Anda aman dari jamuran.

*****

Itulah sejumlah cara yang bisa membuat buku Anda awet dan terhindar dari jamur. Jadi, buku-buku tersebut bisa Anda baca untuk mengisi waktu selama #DiRumahAja.

Selain membaca buku, Anda juga bisa mengisi kegiatan di rumah dengan berbelanja kebutuhan pokok pakai Titipku. Proses belanjanya praktis, ada promo ongkir juga yang bisa dipakai. Tinggal pesan, bayar, diantar. Praktis banget kan? Yuk download aplikasi Titipku sekarang juga!

Tinggalkan Balasan