Tips Agar Minyak Tidak Meletup Saat Menggoreng Cabai

cara agar cabai tidak meletup saat digoreng, tips agar cabai tidak meletup saat digoreng

Titipku.com – Ketika kamu ingin memasak masakan dengan rasa khas dan bumbu matang sempurna, maka tidak sedikit dari kita yang menggoreng bumbu terlebih dahulu kemudian menghaluskannya. Mengenai menggoreng bumbu sendiri, meski kelihatannya cukup sepele ini butuh kehati-hatian yang ekstra. Apalagi, jika bumbu tersebut banyak cabai.

Menggoreng cabai bisa melukai kita karena cabai akan membuat minyak dengan mudah meletup-letup. Sama dengan saat kita menggoreng ikan, minyak untuk menggoreng cabai tidak jarang akan meletup-letup. Lantas, bagaimana cara agar minyak tidak meletup-letup saat kita menggoreng cabai. Berikut caranya.

cara agar cabai tidak meletup saat digoreng, tips agar cabai tidak meletup saat digoreng

Iris atau Lubangi Cabai

Usahakan untuk iris atau melubangi cabai. Mengiris cabai bisa menurunkan risiko cabai menurunkan risiko cabai meletus saat digoreng. Memang, ini cukup menyita waktu apalagi ssaat cabai untuk memasak jumlahnya banyak dan dari jenis cabai rawit yang kecil–kecil. Namun demi minyak tidak meletup, usahakan untuk iris atau melubangi cabai.

Gunakan Api Kecil

Gunakan api kecil saja untuk menggoreng. Minyak yang terlalu panas dengan api yang terlalu besar akan lebih mudah membuat cabai meletus dan membuat minyak meletup.

Gunakan Sedikit Minyak

Saat menggoreng cabai, gunakan minyak sedikit saja. Apabila perlu, goreng cabai dengan cara ditumis saja. Ini akan membuat cabai tidak mudah meletus.

Tutup Wajan Penggorengan

Tutup wajan penggorengan saat menggoreng cabai. Apabila cabai sudah matang, buka wajan dan segera angkat. Hindari menggoreng cabai terlalu lama karena akan membaut cabai rentan gosong.

Demikian beberapa cara atau tips agar minyak tidak meletup saat menggoreng cabai. Mudah banget kan? Nah kamu bisa mencobanya di rumah.

Beli Cabai dari Pasar Melalui Titipku

Buat kamu yang ingin masak tapi kurang cabai di rumah, boleh dong pesan cabai melalui aplikasi Titipku!

www.vemale.com

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan