Liburan Murah Ala Backpacker, Hati Senang Walaupun Tak Punya Uang

Titipku – Tidak heran jika sampai saat ini kebutuhan traveling masih harus diperhitungkan. Budget memang menjadi persoalan yang perlu diperhatikan dengan seksama agar kamu tidak mengalami kejutan tak terduga dan malah nggak bisa pulang. Maka dari itu, coba deh kamu pikirkan kembali prioritas yang wajib dipikirkan untuk traveling. Kalau dari pengalaman Ntip, ini dia tips liburan murah ala backpacker yang asyik.

Persiapkan Transportasi

Budget transportasi ini mencakup tiket pesawat, tiket kereta, maupun tiket bus. Nah kamu mau ke lokasi pakai apa? Pili yang menurut kamu cocok dengan budget. Pikirkan juga akan menggunakan transportasi umum atau sewa motor. langkah yang perlu diperhatikan yang pertama adalah total semua harga biaya transportasi termasuk dengan booking tiket online pilihlah yang termurah atau promo. Totalkan semua biaya transportasinya. Kedua, jangan lupa mencari info transportasi lain apabila harga tiket tidak mendukung.

Catat Biaya Akomodasi

Akomodasi jelas tidak bisa diluakan dong. Kamu perlu memikirkan bahkan hanya sekedar menitipkan tas/carrier maupun melepas lelah dan beristirahat. Lalu cari informasi tentang tempat tinggal di kota yang ingin kamu tuju. Banyak kok harga hotel yang masih kisaran 50-100ribu per malam, termasuk kamar mandi.

Hampir sama dengan cara mencari tansportasi sebelumnya, kamu hanya perlu gesit mencari info penginapan murah, syukur-syukur ada relasi di kota tersebut.

Perhatikan Makanan

Berlaku untuk makan pagi, makan malam, dan cemilan yang harus kamu siapkan. Budget makan juga harus segera ditentukan. Kamu bisa membuat budget untuk makanmu dengan limit harian, misalnya sejumlah Rp. 50 ribu. Kalau perjalanan kamu bisa juga kok bawa bekal dari rumah terlebih dahulu. lumayan kan bisa irit biaya pengelauran dan bisa menysihkan untuk keperluan lainnya.

Pilih Tempat Wisata Murah Bahkan Gratis

Kalau Hong Kong punya Kawloon, Bangkok punya Khaosan Road, Indonesia punya apa? Hmm jangan salah. Indonesia itu surga alam dan budaya. Seperti Jogja yang mempunyai kawasan wisata dengan tiket masuk yang murah bahkan gratis. Makanya jalan-jalan di Indonesia tidak perlu membuatmu khawatir. Karena hampir seluruh kota di Indonesia memiliki kawasan Backpacker. Berikut ini adalah area Backpacker yang bisa kamu singgahi.

  • Jalan Sosrowijayan dan Prawirotaman di Yogyakarta
  • Poppies Lane di Kuta Bali dan Monkey Forest di Uhud Bali
  • Jalan Kauman di Semarang
  • Cemoro Lawang, Sukapura/Tosari di Bromo
  • Tuk Tuk di Danau Toba, Sumatera Utara
  • Pasar Tumpang area Basecamp Backpacker Malang
  • Dan masih banyak lagi

Demikian tips liburan murah ala backpacker yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat ya! FYI tulisan ini dilansir dari hipwee.com dengan penulis Dedi Galih Wisnumurti. Happy Weekend sobat Ntip!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan