Tips Marinasi Daging Agar Bumbu Meresap Sempurna

marinasi, marinating, marinasi daging, marinating meat, marinasi daging sapi, marinating beef meat, marinating steak, marinasi daging steak, tips marinasi

marinasi, marinating, marinasi daging, marinating meat, marinasi daging sapi, marinating beef meat, marinating steak, marinasi daging steak, tips marinasi

Daging sapi adalah salah satu bahan makanan favorit banyak orang. Hanya saja, harga daging ini cukup mahal sehingga sayang jika salah pengolahan atau dimasak tanpa bumbu. Salah satu cara agar cita rasa daging sapi keluar dengan sempurna adalah dengan dimarinasi dengan bumbu. Marinasi adalah proses merendam bahan makanan dengan cairan bumbu. Selain menambah rasa, marinasi juga bisa digunakan untuk mengempukkan daging sapi.

Nah, agar proses marinasi daging sapi Anda tidak gagal, ikuti tips dari Idntimes.com berikut ini yuk:

 

  • Gunakan Bahan Dasar dalam Marinasi

Bahan dasar marinasi adalah: garam, minyak, kecap, dan madu/gula. Garam dan minyak adalah dua bahan dasar yang dibutuhkan untuk marinasi bahan apa saja. Anda juga bisa menambahkan kecap atau gula sebagai penambah cita rasa.

Penambahan garam dalam marinasi dapat membuat lebih banyak bumbu yang terserap ke dalam daging. Anda juga perlu menggunakan minyak dalam proses marinasi. Sebab, mayoritas rempah-rempah akan dapat mengeluarkan aroma dan rasa yang khas jika dikombinasikan dengan minyak.

Kemudian, kecap juga bisa digunakan untuk marinasi atau sebagai pengganti garam karena kecap kedelai mengandung asam glutamat yang memperkuat rasa daging. Terakhir, gula atau madu juga wajib ada dalam ramuan marinasi, sebab rasa manis dalam gula atau madu mampu meningkatkan rasa daging.

  • Gunakan Garam dan Rempah-Rempah dalam Jumlah yang Banyak

Pada tips sebelumnya telah dijelaskan bahwa garam dapat membantu penyerapan bumbu. Untuk itu, semakin banyak garam dan rempah-rempah yang Anda gunakan, maka bumbu yang dapat terserap ke dalam daging juga akan semakin banyak yang kemudian akan memperkuat cita rasa daging. Untuk itu, jangan pelit memberi garam ke bumbu marinasi ya.

  • Tusuk-Tusuk Daging dengan Garpu Sebelum Dimarinasi

Ambil garpu kemudian tusuk-tusuk daging sebelum dimarinasi sampai terbentuk beberapa lubang. Metode sederhana ini akan membuat bumbu lebih mudah terserap ke dalam daging. Selain garpu, Anda juga bisa menggunakan pisau untuk membuat sayatan sehingga bumbu dapat menyerap sampai ke bagian dalam daging.

  • Pastikan Seluruh Bagian Daging Terendam Sempurna

Daging harus terendam secara merata dan sempurna dengan bumbu marinasi. Nah, supaya Anda tidak boros dalam menggunakan bumbu, Anda bisa memasukkan daging dan bumbu marinasi ke dalam plastik ziplock selama beberapa waktu. Tapi pastikan semua sisi daging dapat terendam secara sempurna dalam bumbu.

  • Lakukan Perendaman Daging Selama Beberapa Jam

Tujuan dari marinasi sendiri adalah untuk menambah cita rasa di seluruh bagian daging. Semakin lama waktu yang Anda gunakan untuk marinasi, maka semakin banyak pula bumbu yang akan terserap ke dalam daging sapi. Untuk itu, jangan terburu-buru atau terlalu cepat dalam melakukan marinasi. Berikan cukup waktu sampai bumbu meresap sempurna ke dalam daging.

 

Itulah beberapa tips dalam marinasi daging. Intinya, Anda hanya perlu kesabaran dan bumbu yang cukup banyak agar hasil marinasi tidak gagal. Jika Anda tidak punya cukup bumbu, Anda bisa membeli bumbu lewat Titipku. Kebetulan angka COVID-19 sedang meninggi, jadi ada baiknya belanja #DariRumah saja agar Anda dan keluarga terlindungi. Serahkan semua kebutuhan pokok Anda lewat Titipku. Nanti semua pesanan Anda akan diantar oleh Jatiper Titipku. Mau? Yuk download Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan