Tips Membeli Batik via Online

Titipku – Batik sudah menjadi ciri khas Indonesia. Wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia tidak pernah lupa untuk membeli dan membawa batik sebagai oleh-oleh khas Indonesia. Di Indonesia sendiri pun, batik sudah menjadi seragam formal, mulai dari siswa, guru, hingga pejabat negara. Di sisi lain, ketika menghadiri acara formal, seperti rapat dan acara pernikahan, sudah menjadi kesepakatan umum yang tidak tertulis untuk mengenakan batik. Tak hanya sampai di situ, kepopuleran batik juga merambah ke ranah hadiah. Batik sering digunakan sebagai hadiah ucapan terima kasih, kado pernikahan, bahkan kado ulang tahun. Meskipun banyak toko-toko batik ternama, tidak ada salahnya untuk membeli batik via online. Selain menawarkan kecepatan dan kemudahan dalam transaksi, motif batiknya pun beragam. Berikut beberapa tips membeli batik via online.

batik, hari batik internasional, hari batik nasional,
Instagram via @fbwfashion.id
Kenali Lapak Penjual Batik

Pastinya, banyak penjual batik yang menawarkan dagangannya via online. Karena maraknya penyalahgunaan internet dalam hal penipuan, Anda perlu berhati-hati. Hal yang pertama harus Anda lakukan adalah mengenali lapak yang ingin barangnya Anda beli. Biasanya, lapak yang dapat dipercaya adalah lapak yang memiliki logo “terverifikasi” dari sebuah aplikasi belanja online. Jika lapak yang bersangkutan sudah memiliki logo tersebut, artinya lapak tersebut sudah tidak diragukan lagi kredibilitasnya. Cara yang lain adalah meminta rekomendasi dari teman atau kerabat dekat Anda yang sering berbelanja online. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari penjual yang tidak bertanggung jawab. 

Tentukan Motif dan Bahan Batik

Tips selanjutnya adalah menentukan motif dan bahan kain dari batik yang ingin Anda beli. Tentunya, semakin rumit motif batiknya, harganya pun akan semakin mahal. Begitu juga dengan bahan kainnya. Semakin bagus bahan kainnya, harga batik pun akan semakin mahal. Biasanya, penjual mencantumkan deskripsi dari batik yang ia jual; mulai dari ukuran, bahan, motif (opsional), dan harga. Bila salah satu dari informasi tersebut tidak disediakan dalam deskripsi barang, Anda dapat menanyakannya kepada penjual. Aplikasi belanja online umumnya menyediakan fitur chat dengan penjual untuk menanyakan informasi lebih lanjut soal barang yang ingin Anda beli. 

Refund

Tips yang terakhir adalah pastikan penjual menawarkan refund jika barang yang Anda beli tidak sesuai dengan deskripsi, rusak, atau berbeda dengan apa yang Anda pesan ketika sudah sampai di tangan Anda. Karena banyaknya pembeli, kemungkinan penjual pun kewalahan dalam menyortir dan mengirimkan barang pesanan. Jika barang yang Anda pesan tidak sesuai dengan apa yang Anda terima, Anda dapat mengajukan refund kepada penjual untuk ditukar dengan barang yang baru. 

Nah, salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah Aplikasi Titipku. Di Titipku, Anda dapat membeli batik dengan harga terjangkau dan kualitas yang terjamin. Titipku memfasilitasi UMKM yang menjual berbagai jenis batik dengan berbagai motif. Yuk belanja di Titipku agar bangga #PakaiProdukLokal sekaligus memajukan UMKM Indonesia!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan