Tips Membuat Bawang Goreng yang Renyah

Titipku.com – Sebagai salah satu bahan yang kerap ditambahkan dalam masakan, bawang goreng tak hanya dapat memperkuat aroma saja, namun juga berfungsi sebagai penyedap rasa masakan. Tekstur yang renyah dan rasanya yang gurih membuat bawang goreng menjadi tambahan wajib dalam setiap masakan, terutama hidangan berkuah seperti sup, soto, atau bakso.

Meski terlihat mudah, namun ternyata membuat bawang goreng memerlukan trik khusus, lho. Cara mengolah yang kurang tepat akan membuat bawang bertekstur lembek, berminyak, bahkan bercita rasa pahit karena gosong. 

Maka dari itu ini dia tips membuat bawang goreng yang renyah dan tahan lama!

 

  • Pilih Bawang dengan Kualitas Nomor Satu

Biasanya untuk dijadikan bawang goreng, jenis bawang yang cocok digunakan adalah Bawang Merah Sumenep-Madura. Bentuknya agak lonjong, kadar airnya relatif rendah dan teksturnyapun renyah. Atau bisa juga menggunakan  jenis Bawang Merah Brebes yang beraroma.

  • Jemur Bawang terlebih dahulu

Jemur bawang selama 1-2 jam menggunakan wadah yang datar. Bawang disebar merata agar keringnya juga merata.

  • Rendam Bawang Sebelum Digoreng

Rendamlah irisan bawang dengan larutan garam selama  kurang lebih 25 – 30 menit. Perbandingan bahan rendaman , 1 sdm garam untuk 1 liter air. Setelah itu tiriskan.

  • Taburi dengan Tepung Maizena

Setelah direndam dengan air garam, sebelum dijemur  taburi bawang dengan tepung terigu atau tepung maizena secukupnya. Atau, bisa juga taburi dengan campuran tepung terigu dan tepung kanji. Ini akan menghasilkan bawang goreng yang renyah. Perbandingan tepung  1:1

  • Cara Menggoreng Bawang

Ketika menggoreng, gunakan minyak yang banyak sehingga bawang terendam dengan sempurna. Gorenglah bawang menggunakan panas yang sedang dan sampai  berwarna kuning keemasan lalu angkat. Panas yang tersisa setelah proses pengorengan bisa menambah warna bawang menjadi lebih kuning kecoklatan. Oleh sebab itu jangan sampai lalai saat menggoreng, karena bawang bisa pahit karenanya. 

  • Tiriskan Hingga Kering

Setelah proses penggorengan, tiriskan bawang sampai minyak turun semua. Sebarkan diatas kertas tisu makanan sehingga  minyak yang tertinggal dapat diserap dengan baik. 

  • Cara Menyimpan Bawang Goreng

Setelah bawang dingin, taruhlah dalam wadah yang bersih dan tertutup rapat, sehingga bawang tetap renyah. Simpanlah wadah berisi bawang goreng  disuhu ruang dan tidak lembab.

 

Mau buat sendiri atau beli bawang goreng, kamu bisa memesannya melalui aplikasi Titipku! Jangan lupa ada diskon ongkir menarik dari Titipku lho. Dan khusus belanja di tanggal 17 Februari 2021 ada promo ASIKGRATIS yang kasih kamu Gratis Ongkir tanpa minimal belanja! Masukkan Kode Promo ASIKGRATIS saat hendak checkout dan nikmati gratis ongkirnya.

Tertarik? Download aplikasinya sekarang!

Tinggalkan Balasan