Begini Ternyata Tips Membuat Es Kolak Pisang Ala Titipku

Titipku.com – Hallo kamu yang ingin menyajikan menu buka puasa praktis, coba simak sejenak tips membuat es kolak pisang ala Titipku berikut ini. Namanya bulan puasa pasti ada banyak ulasan tentang jajanan disekitar yang bisa jadi tidak higenis, membuatnya dengan bahan pengawet, yang patut waspada. Lebih-lebih bulan Ramadhan yang merupakan surga bagi para penjual makanan. Pasti bakalan bingung deh memilih menu takjil yang praktis.

Daripada bingung, yuk bikin segera takjil es kolak pisang sendiri. Selain hidangan yang cukup bikin kangen saat bulan puasa, kolak pisang juga berpengaruh pada kesehatan dan dijamin bebas dari bahan berbahaya baik dari pengawet maupun pemanis buatan.

es kolak pisang, cara membuat es kolak pisang, cara bikin es kolak pisang, cara membuat es kolak pisang, tips membuat es kolak pisang
Instagram via arzydwi

Siapkan Bahan Es Kolak Pisang

Air santan kelapa 400 ml

Gula pasir 150 gr

Garam secukupnya

Pisan raja dipotong menyerong 3 buah

Kolang-kaling diiris tipis 125gr

Perasa vanilli 1 bungkus

Sirup coco pandan/daun pandan secukupnya

Es batu

Langkah Praktis Membuat Es Kolak Pisang

Pertama tuangkan terlebih dahulu santan, gula pasir dan juga garam ke dalam sebuah panci yang sisiapkan untuk kolak pisang. Lalu masukkan potongan pisang raja dan masukan juga kolang-kaling yang sudah disiapkan. Aduk secara merata, rebus hingga mendidih.

Berikutnya masukan perasa vanili, daun pandan, tuang garam secukupnya untuk rasa gurih, gula pasir (bisa juga gula jawa, tinggal sesuaikan selera) dan tunggu hingga rebbusan kolak berbuih dan mendidih, angkat lalu dinginkan.

Selanjutnya sajikan kolak pisang ke mangkok saji, beri tambahan sirup coco pandan dan tambahkan es batu secukupnya.

Nah es kolak pisang siap dinikmati. Kalau kamu ingin es kolak lainnya, kamu tinggal ganti pisang raja dengan ubi jalar, singkong, labu, atau blewah yang memiliki tekstur lembut dimulut. Bisa juga tambahkan irisan buah nangka supaya lebih mantap.

Kolak memang menjadi salah satu menu takjil favorit saat bulan puasa. Kolak ini tidak kalah diburu dari rekan takjil lainnya seperti es buah, es pisang ijo, es oyen, dan lainnya. Lantas? Kalau kamu lebih suka makan kolak sajian hangat atau es? 😀

Tapi kembali lagi kalau kamu tidak ingin repot maka kamu bisa pesan es kolak pisang selama bulan Ramadhan ini di Aplikasi Titipku! 🙂 Belum Download? Duh, jangan ketinggalan dong!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan