Tips Memulai Usaha Baru Di Tahun 2018

tips bisnis titipku

www.titipku.com – Memulai usaha akan semakin mudah dan lancar apabila Anda menerapkan tips berikut ini. Percayalah, bahwa persiapan yang matang akan menjadikan usaha Anda tidak sia-sia dan mengalir dari waktu ke waktu.

Siapkan Izin Usaha

Izin usaha diperlukan jika Anda ingin merencanakan bisnis bisa dapat go nasional. Bahkan bisa internasional. Selain itu, juga bisa terlihat profesional dan terpercaya. Tidak jarang saat sudah membayangkan hal-hal rumit harus dihadapi untuk perizinan ini. Maka suka tidak suka, mau tidak mau, pengurusan ini memang lebih baik disegerakan.

Mengurus izin usaha juga berarti bisnis mendaparkan sarana perlindungan hukum. Anda akan menjadi semakin mudah dalam mengembangkan usaha serta mengajak orang lain untuk bekerja sama dengan Anda.

Mapping Strategi Anda Agar Matang Dan Mudah Dieksekusi

Pernahkah Anda merasa punya banyak strategi namun kemudian surut karena tak kunjung dieksekusi? Hal ini menjadi salah satu alasan banyak orang pada akhirnya gagal membuka usaha meski ide dan strategi telah menumpuk sedari awal.

Bersemangat dan optimis dengan strategi itu penting. Namun Anda juga harus bsia dan memudahkkan Anda untuk take-action! Anda juga bisa memulai dengan membuat list kecil dan menyusun prioritas strategi. Misalnya tahapan mengenali pasar bisnis Anda, calon konsumen Anda, penyiapan dana finansial, penyiapan perlengkapan, penyiapan strategi marketing, penyiapan SDM, penyiapan alur transaksi, serta masih banyak lagi.

Penting: Strategi matang sehebat apapun tidak akan berlaku jika Anda tidak mengenali detail dan melakukan eksekusi apapun.

Bangun Brand Awareness

Semakin banyak pelaku usaha yang sadar pentingnya brand awareness dalam sebuah bisnis. Brand awareness tidak sekedar mengundang calon konsumen untuk produk dan jasa Anda. Namun juga sekaligus mengingat Anda. Brand awareness yang baik berarti banyak konsumen yang menjadi pelanggan setia Anda dan terus menerus (repeat order).

Jangan pernah berpikir bahwa Brand Awareness hanya untuk perusahaan besar. Pada realitanya brand awareness beberapa tahun terakhir sudah menjadi esensi penting yang dikejar dengan segala ukuran, termasuk jenis usaha baru.

Brand awareness ini meningkatkan value sebuah produk atau bisnis. Misal Starbucks. Apa yang membuat kopi ala Starbuck mahal dan kesannya istimewa? Padahal kopi lain bisa jadi lebih nikmat dan jauh ekonomis. Jawabannya adalah Brand Awareness tersebut.

Jangan Mudah Menyerah

Sebuah tips klasik namun selalu benar. Bayangkan kegagalan memang paling sering menghampiri mereka saat memulai usaha sendiri. Godaan sering kali menghampiiri mereka yang usaha sendiri. Godaan acapkali menghampiri mereka yang baru saja mullai usaha sebagai pegawai. Tidak ada gaji tetap setiap bulan dan Anda harus menanggung resiko finansial sendiri. Sulit? Mungkin benar, tapi bukan untuk menyerah.

Kisah sukses dari penguasaha A, B, dan C. yang jarang mereka kupas tuntas adalah bagaimana mereka mulai dari nol untuk menggapai sukses mereka. Hal yang harus mereka korbankan antara lain waktu, uang, pikiran, tenaga, perasaan frustasi, air mata, da masih ada banyak lagi.

Pentingnya Beradaptasi

Era digital ini identic dengan perubahan cepat. Oleh karenanya jangan sampai bisnis Anda terbaaikan. Bisnis Anda harus selalu bisa beradaptasi dengan perubahan teknologi. Coba untuk ikuti teknologi dan pertimbangkan yang akan Anda update.

Buat usahamu semakin dikenal melalui Aplikasi Titipku yuk! Download dulu di Google Play, jika ada kesulitan bisa menghubungi tim customer service kami.

Sumber: http://www.pandagila.com/strategi-buka-usaha-hindari-kesalahan-fatal/

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan