3 Tips Memulai Usaha Unik dan Berbeda

tips bisnis titipku

Titipku.com – Sebelum melangkah lebih lanjut, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat ciri khas pada usaha Anda. Meski Anda mungkin ingin membuat usaha yang sudah sama dengan yang lain, tidak menjadi masalah jika Anda bisa mengikuti tiga tips berikut ini.

Buat Penawaran Unik, Jadikan Daya Tarik Usaha

Segala jenis usaha perlu berbeda dari pesaing untuk lebih berkembang dengan baik. Namun tidak semua pembeda bisa menjadi usaha semakin baik. Bisa berbeda, tapi tidak dianggap penting oleh pelangga, bukankah itu sia-sia?

Misalnya saja penjual nasi yang mulanya menggunakan piring lalu berganti menjadi daun. Meski beda, namun esensinya dianggap aneh dan tidak begitu penting, benar? Pembeda yang relevan perlu dipertimbangkan. Pembeda yang dimaksud, dapat menarik pelanggan dan membuat usaha unggul di tengah persaingan. Tentu saja pembeda yang sesuai dengan kemampuan.

Pembeda dalam hal ini dikaitkan dalam segmentasi, targeting, dan positioning. Namun ingat, setiap pembeda ini harus selaras dengan positioning yang ditetapkan sebelumnya.

Bedakan Diri dari Yang Lain, Tak Hanya Meniru

Ingat satu hal penting untuk poin kedua ini adalah hindari latah mengikuti perilaku orang lain. Latah sepertinya sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia. Terutama pada tren yang muncul, tapi tidak lama kemudian menghilang.

Misalnya saja kejadian usaha latah dari bunga anturium, demam ikan lohan, bahkan demam batu akik. Hingga pada suatu titik tren ini menjadi jenuh dan ditinggalkan oleh para penggemar dadakannya. Dan ternyata sikap latah juga terjadi pada usaha dengan skala yang lebih kecil. Banyak praktik yang dilakukan karena meniru orang lain. Pendekatan ini juga bisa sukses dalam jangka pendek, namun belum tentu memberi hasil yang sama pada jangka panjang.

Tidak salah untuk meniru, namun lakukan gaya ATM: Amati, Tiru, Mengembangkan.

Selalu Berinovasi, Lakukan Tanpa Henti

Jangan terhenti ketika sudah mengikuti ATM tersebut namun jadikan diri benar-benar berbeda dari pesaing lain. Ambil pendekatan yang berbeda dan berkesan bagi pelanggan. Dengan demikian, inovasi pun bisa dilakukan dan tepat sasaran.

Inovasi tidak berarti harus menciptakan sesuatu terbaru. Namun juga bisa mengadaptasi yang sudah ada. Tidak perlu jenis usaha yang sama, namun juga usaha yang lainnya.

Akan lebih baik jika tidak sekedar berfokus pada industry yang ditekuni, namun juga mencari inspirasi dari pelaku usaha di industry lain. Semua tentu tergantung dari seberasa kreatif dalam melakukan terobosan. Seringkali pesaing meniru dengan cepat dan dengan harga yang lebih rendah. Tepat setelah pesaing berhasil meniru, factor pembeda usaha Anda menjadi tidak istimewa lagi. Jadi apa yang menjadi kelebihan saat ini bisa jadi menjadi tidak relevan lagi di masa mendatang. Oleh karenanya sedapat mungkin tidak boleh berhenti berinovasi. Inovasi tidak harus mahal. Bisa juga dilakukan dalam hal sederhana. Meski sederhana yang penting inovasi itu tepat sasaran.

Baca Lagi: Jadi Wirausaha Yuk, Pemerintah Sudah Siapkan Bantuan Modal

Nah bagaimana? Sudah sepakat dengan yang tips di atas? Setelah Anda memanfaatkan tips tersebut, sekarang giliran Anda untuk bergabung di Titipku! Download aplikasinya di Google Play yuk!

Source: Rinaldo, Edwin. 2016. 9 Jurus Jitu Pemasaran UKM Wow. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan