Hemat Pangkal Kaya! Tips Mengatur Keuangan Saat Ramadan

Bulan Ramadan erat kaitannya dengan sejumlah kegiatan, seperti: ngabuburit, buka puasa bersama, dan sahur on the road. Memang sejak tahun lalu kegiatan ini dibatasi akibat pandemi, tapi bukan berarti tidak ada loh. Kegiatan-kegiatan selama Ramadan itu terbilang boros, sebab mengharuskan makan di luar rumah (yang artinya harus membayar makanannya dan butuh uang untuk bensin/moda transportasi). Untuk menghindari pemborosan selama Ramadan, ada baiknya untuk mengatur keuangan.

Dikutip dari Kumparan.com, ada 6 tips untuk mengatur keuangan selama Ramadan, yakni:

 

  • Buat Rencana Keuangan

Buatlah rencana keuangan menjelang bulan puasa dimulai. Pisahkan dana untuk belanja kebutuhan masak sahur dan berbuka, membeli pakaian, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Jangan lupa siapkan dana cadangan untuk hal yang tidak terduga. Hal ini diperlukan agar tidak ada pengeluaran yang menggendut.

 

  • Hindari Pengeluaran yang Kurang Penting

Kita harus cermat memilih mana kebutuhan dan mana keinginan, agar terhindar dari pembrosan. Terlebih di masa pandemi ini, kita perlu menyimpan uang lebih untuk menghadapi situasi yang tidak jelas. Di tips kedua ini, kamu perlu konsisten, sebab mengeleminasi keinginan bukanlah sesuatu yang mudah.

Baca Juga: Tips Mengelola THR Lebaran di Masa Pandemi

 

  • Kurangi Intensitas Buka Puasa di Luar

Setelah seharian menjalani puasa, berkumpul dengan teman atau keluarga untuk melakukan buka bersama di restoran atau tempat makan lainnya tentu sangat menyenangkan. Meski menyenangkan, hal ini tentu akan membuat kita semakin boros. Untuk itu, akan lebih baik dan lebih hemat jika kita berbuka puasa di rumah dengan makanan yang sederhana.

Baca Juga: Persiapkan Hal Ini Sebelum Memasuki Bulan Ramadan

 

  • Pilih Tempat Belanja dengan Harga Ekonomis

Pilihlah tempat belanja yang sesuai buget kita. Beda tempat belanja, beda pula harganya. Jika ingin berhemat pilih tempat dengan harga yang ekonomis, misalnya pasar tradisional. Ini adalah tips mengatur keuangan yang penting, sebab berbelanja kebutuhan adalah aktivitas sehari-hari tiap rumah tangga.

Bicara soal pasar tradisional, kamu saat ini tidak perlu langsung ke pasarnya untuk belanja. Pakai saja Titipku. Banyak pilihan pasar di Titipku yang bisa kamu pilih. Mau pasar terdekat atau pasar favorit, bisa!

Kamu bisa download aplikasi Titipku di sini!

 

  • Tahan Keinginan untuk Belanja Boros

Sama halnya dengan menahan hasrat untuk makan dan minum, kita juga harus bisa menahan keinginan untuk berbelanja selama bulan ini. Meski banyak promosi dan diskon menarik yang akan membuat tergiur, tetapi kita harus bisa menahan diri untuk tidak boros. Penuhi dulu semua kebutuhan selama bulan ini, setelah itu barulah pakai uang untuk berbelanja. Kendalikan diri agar keuangan tetap teratur.

Baca Juga: Fakta Unik Ramadhan di Indonesia

 

  • Sisihkan Dana untuk Hari Raya

Jangan lupa sisihkan dana untuk hari raya Idul Fitri, karena pada saat menjelang  Idul Fitri harga sembako biasanya akan meningkat. Jika ingin pergi mudik siapkan juga dana untuk mudik, dan membeli pakaian Lebaran bila diperlukan.

Tinggalkan Balasan