Tips Menggoreng supaya Nggak Meledak-ledak

Sumber Gambar: https://www.freepik.com/free-photo/side-view-male-chef-flambeing-dish_11228983.htm#page=1&query=flambe&position=0

Mungkin banyak dari teman-teman yang sering mengeluhkan “ledakan” minyak panas dari kuali saat menggoreng. Apakah kamu juga salah satunya? Peristiwa ledakan minyak panas ini membuat proses memasak jadi tidak nyaman. Jika minyak panas terkena kulit akan menimbulkan luka bakar. Kemudian, percikan minyak juga bisa mengotori seluruh dapurmu. Kamu tidak hanya perlu membereskan semua alat masak, tetapi juga membersihkan lantai dan dinding dapur yang terkena minyak. Nah, berikut ini adalah tips-tips supaya proses menggorengmu nggak meledak-ledak.

 

Pastikan Alat Memasak Benar-Benar Kering

Sebelum memasak, kamu tidak hanya memastikan bahan masakanmu bersih, tetapi juga alat masakmu. Perhatikan semua sisinya, apakah masih ada kotoran yang menempel atau tidak. Jangan lupa untuk mengelap alat masak yang akan digunakan sampai benar-benar kering. Kalau kuali atau spatulamu masih basah dan kamu langsung menuangkan minyak goreng, sudah pasti akan ada percikan minyak.

Tusuk-Tusuk sebelum Menggoreng

Kalau kamu perlu menggoreng cabai untuk masakan tertentu, lebih baik tusuk-tusuk cabainya terlebih dulu. Ini mencegah terjadinya ledakan saat cabai digoreng. Kamu hanya perlu menggunakan lidi kecil yang bagian ujungnya dibuat melancip. Setelah itu, tusuk-tusuk setiap cabai yang akan digoreng. Jika cabai langsung digoreng tanpa ditusuk, bisa dipastikan akan meledak saat proses penggorengan, entah itu cabai yang melompat keluar dari kuali, atau meledak di dalam minyak.

Mulai dari Api Kecil

Biasanya saat menggoreng ikan atau tahu akan banyak minyak yang memercik keluar dari kuali. Ini tidak masalah, kok, karena makanan tersebut mengandung air sehingga saat bercampur dengan minyak goreng panas, akan terjadi ledakan-ledakan kecil. Untuk mengantisipasinya, kamu perlu mulai menggoreng dari api paling kecil. Masukkan pelan-pelan saja, jangan dilempar. Ini hanya akan membahayakan tanganmu karena bisa terkena minyak panas. Kalau sudah terlihat sedikit kuning keemasan, barulah ubah dari api kecil ke api sedang. Tunggu sampai benar-benar matang, lalu angkat dan tiriskan.

Ini juga berlaku ketika kamu menggoreng cilok, salah satu makanan khas Jawa Barat. Saat adonan cilokmu sudah jadi, masukkan terlebih dulu semuanya ke dalam minyak goreng. Setelah itu, barulah menyalakan kompor dengan api kecil. Ubah ke api sedang jika warnanya sudah berubah. Ingat, jangan terlalu lama menggorengnya, nanti bisa meledak juga. Ulangi setiap langkah untuk menggoreng semua adonan. Memang sedikit merepotkan karena harus menyalakan dan mematikan kembali kompormu setiap akan menggoreng cilok, tapi cara ini terbukti aman, kok.

 

Itulah tips-tips memasak buat kamu yang senang menggoreng. Semoga bermanfaat, ya! Nah, sembari bersantai menyiapkan bahan masakan di dapur, cobalah mengakses Aplikasi Titipku. Aplikasi ini menyediakan beragam makanan, minuman, kerajinan, sayuran, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Jika membutuhkan beberapa bahan masakan, kamu juga bisa, lho, memesannya secara daring karena Titipku punya fitur #TitipBelanja Apa Saja. Ada banyak promo potongan ongkir juga. Menarik kan? Yuk, download aplikasinya di sini dan mulai berbelanja di Titipku!

Tinggalkan Balasan