Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja dari Rumah

wfh, work from home, kerja di rumah, kerja dari rumah, produktivitas kerja, produktivitas kerja di rumah, produktivitas kerja dari rumah, tips meningkatkan produktivitas kerja

wfh, work from home, kerja di rumah, kerja dari rumah, produktivitas kerja, produktivitas kerja di rumah, produktivitas kerja dari rumah, tips meningkatkan produktivitas kerja

Pandemi COVID-19 yang mengaharuskan hampir semua orang bekerja dari rumah membuat kita menjadi stres dalam hal dan cara yang berbeda-beda. Berjam-jam menghabiskan waktu di depan layar digital seperti komputer atau laptop memaksa tubuh kita untuk beradaptasi dengan caranya masing-masing. Kondisi ini tentunya berpengaruh ke produktivitas kerja kita.

Otot-otot tubuh menjadi tegang serta pola pernafasan juga ikut berubah. Perubahan fisik yang berhubungan dengan stres ini kemudian menggeser kesejajaran tulang belakang yang juga berdampak langsung bagi kesehatan fisik dan meningkatkan stress. Stress yang meningkat juga berpengaruh terhadap kesehatan tulang belakang. Gejala-gejala stres yang paling umum adalah nyeri pada bagian punggung dan sakit kepala. Tidak heran karena masing-masing orang belum tentu memiliki peralatan yang memadai untuk melakukan pekerjaan dari rumah. 

Untuk Anda yang masih bekerja dari rumah atau WFH, selalu ada cara untuk membuat tubuh Anda lebih nyaman saat bekerja, sehingga produktivitas kerja meningkat. Anda bisa mengikuti tips-tips berikut ini. 

Sejajarkan Tubuh

Cara untuk menyamankan tubuh sehingga bisa meningkatkan produktivitas kerja yang pertama adalah menyejajarkan tubuh dengan komputer. Ketika duduk dengan tegak, rilekskan bahu dan usahakan untuk mensejajarkan siku dengan keyboard. Anda bisa meninggikan kursi supaya siku dengan keyboard sejajar namun jangan sampai kaki menggantung karena terlalu tinggi. Bagian atas monitor atau layar setidaknya sejajar dengan alis. Hal ini untuk mencegah Anda menunduk untuk menatap layar. Jika monitor kurang tinggi, Anda bisa mengganjal bagian bawah monitor atau laptop menggunakan buku atau kardus kecil agar sejajar dengan mata. 

Perhatikan Lengan

Ketika mengetik di keyboard, usahakan lengan untuk selalu berada di sisi tubuh dan menekuk siku hingga 90 derajat. Jika kursi Anda memiliki sandaran lengan, sesuaikan agar posisi bahu menjadi rileks. Jika sandaran lengan tidak dapat disesuaikan atau kursi Anda tidak ada sandaran lengan, pertimbangkan untuk menggantinya. 

Sangga Punggung dengan Benar

Ketika duduk terlalu lama, posisi duduk Anda lama-lama mungkin akan berubah. Salah satu cara terbaik untuk menyangga punggung dengan benar adalah dengan memastikan pantat menempel pada bagian bagian belakang kursi. Untuk menjaga agar punggung tidak cepat lelah, Anda bisa menggunakan bantal kecil atau handuk yang digulung untuk menempel di punggung selama duduk. Hal ini membuat punggung sedikit melengkung ke belakang dan tidak merosot ke depan. 

Istirahatkan Mata secara Berkala

Menatap layar digital terlalu lama dapat menyebabkan computer vision syndrome. Sangat dianjurkan untuk mengistirahatkan mata setelah 15-20 menit menatap layar. Anda bisa memandang objek yang agak jauh dari mata di dalam ruangan Anda bekerja setidaknya beberapa menit sebelum  kembali menatap layar. Jangan lupa untuk berkedip lebih sering dan minum banyak air putih agar tidak dehidrasi. 

Lakukan Perenggangan

Selain mengistirahatkan mata, Anda juga harus melakukan perenggangan setelah duduk setiap 20-30 menit sekali. Lakukan perenggangan utamanya pada bagian otot-otot yang kencang seperti dada, punggung, pergelangan tangan, bahu, serta pinggul. Cara mudah agar tidak lupa untuk melakukan perenggangan adalah dengan memberikan tanda ketika sudah selesai menyelesaikan suatu tugas. Misalnya saja, ketika Anda sudah selesai mengirim satu atau dua surel, saatnya untuk melakukan perenggangan. 

 

*****

Selesai bekerja, saatnya menyiapkan kebutuhan pangan. Supaya belanja lebih mudah dan cepat, kini Anda bisa menggunakan Aplikasi Titipku untuk berbelanja di pasar terdekat. Gak perlu khawatir soal ongkir karena Titipku punya kupon diskon ongkir yang bisa Anda gunakan. Praktis dan hemat banget kan? Yuk segera download Aplikasi Titipku.

Tinggalkan Balasan