Tips Ngemil Tanpa Takut Berat Badan Naik

Siapa sih yang nggak suka ngemil? Cokelat, snack kentang, dan gorengan merupakan kudapan yang sulit kita tolak. Masalahnya, beberapa orang sedang berjuang mengurangi berat badan dengan tidak ngemil. Orang-orang ini bahkan sering merasa bersalah usai ngemil. Padahal, ada cara ngemil yang aman loh!

Cara ngemil yang aman itu bisa membuatmu tetap ngemil tanpa takut berat badanmu naik. Berdasarkan Kumparan.com , ini adalah beberapa tips ngemil yang aman:

 

  • Perhatikan Jumlah Camilan yang Dikonsumsi

    Penting untuk menakar jumlah porsi camilan agar sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jika ngemil dalam jumlah berlebihan, tentunya berat badan bisa melonjak. Berdasarkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kamu boleh ngemil asal tidak lebih dari 150 kalori dalam sehari. Di beberapa kemasan snack sudah tertulis jumlah kalorinya. Kamu bisa mengukur kalori dari situ.

 

  • Tentukan Jenis Camilan yang Tepat

    Buah dan sayuran adalah camilan paling sehat. Selain buah dan sayur, camilan yang bisa dinikmati adalah kacang-kacangan, dark chocolate, telur rebus, dan oatmeal. Jangan pilih camilan yang mengandung gula tinggi ya, karena berisiko meningkatkan berat badan.

 

  • Ngemil Seperlunya

    Ini yang perlu menjadi patokan: ngemil seperlunya. Artinya, jangan ngemil kalau kamu tidak lapar. Terlebih lagi, jangan ngemil di malam hari karena bisa menunda pembakaran lemak yang biasanya terjadi ketika tidur.

 

  • Jaga Jarak Waktu Ngemil dengan Makan

    Tips terakhir adalah menentukan jarak waktu ngemil. Setidaknya, jarak ngemil berkisar antara 2 sampai 3 jam setelah atau sebelum makan. Kamu juga perlu mengukur tingkat aktivitasmu. Jika kamu sangat aktif, kamu bisa ngemil 2 – 3 kali sehari. Sebaliknya, jika tidak banyak kegiatan cukup 1 camilan atau tidak ngemil sama sekali.

 

Tips di atas menunjukkan kalau kamu tetap bisa ngemil asal diatur waktu, kebutuhan, jumlah, dan jenisnya. Soal jenis camilan sehat, di Titipku banyak loh! Banyak pedagang di sekitarmu yang menjual aneka camilan sehat dan bisa kamu beli #DariRumah pakai Titipku. Nggak perlu takut ongkir mahal karena ada promo ongkir. Download aplikasinya di sini ya.

Tinggalkan Balasan