Tips Sederhana untuk Kurangi Nyeri Haid

Banyak perempuan mengeluhkan rasa sakit ketika masa haid datang, terutama pada perut bagian bawah dan pinggul. Dikutip dari health.kompas.com, selama menstruasi, otot-otot rahim akan berkontraksi untuk membantu melepaskan lapisan pembuluh darah yang menumpuk. Saat proses ini terjadi, perempuan biasanya mengalami kram perut. Inilah tanda bahwa otot rahimmu sedang bekerja.

Rasa nyeri ini tentunya cukup mengganggu aktivitas harian, apalagi kalau sedang diburu deadline kantor. Pil pereda rasa nyeri pun menjadi salah satu alternatif kalau rasa sakit pada perut sudah tak tertahankan. Namun, akan menjadi tidak baik kalau mengonsumsi pil pereda rasa nyeri secara berlebih.

Nah, berikut ini tips-tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi nyeri saat haid.

Mengompres dengan Air Hangat

Kamu bisa mengompres perutmu menggunakan rubber bag. Ada banyak produk rubber bag yang dijual di pasaran. Produk ini terbuat dari karet dan berbentuk seperti kantung dengan lubang kecil pada bagian atas untuk jalan masuk-keluar air. Untuk mengompres perutnya dengan rubber bag, kamu cukup mengisi rubber bag dengan air panas (tidak perlu sampai penuh). Tutup rapat dan pastikan tidak ada yang bocor. Setelah itu, taruhlah di atas perutmu.

Kamu bisa mengompres perutmu sambil tiduran ataupun duduk di depan komputer sembari bekerja. Cara ini cukup ampuh mengurangi rasa nyeri ketika haid melanda, terutama saat hari pertama atau kedua. Hangatnya air kompresan memberikan rasa nyaman pada sekitar perutmu.

Banyak Minum Air dan Konsumsi Buah

Mengonsumsi banyak air, khususnya air hanyat, saat menstruasi dapat membantu mengurangi rasa sakit pada perut. Cairan yang hangat dapat mengendurkan otot perutmu yang kram. Kamu bisa menikmati segelas teh hangat herbal (ada yang terbuat dari serai juga), jamu, atau air perasan lemon hangat. Tidak hanya itu, buah-buahan dengan kandungan air tinggi seperti semangka, mentimun, ataupun stroberi juga bisa membantumu meningkatkan hidrasi. 

Berolahraga

Dengan berolahraga, tubuhmu akan memproduksi hormon endorfin yang berfungsi mengurangi stress dan rasa sakit. Produksi hormon endorfin juga berperan membuat suasana hati menjadi lebih tenang dan bahagia. Tak perlu olahraga berat, kamu bisa melakukan olahraga ringan saja, kok, seperti jalan santai, bersepeda, atau yoga. Tidak hanya mengurangi rasa sakit, imunitas tubuhmu juga akan terjaga sehingga menjadi lebih sehat dan bugar.

 

Bagaimana? Cobalah tips-tips tadi saat kamu sedang datang bulan. Akan tetapi, kalau kamu merasakan sakit yang luar biasa dan tidak mampu ditahan, sebaiknya konsultasikan pada ginekolog. Jangan mendiagnosis diri sendiri, ya.

Nah, sembari bersantai di rumah, kamu bisa mengakses Aplikasi Titipku. Aplikasi satu ini merangkul berbagai pegiat UMKM Indonesia, lho. Kamu bisa mendapatkan barang-barang kebutuhanmu, mulai dari makanan, minuman, kerajinan, sampai kebutuhan dapur. Penasaran? Unduh Titipku sekarang, yuk!

Tinggalkan Balasan