TIPS SIMPAN BERAS AGAR BERSIH DAN BEBAS KUTU

Titipku – Beras merupakan makanan pokok hampir seluruh masyarakat Indonesia. Pastinya setiap rumah akan menyimpan persediaan beras sebagai makanan pokok.

Namun ternyata ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan agar beras tersimpan dengan baik sehingga awet dan bebas kutu. Berikut caranya:

1. Bersihkan tempat beras secara berkala

Sebelum menyimpan beras, pastikan bersihkan lebih dulu tempat beras dari sisa beras bulan kemarin. Sisa beras lama yang tidak dibersihkan dapat mengundang kutu dan jamur sehingga bau beras jadi apek.

2. Simpan diwadah tertutup

Menyimpan beras yang benar adalah di wadah yang tertutup agar kutu, semut dan serangga pengganggu tidak leluasa masuk dan bermain ditempat beras.

3. Pastikan simpan dalam wadah kering dan bersih

Wadah yang basah atau lembab dapat merusak kualitas beras sehingga beras jadi berjamur dan apek. Untuk itu, pastikan bersih dan keringkan tempat beras yang akan dipakai ya!

4. Tambahkan daun jeruk purut

Sebelum menutup wadah beras, bisa menambahkan beberapa lembar daun jeruk purut. Aroma khas daun jeruk purut sangat dibenci kutu dan juga serangga sehingga mereka akan menjauh. Selain itu, aromanya membuat beras jadi lebih harum saat dimasak.

5. Tambahkan daun pandan

Selain daun jeruk purut, juga bisa menambahkan daun pandan karena aroma harum pandan juga kurang disukai serangga sehingga beras jadi aman dari gangguannya. Selain itu, aroma pandan yang enak akan membuat beras terjaga dari bau apek.

#dirumahaja

Kamu bisa Titip Belanja kebutuhan pokok apa saja di pasar melalui aplikasi Titipku. Aplikasi ini menghadirkan fitur belanja di pasar tanpa perlu keluar rumah. Yuk, dukung UMKM Indonesia dengan berbelanja kebutuhan sehari-hari di Pasar terdekatmu melalui Aplikasi Titipku.

Download sekarang di Playstore!

Tinggalkan Balasan