Tips-Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Titipku – Menjelang akhir tahun, musim hujan pun tiba. Banyak orang yang terkena flu dan batuk saat musim hujan. Maka, sangat penting untuk menjaga kesehatan di musim hujan, khususnya untuk kamu yang sering bepergian ke luar rumah. Mulai menerapkan kebiasaan-kebiasan yang sehat adalah salah satu langkah yang tepat untuk mencegah penyakit.

Berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah sakit saat musim hujan.

Hindari Terkena Air Hujan

Seperti pepatah, “sedia payung sebelum hujan”, sebaiknya kamu selalu menyediakan dan membawa perlengkapan musim hujan seperti payung, jas hujan, dan jaket yang tebal. Untuk lebih menjaga agar kamu tidak kedinginan, kamu juga bisa menggunakan sepatu boots alih- alih memakai sepatu berbahan kain. Kaki yang lembab bisa membuatmu terkena flu.
Sebaiknya kamu tidak terjebak di tengah hujan tanpa membawa perlengkapan musim hujanmu.

Membiasakan Hidup Sehat

Biasakan untuk selalu mencuci kaki dan tangan setelah bepergian dari luar rumah. Air hujan banyak mengandung kuman dan bakteri yang dapat membuatmu sakit jika tidak segera dibersihkan. Jika orang-orang di sekitarmu mulai terserang flu atau batuk, sebisa mungkin cuci tangan setelah berkomunikasi dengan mereka untuk mengurangi kemungkinan kamu tertular penyakit yang sama. Selain itu, perhatikan juga air-air yang menggenang di sekitar rumah. Nyamuk berkembiang biak sangat banyak saat musim hujan, terlebih di tempat air biasa tergenang. Segera bersihkan air-air yang menggenang agar tidak menjadi sarang nyamuk bertelur ya! Nyamuk bisa membawa penyakit demam berdarah dan malaria lho.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Banyak sekali penyakit yang berdatangan saat musim hujan; alergi, demam, flu, bahkan demam berdarah. Meningkatkan imunitas tubuh bisa menjadi cara yang paling ampuh untuk menangkal penyakit-penyakit itu. Mulai konsumsi makanan dan sayuran yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh seperti bawang putih dan jahe. Mengurangi kebiasaan merokok juga berpengaruh karena merokok melemahkan kekebalan tubuh dan sistem
pernapasan. Selain itu, minum air putih juga penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ketika cuaca dingin, tubuh akan banyak mengeluarkan cairan lewat buang air kecil. Minum air putih dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Akan tetapi, sebaiknya tetap konsumsi makanan-makanan yang bergizi saja ya. Terlalu banyak mengonsumsi suplemen dan vitamin tambahan justru malah akan
membebani kerja ginjal.

Jaga Tubuh agar Tetap Hangat

Setelah kehujanan dan sampai di rumah, sebaiknya kamu segera mandi dengan air hangat. Air hujan dan cuaca dingin dapat menurunkan suhu tubuhmu. Untuk mengembalikan suhu tubuh ke suhu normal (36-37 derajat celcius), mandi air hangat dan minum atau makan yang hangat sangat membantu.

#dirumahaja

Daripada repot keluar rumah dan beresiko sakit, lebih baik Titip Belanja lewat Titipku aja. Gak perlu basah-basah kehujanan cukup #dirumahaja, belanjaan akan diantar sampai rumah. Yuk mulai pakai Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan