Tips-tips Penting untuk Para Orang Tua Baru

orang tua baru, new parents, tips menjadi orang tua baru, tips yang bisa membantu para orang tua baru, tips untuk para orang tua baru, bagaimana cara menjadi orang tua baru

Kata banyak orang, anak adalah kebahagiaan paling tinggi dalam membina hubungan rumah tangga. Meski demikian, mereka yang berperan sebagai orang tua baru tentu mengalami kebingungan dalam merawat anak, meski mereka sudah membaca banyak tips di buku.

Menjadi orang tua adalah hal yang perlu dipersiapkan dengan matang. Dengan menjadi orang tua, Anda dituntut untuk bisa membagi waktu dengan lebih baik. Selain itu, Anda juga dituntut untuk meredam emosi guna bisa memahami keinginan anak yang sedang rewel.

Jika Anda adalah orang tua baru, mungkin tips-tips di bawah ini bisa membantu Anda.

Baca Juga: Step Pada Bayi: Pelajari Sebab dan Cara Mengatasinya

 

  1. Aturan Pertama, Nikmati Semua Momen dengan Anak

orang tua baru, new parents, tips menjadi orang tua baru, tips yang bisa membantu para orang tua baru, tips untuk para orang tua baru, bagaimana cara menjadi orang tua baru

Anak adalah anugerah, untuk itu nikmati semua proses mendidik anak dengan penuh syukur. Jika Anda sering melihat video di YouTube, sudah banyak orang tua yang memberi kesaksian bahwa waktu bersama anak itu singkat, karena ketika anak sudah beranjak dewasa, mereka sudah tidak menghabiskan waktu bersama orang tua lagi.

Untuk itu, nikmati setiap momen bersama anak selagi Ada waktu. Jangan lupa untuk mengabadikan tiap perkembangan anak lewat foto atau video. Namun, Anda perlu hati-hati ya dalam mengunggah foto anak di media sosial. Ada baiknya dokumentasi itu tetap menjadi konten eksklusif yang dinikmati cukup oleh Anda dan pasangan.

  1. Istirahat Itu Perlu

Merawat anak memanglah kewajiban, tapi mengistirahatkan tubuh juga perlu. Anda sebagai orang tua juga tetap butuh istirahat agar bisa optimal dalam merawat anak.

Istirahat di sini tak hanya tidur ya. Terkadang orang tua juga butuh me time. Me time adalah waktu untuk jauh dari segala tanggungjawab dan waktu tersebut bisa digunakan untuk melakukan apa yang kita suka, seperti berkebun, membaca buku, atau menonton film.

Jika Anda merasa sudah sangat lelah, jangan dipaksa ya. Ambil waktu sejenak untuk istirahat. Anda bisa menitipkan anak ke pasangan Anda atau orang tua Anda untuk sejenak mendapat waktu untuk me time.

  1. Orang Tua Baru Jangan Mudah Panik

Di masa-masa pertumbuhan awal, anak-anak tentu sangat rentan. Kesalahan kecil yang Anda lakukan kepada anak dapat membuatnya menangis. Jika hal ini terjadi, salah satu kuncinya adalah jangan panik.

Jika Anda panik, Anda justru membuat si anak menangis lebih kencang. Cobalah memahami arti dari tiap tangisannya, apakah ia lapar, popoknya sudah kotor, atau mengalami luka. Dengan memahami arti dari tangisan anak, Anda bisa meresponsnya dengan tepat tanpa rasa panik

  1. Sah-sah Saja untuk Minta Bantuan

Manusia tidak ada yang sempurna, begitupun dengan Anda yang baru menjadi orang tua baru. Ketika Anda merasa bingung, tentu itu hal wajar. Untuk bisa mengatasinya, Anda tak perlu ragu untuk meminta bantuan ke orang lain yang lebih paham, seperti orang tua atau mertua.

Meminta bantuan ke pasangan juga sah-sah saja kok. Hal ini bisa dilakukan ketika Anda butuh waktu istirahat.

  1. Gunakan Aplikasi untuk Mengerjakan Urusan Lain

Merawat anak itu sangat menyita waktu. Oleh sebab itu, kadang beberapa pekerjaan jadi tersendat. Untuk mengatasinya, Anda bisa percayakan berbagai aplikasi untuk membantu pekerjaan Anda yang lain.

Salah satu pekerjaan yang biasanya tersendat karena harus mengurus anak adalah belanja bahan untuk masak. Nah, untuk mengatasi ini, Anda bisa belanja dari rumah lewat aplikasi Titipku.

Di Aplikasi Titipku, tersedia banyak pilihan pedagang dari lebih dari 150 pasar di Jabodetabek. Tinggal pilih saja produk dari pedagang langganan Anda, dan semua urusan belanja nantinya akan didiurus oleh Jatiper.

Titipku sudah tersedia di Google Playstore dan Apple Appstore, jadi mau Hpnya Android atau iOS, semua bisa menggunakan Titipku.

Baca Juga: Perbanyak ASI dengan Konsumsi Ragam Makanan Ini

Itulah tips-tips yang mungkin penting diperhatikan oleh Anda yang menjadi orang tua baru. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, jangan ragu untuk share ke orang tua baru yang lain ya!

Tinggalkan Balasan