Cara Menggoreng yang Tidak Boros Minyak

Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan konsumen minyak goreng terbanyak di dunia. Selain berpotensi menimbulkan limbah minyak yang sangat banyak, penggunaan minyak yang tinggi juga berisiko bagi kesehatan masyarakat. Saat ini, sebenarnya minyak goreng sudah bisa dikurangi penggunaannya. Ada teknik dan peralatan khusus yang dapat menggantikan fungsi dari minyak. Supaya kamu tidak boros minyak di rumah, yuk simak tips berikut ini:

Tips Agar Minyak Goreng Bekas Tidak Cepat Keruh

Pada dasarnya, minyak goreng bisa digunakan lebih dari sekali. Akan tetapi, minyak goreng bekas perlu dirawat agar tidak berubah warna, keruh, dan berbau tengik. Kamu tidak mau kan makananmu menjadi cepat gosong atau berbau tidak sedap gara-gara kamu menggorengnya dengan minyak bekas yang tidak layak pakai?

Untuk itu, berikut tips-tips yang bisa digunakan untuk membuat minyak bekas jernih dan tidak bau tengik:

Cara Bijak untuk Mengurangi Limbah Minyak

Warga Indonesia sangatlah senang dengan makanan yang digoreng. Tempe goreng, tempura, dan ayam goreng crispy adalah sebagian contoh makanan favorit di Indonesia. Karena makanan-makanan ini digoreng, tentunya membutuhkan bahan untuk menggoreng, yakni minyak goreng.

Berdasarkan Katadata.co.id Indonesia menjadi negara dengan konsumsi minyak goreng sawit terbesar, yakni mencapai 13.110 ribu metrik ton pada 2019. Padahal, negara kedua tertinggi dalam menggunakan minyak kelapa sawit hanya membutuhkan 3.100 ribu metrik ton di tahun yang sama. Tingginya konsumsi akan minyak kelapa sawit tentunya berdampak pada banyaknya limbah minyak yang dihasilkan. Baca Selengkapnya

Tips Memasak Ayam Goreng Crispy Anti Gagal!

Kamu pecinta ayam goreng tepung crispy? Maka kamu tidak sendiri! Sejak ayam goreng renyah ini dipopulerkan oleh salah satu perusahaan makanan cepat saji internasional, masyarakat dunia jadi menggemari menu satu ini. Hal ini membuat menu ayam goreng crispy dijual di mana-mana dengan berbagai varian, seperti ayam goreng crispy yang digeprek dengan sambal, ayam goreng dengan tepung pedas, dan ayam goreng crispy yang diberi saus teriyaki.

Jika kamu ada stock ayam di rumah, alangkah baiknya untuk membuat ayam goreng crispy sendiri. Meski bahannya sederhana, tapi tidak semua orang tahu cara mengolahnya sehingga tepungnya bisa bertekstur keriting dan renyah. Untuk itu, simak info dari haibunda.com berikut ini agar ayam goreng crispymu tidak gagal: Baca Selengkapnya

Begini Caranya Memasak Telur yang Sehat

Telur merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein. Telur juga sangat mudah dimasak dalam berbagai cara, sekaligus digabungkan dengan makanan bergizi tinggi lainnya. Meski telur mentah banyak dipercaya untuk diet otot, ternyata telur lebih aman ketika dimasak terlebih dahulu. Memasak telur sama artinya dengan membunuh bakteri berbahaya yang mungkin masih terkandung di dalam telur. 

Begini Tips-Tips Merawat Koper Supaya Awet

Masa pandemi membuat kita menjadi tidak pernah bepergian ke luar rumah jika tidak benar-benar penting. Bahkan saat liburan tanggal merah masyarakat tetap dianjurkan untuk tetap tinggal di rumah untuk mencegah penyebaran COVID-19. Akibatnya, barang-barang yang sering kita gunakan ketika bepergian menjadai terbengkalai begitu saja, salah satunya adalah koper. 

Cara Jaga Porsi Gizi Makanan Selama WFH Ala Kemenkes

Selama masa pandemi COVID-19, tetap berada di rumah adalah hal yang terpenting. Meski demikian, kita juga perlu untuk menjaga gizi seimbang guna mengoptimalkan kinerja sistem daya tahan tubuh. Asupan gizi seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral merupakan menu harian yang perlu dipenuhi.

Yuk simak makanan apa saja yang dibutuhkan untuk memenuhi gizi kita selama masa pandemi. Daftar ini dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia loh, jadi wajib untuk dicoba.

  Baca Selengkapnya

Pertolongan Pertama Saat Diare Menyerang

Musim hujan rawan menimbulkan masalah pada sistem pencernaan, apalagi kalau kita sembarangan mengonsumsi makanan. Faktanya, musim hujan menyebabkan cuaca menjadi dingin dan membuat kita menjadi lebih cepat lapar, sehingga kita seringkali tidak mengatur dan menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh dan berpotensi menimbulkan diare. 

Tips Sehat Makan Makanan Kaleng Selama PSBB

Di tengah kondisi pandemi COVID-19, Pemerintah mengimbau kita untuk berada di rumah saja. Tentunya, untuk bisa bertahan di rumah kita perlu memasok bahan pangan yang awet seperti makanan kaleng, sehingga kita tidak sering-sering ke luar untuk berbelanja.

Dengan di rumah saja kita jadi terhindar virus. Akan tetapi, apakah tubuh kita akan baik-baik saja jika terus-menerus mengonsumsi makanan yang dikemas dalam kaleng? Berikut tips sehat menyantap makanan kaleng menurut artikel dari Tirto.id:

  • Utamakan Membeli Sayur dan Buah

Meski banyak sekali produk makanan kaleng yang dijual, tapi alangkah baiknya untuk memprioritaskan produk sayur dan buah saja yang dibeli. Sayur dan buah kaleng atau beku dinilai masih lebih sehat daripada makanan kemasan lain yang banyak mengandung zat tambahan. Sayur dan buah kaleng juga bisa disimpan dalam freezer dan bisa bertahan hingga dua bulan. Baca Selengkapnya

Menyantap Tanpa Kalap! Ikuti Tips Kontrol Porsi Makan Berikut

Makanan favorit tiap orang memanglah berbeda-beda. Tapi ada satu kesamaan kalau bicara soal makanan favorit, yakni sulit untuk menahan porsi makan. Sebagai contoh, sebagai seorang yang sangat doyan makan pizza pasti akan sulit menahan godaan bila ditawarkan satu loyang pizza besar dengan ekstra keju dan daging.

Padahal, aktivitas makan yang berlebih bisa berbahaya bagi kesehatan dan dompet. Selain biaya rumah sakit mahal jika kita mengalami penyakit akibat kebanyakan makan, kita juga perlu secara berkala membeli pakaian dan celana dengan ukuran yang lebih besar. Baca Selengkapnya