Ini Dia Resep Rendang Kambing Empuk

resep rendang kambing

Titipku.com – Namanya rendang pasti identik dengan masakan Padang, benar? Nama rendang ini memang populer dari Sumatera Barat. Rendang sendiri memiliki berabgai jenis yang ditilik dari bahan dasar yang digunakan. Untuk menikmati rendang, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang bisa dibuat dengan bahan seperti telut atau renang telur, rendang daging sapi, serta resep rendang yang dibuat dari bahan dasar daging kambing atau rendang kambing.

Ternyata rendang kambing memiliki tekstur yang lebih empuk dan agak alot. Pasalnya dari cara pengolahannya yakni direbus ingga daging benar-benar empuk dan lembut. Barulah empuk dan lembut yang baru disaji sebagai rendang. Baca Selengkapnya

Perbandingan Apel Merah dan Apel Hijau, Mana yang Lebih Sehat Nih?

perbedaan apel merah dan apel hijau, apel merah dan apel hijau, apel merah vs apel hijau, bedanya apel merah dan apel hijau, beda apel merah dan hijau

Titipku.com – Buah apel tidak asing ditemukan di seluruh belahan dunia. Ada lebih kurang 7.500 jeniis apel lho! Nah mungkin tidak asing juga nih dengan apel yang kamu temui. Yap ada apel merah dan apel hijau. Rasa dari keduanya juga berbeda. Apel merah lebih manis, semetara apel hijau memiliki kombinasi rasa manis dan asam. Selain itu, perbedaan cita rasa apel merah dan apel hijau. Apakah ada perbedaan kandungan nutrisi apel merah dan apel hijau? Yuk simak perbandingan apel merah dan apel hijau berikut ini. Baca Selengkapnya

Resep Gulai Kambing Spesial Pake Banget!

resep gulai kambing, resep gule kambing, tips gulai kambing, tips membuat gulai kambing

Titipku – Yang doyan kambing pasti bakalan ngiler banget sama resep gulai kambing berikut ini. Apalagi kalau kamu bingung bagaimana mengolah kambing yang kamu dapatkan dari pembagian idul Adha. Nah daripada tersimpan dikulkas atau bosan dibikin sate kambing melulu, mendingan coba kamu bisa bikin gulai kambing spesial berikut ini.

Untuk 8 orang

Cara Membuat Gulai Kambing Sedap dan Wangi

  • 500 gram daging kambing, 500 gram iga kambing, potong
  • 2 liter air
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 tangkai serai, memarkan
  • 1 lembar daun kunyit, ikat
  • 2 lembar daun salam
  • 2 liter santan (1 butir kelapa), 1 liter kental, 1 liter encer
  • 2 butir sdm minyak untuk menumis
  • 5 sendok makan kecap pedas
  • Bawang merah goreng secukupnya untuk penyajian

Bumbu yang Haluskan

  • 2cm jahe
  • 4 siung bawang putih
  • ½ sdt teh lada
  • 2 sendok garam
  • 8 butir bawang merah
  • 12 buah cabe merah keriting
  • 4 cm kunyit
  • 5 butir kemiri
  • ½ sendok the ketumbar
  • 2 butir cengkeh, sangria
  • 3 butir pekak, sangria
  • 3 butir kapulaga, sangria
  • 2 cm kayu manis, sangrai
  • 2 sendok the gula pasir

Cara Memasak Gulai Kambing

Pertama, mula rebus daging dan iga kambing hingga ½ lunak. Lalu tumis bumbu halus, serai, daun kunyit, daun salam, daun jeruk, sampai matang dan harum.

Selanjutnya, masukkan bumbu ke dalam rebuan daging dan iga kambing, tambahka santan encer, masak sampai lunak. Kemudian tambahkan santan kental, aduk agar santan tidak pecah, boleh diicip untuk rasanya. Jika dirasa sudah mantap, angkat dan sajikan dengan kecap manis epdas gurih dan bawnag merah goreng. Baca Selengkapnya

Resep Sate Klathak Khas Jogja

sate klathak pak pong jogja

Titipku.com – Sate di Indonesia tak hanya sate Madura atau sate Padang saja lho! Sate ini adalah kuliner lezat yang berasal dari Jogja. Nama klathak sendiri diambil dari suara klatak-klatak, ddaging kambing mua yang terbakar. Begitu terkenalnya sate dengan resep sate klatak khas Jogja ini hingga banyak pengunjung dari luar kota untuk sekedar mencicipinya.

Nah kalau kamu jauh dari Jogja dan ingin merasakan sate ini, jangan khawatir kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep sate klathak khas Jogja berikut ini. Baca Selengkapnya

Resep Kambing Bakar Mathbi, Masakan Khas Pekalongan

Titipku.com – Lebaran Idul Adha sebentar lagi nih! Wahhh siap-siap cari menu selain untuk di sate dong ya. Ada dua opsi kedapatan daging kambing atau kedapatan daging sapi. Yang dapat daging kambing kamu gak perlu risau lho! Kamu bisa nih gunakan resep kambing bakar Mathbi, masakan khas pekalongan berikut ini. Wiiihh asli bikin ngiler.

Untuk 4 porsi

Bahan:

2 buah paha kambing

500 ml air

Haluskan:

  • 10 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 1 sdt ketumbar
  • Garam secukupnya

Oleskan:

  • 75 ml minyak zaitun
  • 50 ml margarin cair
  • 75 ml madu

Saus Kecap:

  • 300 ml kecap manis
  • 15 butir bawang merah, iris kasar
  • 25 gram cabai rawit hijau, iris kasar
  • 150 gram tomat, potong kasar
  • 1 butir jeruk nipis, ambil airnya.

Cara Membuat Kambing Bakar Mathbi

  1. Rebus paha kambing, kemudian masukkan bumbu halus, masak dengan api sedang hngga daging empuk.
  2. Dinginkan daging paha kemudian oleskan dengan miyak zaitun, margarin, serta madu.
  3. Bakar daging lalu olesi daging sesering mungkin agar tidak kering saat dibakar. Terakhir angat kambing,
  4. Hindangkan kambing bersama saus kecap yang telah disediakan.

Baca Resep Lainnya:

  1. Resep Tempe Mendoan Purwokerto
  2. Resep Tahu Gejrot Khas Cirebon

Yuk Beli Bahan Kambing Bakar Ini dari Pasar

Kamu bisa beli bahan-bahan untuk masak kambing bakar mathbi, masakan khas pekalongan ini melalui Titipku! Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa. Baca Selengkapnya

Resep Tahu Gejrot Khas Cirebon

resep tahu gejrot khas cirebon

Titipku.com – Saudara dari tempe, yang biasa dikenal dengan nama tahu ini tidak kalah diidolakan oleh para pecinta kuliner. Dari jenisnya, tahu sendiri memiliki beberapa jenis, ada tahu putih, tahu cina, tahu kuning, tahu goreng, tahu sumedang sampai tahu bulat. 😀 Selain istilah tahu-tahu tadi, ada juga penamaan kuliner tahu yang sensasional pada citarasanya, yakni tahu gejrot!

Bagi yang sudah pernah makan tahu gejrot pasti tidak asing dong. Nah bagi yang belum pernah, kamu juga tak perlu jauh ke Cirebon. Karena kamu bisa bikin sendiri dengan resep tahu gejrot berikut ini di rumah. Baca Selengkapnya

Manfaat Daun Seledri Tak Hanya Sebagai Penyedap Masakan

manfaat daun seledri bagi kesehatan

Titipku.com – Kawan di daun bawang ini memang sering dijadikan bumbu masakan. Sejarahnya tanaman ini diperkenalkan oleh Belanda dan memiliki nama latin Apium Graveolens. Seledri adalah tanaman kecil dengan tinggi yang tak lebih dari 1 meter. Dengan ciri-ciri bang cukup pendek, buah kecil dengan warna coklat. Sementara daunnya bertangkai pendek dan tersusun gemuk.

Di Eropa, pemanfaatan seledri hampir digunakan di seluruh bagiannya, mulai dari umbi, buah, tangkai dan daunnya. Namun di Indonesia sendiri, yang sering digunakan adalah daunnya. Nah tahu nggak sih bahwa selain untuk masakan, seledri ini bisa dikonsumsi sebagai obat yang sangat baik bagi kesehatan. Apa saja manfaat daun seledri untuk kesehatan tersebut? Cek nih, barangkali ada yang memiliki riwayat penyakit berikut. Baca Selengkapnya

Awas Nagih! Resep Tempe Mendoan Purwokerto

tempe mendoan khas purwokerto, tempe mendoan, resep tempe mendoan, cara bikin tempe mendoan purowkerto

Titipku.com – Siapa tak demen yang namanya tempe? Siapa juga yang tak demen yang namanya gorengan? Hmmm kriuk gegorengan itu emang selalu ngangengin. Apalagi gorengan tempe berselimut tepung seperti Tempe Mendoan Purwokerto!

Kata mendo sendiri adalah bahasa asli Purwokerto yang artinya lembek. Jadi maksudnya mendoan adalah tempe goreng setengah matang. Jadi sebenarnya sedikit kurang tepat kalau bikin mendoan tapi dengan yang crispy. Tapi balik lagi, namanya juga kreativtias. Yakan??

Tempe mendoan susah buat move on. Entah mungkin dari cita rasanya yang gurih dan lezat. tidak sedikit juga yang menjadikan gorengan ini sebagai makanan favorit. Apakah kamu juga memfavoritkannya? Ngaku hayooo. Nah kamu bisa coba nih resep tempe Mendoan khas Puwokerto di rumah! Baca Selengkapnya

Resep Oseng Tempe Telur Puyuh

Resep Oseng Tempe Telur Puyuh Titipku

Titipku.com – Tempe lagi tempe lagi tiap hari. 😀 Tapi gak pernah bikin bosen ya! Si tempe ini memang selalu menjadi menu makanan favorit masyarakat Indonesia. lebih umumnya untuk gorengan. Akan tetapi tips berikut ini akan menjadikan masakan tempemu lebih berkreasi. Yuk intip resep oseng tempe telur puyuh berikut ini. 🙂

Bahan:

Ohiya, sebelum kamu mengeksekusi semua bahannya, pastikan dulu kamu sudah lengkapi bahan-bahan segar berikut ini. Kalau tidak sempat beli, kamu bisa titip beli dari pasar melalui Titipku. Baca Selengkapnya

Resep Telur Berbumbu, Masakan Khas Aceh

telur berbumbu, cara masak telur berbumbu, telur berbumbu khas Aceh

Titipku.com – Salah satu resep telur yang menjadi rekomendasi masyarakat nusantara ini berasal dari Aceh. Sajian telurnya bukan dari telur ayam lho! Tapi telur bebek. Namun jangan khawatir pada bau amis yang akan menyengat yah! Meski pakai telur bebek, telur berbumbu ini tidak akan berbau amis kok. Yuk tengok resep telur berbumbu berikut ini.

Bahan

Sebelum kamu mengeksekusi bahannya, pastikan kamu melengkapi bumbu-bumbu berikut ini. Kalau kamu ingin membelinya, kamu bisa menghubungi Titipku!

  • 6 butir telur bebek
  • ½ butir kelapa, parut
  • 8 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya, iris halus
  • 3 batang serai, iris halus bagian putihnya
  • 2 butir jeruk lima ambil airnya
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus

Haluskan juga bumbu-bumbu berikut ini, ya! Bisa dipesan melalui Titipku! 😀 Baca Selengkapnya