Brokoli Vs Kembang Kol, Serupa Tapi Tak Sama

beda kol dan brokoli, pasar, pasar di jogja, pasar tradisional, pasar jogja, pasar murah jogja,

Titipku.com – Layaknya anak kembarpun, serupa tapi tak sama. Seperti brokoli dan kembang kol. Ada yang pernah ketuker nggak sih antara Brokoli dan Kembang Kol? Simak perbedaan brokoli dan kembang kol berikut ini.

Brokoli (Brassica oleracea var italica) dan kembang kol (Brassica Oleracea var botrytis) merupakan tanaman sayur-mayur yang tergolong dalam suku kubis-kubisan (Brassicaceae). Bagian yang dikonsumsi dari kedua tanaman ini adalah kepala bunganya.

Bentuk bunga brokoli dan bunga kembang kol tersusun rapat menyerupai cabang pohon yang ditopang tangkai bunga yang cukup tebal. Sebagian besar bagian kepala bunga tersebut diselimuti oleh dedaunan tanaman. Menariknya dari warna bunga brokoli dan kembang kol tidaklah sama. Brokoli berwarna hijau, kembang kol berwarna putih. Baca Selengkapnya

Resep Bacem Ayam Sederhana

resep ayam bacem sederhana, resep bacem ayam sederhana, titipku

Titipku.com – Cari resep bacem ayam sederhana? Ini dia nih perlu kamu coba resep bacem ayam sederhana namun tetap istimewa. Kreasi masak ayam memang tiada matinya ya. Ada yang dibikin ayam lada hitam, rolade ayam dan lainnya termasuk dibikin bacem ayam simpel seperti ini. Tengok resep bacem ayam sederhana yuk, scroll down!

Untuk 8 porsi

Bahan

  • 1 ekor ayam, dipotong 8 bagian
  • 150 ml air kelapa
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 2 sendok makan minyak goreng

Bumbu Halus

  • 2 buah cabai merah
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 50 gram gula merah
  • 2 sendok teh garam

Cara Membuat Bacem Ayam

  • Tumis bumbu halus sampai harum
  • Masukkan daun salam dan lengkuas. Aduk rata
  • Masukkan ayam aduk hingga berubah warna. Tuangkan air kelapa. Tambahkan air asam Jawa masak lagi hingga mengental
  • Goreng ayam sampai kering

Yuk Beli Bahan-Bahan Resep Bacem Ayam Sederhana  dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba resep bacem ayam sederhana ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya

Resep Rolade Ayam, Nikmatnya Gak Bisa Bikin Diam!

resep rolade ayam, resep rolade ayam enak, rolade ayam mudah, resep rolade ayam simpel, resep rolade ayam sederhana, titipku

Titipku.com – Resep Rolade Ayam kali ini Titipku lansir dari buku Resep Aneka Tumpeng dan Kreasinya lho. Siapa suka makan ayam? Siapa juga nih yang suka makan rolade? Nah kalau rolade ayam, suka aja apa suka banget? Buat menikmati rolade ayam kamu juga gak perlu jajan keluar lho, kamu bisa bikin sendiri di rumah dengan resep rolade ayam berikut ini.

Untuk 6-8 porsi

Bahan Dadar

  • 100 gram tepung terigu
  • 225 ml air
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 25 gram margarin, dilelehkan
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan Isi

  • 250 gram ayam giling
  • 150 gram daging sapi giling
  • 2 sendok makan tepung roti
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 1 butir bawang bombay cincang, tumis

Bahan Paniran

  • 100 gram tepung roti
  • 1 butir telur, dikocok lepas

Cara Membuat Rolade Ayam

  • Aduk bahan dadar kemudian buat dadar wajan anti lengket, sisihkan
  • Aduk bahan isi hingga rata
  • Ambil selembar kulit dadar, oleskan bahan isi lalu ratakan
  • Gulung, tutup dengan alumunium foil
  • Kukus hingga matang
  • Celupkan ke dalam telur kemudian gulingkan di atas tepung roti. Goreng hingga kecokelatan

Yuk Beli Bahan-Bahan Resep Rolade Ayam dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba Resep Rolade Ayam ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya

Resep Ayam Bakar Kecap Super Mantap

resep ayam bakar kecap, cara membuat ayam bakar kecap, cara bikin ayam bakar kecap, ayam bakar kecap cara membuat, ayam bakar kecap resep, ayam bakar kecap enak,

Titipku.com – Habis Idul Adha mungkin pada bosan dengan menu daging-daging yang mengantri di kulkas bukan? Sampai habis sehabisnya baru berganti menu. Nah kalau menu dagingmu sudah selesai, kamu bisa juga berganti menu dengan menu ayam, yakni dengan resep ayam bakar kecap berikut ini.

Untuk 8 porsi

Bahan:

  • 1 ekor ayam dibagi 4 bagian
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan air asam Jawa
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 100 ml air
  • 2 sendok makan minyak goreng

Bumbu Halus

  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 3 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 50 gram gula merah
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Ayam Bakar Kecap

  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam lalu diamkan selama 15 menit. Angkat kemudian bilas sampai bersih.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan daun salam dan serai sambil diaduk sampai harum.
  3. Masukkan ayam, aduk hingga beruba warna.
  4. Tuang air dan air asam Jawa. Masak lagi hingga bumbu meresap. Angkat
  5. Bakar ayam di atas bara api hingga harum.

Yuk Beli Bahan-Bahan Ayam Bakar Kecap dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba resep resep ayam bakar kecap ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya

Resep Sup Asam Pedas Makaroni Yummy Sekali!

resep sup asam makaroni spesial

Titipku.com – Dingin-dingin laper? Mau yang panas tapi cuaca tidak mendukung? Tenang… tenang… siapkan diri untuk mengeksekusi bahan-bahan yang ada di dapurmu untuk membuat Sup Asam Pedas Makaroni. Resep turun temurun ini memang simpel dan bisa dinikmati kapan saja, paling cocok kalau lagi dingin-dingin gitu kan. 😀 Nah daripada kelamaan, mending langsung intip resepnya saja.

Bahan:

  • 500 gram tomat, rebus sampai layu
  • 1/2 sendok makan saus cabe
  • 1 sendok teh cabe merah bubuk
  • 3 siung bawang putih haluskan
  • 2 iris tipis jahe
  • 200 gram wortel potong dadu kecil
  • 3 buah jagung manis, sisir
  • 100 gram kacang polong
  • 3 buah sosis ayam, potong bulat
  • 50 gram makaroni, rebus hingga matang, tiriskan
  • 750 cc air kaldu ayam
  • 650 cc air rebusan tomat
  • garam dan merica bubuk, secukupnya

Cara Membuat Sup Asam Pedas Makaroni

  • Rebus kaldu bersama air rebusan tomat, tomat saring hingga mendidih. Tambahkan saus cabe, cabe bubuk, bawang putih, garam, merica, dan jahe.
  • Masukkan wortel, jagung manis, dan juga sosis ayam. Masak sampai mendidih.
  • Sebelum diangkat, masukkan makaroni dan kacang polong. Angkat dan segera sajikan selagi panas.

Yuk Beli Bahan-Bahan Sup Asam Pedas Makaroni dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba resep Sup Asam Pedas Makaroni ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya

Resep Sayap Pentul (Drum Stick) Enak dan Unik!

resep ayam pentul, resep sayap pentul titipku

Titipku.com – Kalau sudah ayam, mau setiap hari kayaknya gak masalah ya? Asal tidak ayam goreng melulu! 😀 Nah bagian ayam yang paling kamu suka kira-kira apa nih? Paha, Dada, atau Sayap? Nah kali ini Ntip mau berbagi resep yang dikutip dari Aneka Tumpeng dan Kreasinya ini. Nah langsung aja scroll down resep sayap pentul enak dan unik ini.

Porsi untuk 10 orang (jika setiap orang satu sayap)

Bahan:

  • 10 buah sayap ayam

Bahan Bacem (Perendam)

  • 5 siung bawang putih, dicincang halus
  • 5 sendok makan kecap inggris
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat Sayap Pentul

  • Potong tiap persendian sayap ayam
  • Ambil bagian tengah sayap kemudian sayat tulang menuju ke sendi besar
  • Lepasan tulang yang kecil lalu balik kulit membungkus ayam
  • Ambil daging ayam dari bagian sayap yang tidak terpakai
  • Rendam daging ayam bersama sayap ayam dalam bumbu perendam selama 30-60 menit
  • Masukkan ayam dalam kantung kulitya
  • Jahit kalau perlu
  • Goreng sampai kecokelatan dan kering
  • Sayap Pentul siap disajikan

Yuk Beli Bahan-Bahan Resep Sayap Pentul dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba resep sayap pentul atau ayam pentul ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya

Resep Daging Asam, Masakan Khas Jakarta

resep daging asam, cara bikin daging asam, cara buat daging asam, resep mudah daging asam, masakan khas jakarta, makanan khas jakarta, tips mudah bikin daging asam

Titipku.com – Bosan dengan menu ayam? Sesekali boleh dong coba makan daging sapi dengan menu di bawah ini. Yap Resep Daging Asam, Masakan Khas Jakarta namanya. Daging asam menjadi salah satu menu andalan orang Betawi nih. Hayooo kamu sudah pernah coba? Kalau belum, cobain yuk. Cekidot.

Untuk 4 orang

Bahan:

  • 1/2 kg daging sapi bagian paha
  • 1 sendok teh asam
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1/4 sendok teh lada bubuk
  • 150 ml santan
  • 1 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 1 sdm bawang goreng

Bumbu yang Dihaluskan

  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Daging Asam

  • Rebus daging ke dalam wajan hingga empuk, angkat kemudian potong-potong kira-kira 20 bagian
  • Pukul-pukul atau memarkan potongan daging sampai seratnya sedikit terputus
  • Panaskan minyak goreng ke dalam wajan, tumis bumbu halus, tambahkan asam, gula merah dan masak hingga bumbu harum dan matang
  • Tuang santan, masukkan daging ke dalam wajan kemudian masak hingga daging empuk dan kuah mengering dan angkat.
  • Goreng daging berbumbu ke dalam wajan sampai agak kering kecokelatan, dan angkat. Sajikan dengan taburan bawang goreng

Baca Lagi Resep Menarik Lainnya:

  1. Resep Daging Masak Rempah
  2. Resep Daging Layu Rica-Rica, Masakan Khas Subang
  3. Resep Nasi Gandul, Masakan Khas Pati Juwana
  4. Resep Daging Masak Rempah

Yuk Beli Bahan-Bahan Resep Daging Asam, Masakan Khas Jakarta dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba Resep Daging Asam, Masakan Khas Jakarta ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya

Iga Panggang Bumbu Bali, Masakan Khas Bali

Titipku.com – Kuta, Bedugul, itu destinasi wisata favorit Bali. Nah kalau Mebase, Bebek Betutu, Sate Lilit, dan Iga Panggang, barulah masakan khas Bali. Ingin coba masakan khas Bali dari rumah? Bisa dong! Kamu tak perlu jauh-jauh kok ke Bali hanya untuk mencecapi masakan-masakan favorit Bali ini. Yuk, cek resep iga panggang bumbu Bali, masakan Khas Bali.

Untuk 3 porsi

Bahan:

  • 250 gram iga sapi
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 2 buah tomat merah, belah 4
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1/2 buah kaldu bubuk
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas jari lengkuas, memarkan

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • 2 butir kemiri, sangrai
  • 4 buah cabai merah kriting, rebus
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Iga Panggang Bumbu Bali

  • Potong-potong iga menurut sendinya.
  • Didihkan 750 ml air dan rebus iga setengah matang. Tiriskan, sisihkan.
  • Panaskan minyak ke dalam wajan, tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas sampai harum dan layu.
  • Masukkan iga, tomat, kecap manis, kaldu blok, dan air kaldu rebusan sampai iga terendam.
  • Masak sampai iga empuk dan kuah mengering. Sesekali diaduk agar bumbu rata, lalu angkat.
  • Panggang Iga di dalam wajan sampai kecokelatan. Angkat dan sajikan.

Baca Lagi Resep Menarik Lainnya:

  1. Resep Daging Masak Rempah
  2. Resep Daging Layu Rica-Rica, Masakan Khas Subang
  3. Resep Nasi Gandul, Masakan Khas Pati Juwana

Yuk Beli Bahan-Bahan Iga Panggang Bumbu Bali dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba resep Iga Panggang Bumbu Bali ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya

Resep Daging Masak Rempah Bisa Dibuat Di Rumah

daging masak rempah

Titipku.com – Masih belum bosan kan menulusuri ide masak daging sapi? Kali ini Titipku akan berbagi resep yang dikutip dari buku Aneka Tumpeng dan Kreasinya yakni Resep Daging Masak Rempah. Daging dengan tekstur empuk dan bumbu yang luget, selalu memberikan sensasi makan tersendiri bukan? Yuk scroll down.

Untuk 6 porsi

Bahan:

  • 300 gram daging sapi, dipotong 5 x 5 cm
  • 400 ml santan (1/4 butir kelapa)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, dimemarkan

Bumbu Halus:

  • 3 buah cabai merah
  • 1/4 sendok teh merica
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1/4 sendok teh jintan
  • 3 butir kemiri
  • 2 cm lengkuas
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok teh terasi
  • 2 sendok teh garam
  • 30 gram gula merah

Cara Membuat Daging Masak Rempah

  • Rebus santan dan bumbu halus sambil diaduk
  • Masukkan daun salam, serai kemudian didihkan sembari diaduk. Tambahkan daging.
  • Masak sampai daging empuk dan kuah mengental

Baca Ide Resep Daging Lainnya:

  1. Resep Daging Layu Rica-Rica, Masakan Khas Subang
  2. Resep Nasi Gandul, Masakan Khas Pati Juwana
  3. Resep Empal Gentong, Masakan Khas Cirebon

Belanja Apa Saja Dari Pasar, yuk!

Buat kamu yang ingin belanja kebutuhan pasar, dan mencoba resep daging masak rempah ini, bumbu-bumbu dan bahannya bisa kamu titip di Titipku! 🙂

Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa. Baca Selengkapnya

Selain Menyehatkan, Begini Manfaat Jahe yang Tak Terduga

manfaat jahe, manfaat jahe untuk kesehatan, manfaat jahe untuk kecantikan, manfaat jahe untuk masker wajah, jahe untuk masker, khasiat jahe, khasiat jahe untuk kecantikan, khasiat jahe untuk kesehatan

Titipku.com – Jahe adalah salah satu tanaman rempah dengan banyak fungsi. Salah satunya adalah untuk menghangatkan tubuh. Namun tidak hanya untuk menghangatkan badan lho, rempah satu ini juga mempunyai khasiat untuk kulit wajah. Simak manfaat jahe untuk kesehatan berikut ini.

7 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Kulit Wajah

Meskipun memiliki kandungan antioksidan dan antiseptic yang baik untuk kulit wajah, namun jahe memiliki sifat kerass yang bisa membuat kulit wajah memanas. Oleh karena itu kamu yang memiliki kulit sensitif, lebih baik hindari pemakaian jahe untuk kulit wajah ya 🙂 Baca Selengkapnya