Gimana Sih Bedanya Ikan Laut dan Ikan Air Tawar?

ikan air tawar dan ikan air laut

Titipku.com – Suka makan ikan? Suka aja atau suka banget? Kalau boleh Ntip tahu nih, jenis ikan apa sih yang lebih sering diolah? Nah kalian pasti merasakan mengolah daging ikan memang gampang-gampang susah, terutama menghilangkan bau amis, duri, juga membersihkan sisik. Hal ini juga sangat perlu dilakukan agar ikan yang akan diolah menjadi semakin nikmat!

Ohya kalian juga pasti tahu kan bahwa ikan mempunyai dua jenis yaitu ikan laut dan ikan air tawar. Ikan gurame, ikan mas, lele, serta nila adalah jenis ikan air tawar. Sementara itu kakap, bawal, tuna, salmon, tongkol, tenggiri dan kerapu adalah jenis ikan laut (ikan asin). Bagaimana sih perbedaan ikan laut dan ikan air tawar? Cekidot. Baca Selengkapnya

Ternyata Begini Fakta Air Lemon yang Orang Sangka Membuat Maag

manfaat lemon, manfaat air lemon, khasiat air lemon

Titipku.com  – Kamu punya maag (gastritis)? Hmmm pasti sangat tersiksa kalau si dia sudah kambuh. Beruntungnya, gastritis atau sakit maag adalah penyakit yang bisa disembuhkan dengan penanganan yang tepat. Biasanya bagi pemilik penyakit maag sangat dianjurkan untuk jaga pola makan seimbang daan menghindari jenis makanan dan minuman khusus seperti makanan dan minuman yang bersifat asam seperti lemon.

Akhir-akhir ini penelitian menyangkal pendapat tersebut dengan menguak fakta bahwa jenis asam tertentu malah justru membantu lambung mengalmi peradangan supaya lebih cepat pulih kembali. Lemon yang semula dianggap sebagai musuh bagi lambung yang sedang bermasalah justru jadi solusi aman. Baca Selengkapnya

8 Cara Ampuh Agar Pare Tidak Pahit

cara agar pare tidak pahit

Titipku.com – Ngga doyan makan pare karena rasanya yang pahit? Sebentar, mungkin kamu belum bisa menghilangkan pahit pada pare tersebut deh! Karena si pahit yang banyak khasiatnya ini, bisa menjadi lauk sayur yang enak tanpa ada rasa pahit yang menyisa. Gimana caranya? Simak tips menghilangkan pahit pada pare berikut ini.

Cara Memilih Pare

Sebelum kamu mengetahui cara menghilangkan rasa pahitnya, kamu bisa memulai mengenali dari pemilihan pare itu sendiri. Karena mengolah sayur pare agar tidak pahit diawali dari pemilihan bahannya. Baca Selengkapnya

Brokoli Vs Kembang Kol, Serupa Tapi Tak Sama

beda kol dan brokoli, pasar, pasar di jogja, pasar tradisional, pasar jogja, pasar murah jogja,

Titipku.com – Layaknya anak kembarpun, serupa tapi tak sama. Seperti brokoli dan kembang kol. Ada yang pernah ketuker nggak sih antara Brokoli dan Kembang Kol? Simak perbedaan brokoli dan kembang kol berikut ini.

Brokoli (Brassica oleracea var italica) dan kembang kol (Brassica Oleracea var botrytis) merupakan tanaman sayur-mayur yang tergolong dalam suku kubis-kubisan (Brassicaceae). Bagian yang dikonsumsi dari kedua tanaman ini adalah kepala bunganya.

Bentuk bunga brokoli dan bunga kembang kol tersusun rapat menyerupai cabang pohon yang ditopang tangkai bunga yang cukup tebal. Sebagian besar bagian kepala bunga tersebut diselimuti oleh dedaunan tanaman. Menariknya dari warna bunga brokoli dan kembang kol tidaklah sama. Brokoli berwarna hijau, kembang kol berwarna putih. Baca Selengkapnya

Resep Bacem Ayam Sederhana

resep ayam bacem sederhana, resep bacem ayam sederhana, titipku

Titipku.com – Cari resep bacem ayam sederhana? Ini dia nih perlu kamu coba resep bacem ayam sederhana namun tetap istimewa. Kreasi masak ayam memang tiada matinya ya. Ada yang dibikin ayam lada hitam, rolade ayam dan lainnya termasuk dibikin bacem ayam simpel seperti ini. Tengok resep bacem ayam sederhana yuk, scroll down!

Untuk 8 porsi

Bahan

  • 1 ekor ayam, dipotong 8 bagian
  • 150 ml air kelapa
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 2 sendok makan minyak goreng

Bumbu Halus

  • 2 buah cabai merah
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 50 gram gula merah
  • 2 sendok teh garam

Cara Membuat Bacem Ayam

  • Tumis bumbu halus sampai harum
  • Masukkan daun salam dan lengkuas. Aduk rata
  • Masukkan ayam aduk hingga berubah warna. Tuangkan air kelapa. Tambahkan air asam Jawa masak lagi hingga mengental
  • Goreng ayam sampai kering

Yuk Beli Bahan-Bahan Resep Bacem Ayam Sederhana  dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba resep bacem ayam sederhana ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya

Resep Rolade Ayam, Nikmatnya Gak Bisa Bikin Diam!

resep rolade ayam, resep rolade ayam enak, rolade ayam mudah, resep rolade ayam simpel, resep rolade ayam sederhana, titipku

Titipku.com – Resep Rolade Ayam kali ini Titipku lansir dari buku Resep Aneka Tumpeng dan Kreasinya lho. Siapa suka makan ayam? Siapa juga nih yang suka makan rolade? Nah kalau rolade ayam, suka aja apa suka banget? Buat menikmati rolade ayam kamu juga gak perlu jajan keluar lho, kamu bisa bikin sendiri di rumah dengan resep rolade ayam berikut ini.

Untuk 6-8 porsi

Bahan Dadar

  • 100 gram tepung terigu
  • 225 ml air
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 25 gram margarin, dilelehkan
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan Isi

  • 250 gram ayam giling
  • 150 gram daging sapi giling
  • 2 sendok makan tepung roti
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 1 butir bawang bombay cincang, tumis

Bahan Paniran

  • 100 gram tepung roti
  • 1 butir telur, dikocok lepas

Cara Membuat Rolade Ayam

  • Aduk bahan dadar kemudian buat dadar wajan anti lengket, sisihkan
  • Aduk bahan isi hingga rata
  • Ambil selembar kulit dadar, oleskan bahan isi lalu ratakan
  • Gulung, tutup dengan alumunium foil
  • Kukus hingga matang
  • Celupkan ke dalam telur kemudian gulingkan di atas tepung roti. Goreng hingga kecokelatan

Yuk Beli Bahan-Bahan Resep Rolade Ayam dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba Resep Rolade Ayam ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya

Resep Ayam Bakar Kecap Super Mantap

resep ayam bakar kecap, cara membuat ayam bakar kecap, cara bikin ayam bakar kecap, ayam bakar kecap cara membuat, ayam bakar kecap resep, ayam bakar kecap enak,

Titipku.com – Habis Idul Adha mungkin pada bosan dengan menu daging-daging yang mengantri di kulkas bukan? Sampai habis sehabisnya baru berganti menu. Nah kalau menu dagingmu sudah selesai, kamu bisa juga berganti menu dengan menu ayam, yakni dengan resep ayam bakar kecap berikut ini.

Untuk 8 porsi

Bahan:

  • 1 ekor ayam dibagi 4 bagian
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sendok teh garam
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan air asam Jawa
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 100 ml air
  • 2 sendok makan minyak goreng

Bumbu Halus

  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 3 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 50 gram gula merah
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Ayam Bakar Kecap

  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam lalu diamkan selama 15 menit. Angkat kemudian bilas sampai bersih.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan daun salam dan serai sambil diaduk sampai harum.
  3. Masukkan ayam, aduk hingga beruba warna.
  4. Tuang air dan air asam Jawa. Masak lagi hingga bumbu meresap. Angkat
  5. Bakar ayam di atas bara api hingga harum.

Yuk Beli Bahan-Bahan Ayam Bakar Kecap dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba resep resep ayam bakar kecap ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya

Resep Sup Asam Pedas Makaroni Yummy Sekali!

resep sup asam makaroni spesial

Titipku.com – Dingin-dingin laper? Mau yang panas tapi cuaca tidak mendukung? Tenang… tenang… siapkan diri untuk mengeksekusi bahan-bahan yang ada di dapurmu untuk membuat Sup Asam Pedas Makaroni. Resep turun temurun ini memang simpel dan bisa dinikmati kapan saja, paling cocok kalau lagi dingin-dingin gitu kan. 😀 Nah daripada kelamaan, mending langsung intip resepnya saja.

Bahan:

  • 500 gram tomat, rebus sampai layu
  • 1/2 sendok makan saus cabe
  • 1 sendok teh cabe merah bubuk
  • 3 siung bawang putih haluskan
  • 2 iris tipis jahe
  • 200 gram wortel potong dadu kecil
  • 3 buah jagung manis, sisir
  • 100 gram kacang polong
  • 3 buah sosis ayam, potong bulat
  • 50 gram makaroni, rebus hingga matang, tiriskan
  • 750 cc air kaldu ayam
  • 650 cc air rebusan tomat
  • garam dan merica bubuk, secukupnya

Cara Membuat Sup Asam Pedas Makaroni

  • Rebus kaldu bersama air rebusan tomat, tomat saring hingga mendidih. Tambahkan saus cabe, cabe bubuk, bawang putih, garam, merica, dan jahe.
  • Masukkan wortel, jagung manis, dan juga sosis ayam. Masak sampai mendidih.
  • Sebelum diangkat, masukkan makaroni dan kacang polong. Angkat dan segera sajikan selagi panas.

Yuk Beli Bahan-Bahan Sup Asam Pedas Makaroni dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba resep Sup Asam Pedas Makaroni ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya

Resep Sayap Pentul (Drum Stick) Enak dan Unik!

resep ayam pentul, resep sayap pentul titipku

Titipku.com – Kalau sudah ayam, mau setiap hari kayaknya gak masalah ya? Asal tidak ayam goreng melulu! 😀 Nah bagian ayam yang paling kamu suka kira-kira apa nih? Paha, Dada, atau Sayap? Nah kali ini Ntip mau berbagi resep yang dikutip dari Aneka Tumpeng dan Kreasinya ini. Nah langsung aja scroll down resep sayap pentul enak dan unik ini.

Porsi untuk 10 orang (jika setiap orang satu sayap)

Bahan:

  • 10 buah sayap ayam

Bahan Bacem (Perendam)

  • 5 siung bawang putih, dicincang halus
  • 5 sendok makan kecap inggris
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat Sayap Pentul

  • Potong tiap persendian sayap ayam
  • Ambil bagian tengah sayap kemudian sayat tulang menuju ke sendi besar
  • Lepasan tulang yang kecil lalu balik kulit membungkus ayam
  • Ambil daging ayam dari bagian sayap yang tidak terpakai
  • Rendam daging ayam bersama sayap ayam dalam bumbu perendam selama 30-60 menit
  • Masukkan ayam dalam kantung kulitya
  • Jahit kalau perlu
  • Goreng sampai kecokelatan dan kering
  • Sayap Pentul siap disajikan

Yuk Beli Bahan-Bahan Resep Sayap Pentul dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba resep sayap pentul atau ayam pentul ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya

Resep Daging Asam, Masakan Khas Jakarta

resep daging asam, cara bikin daging asam, cara buat daging asam, resep mudah daging asam, masakan khas jakarta, makanan khas jakarta, tips mudah bikin daging asam

Titipku.com – Bosan dengan menu ayam? Sesekali boleh dong coba makan daging sapi dengan menu di bawah ini. Yap Resep Daging Asam, Masakan Khas Jakarta namanya. Daging asam menjadi salah satu menu andalan orang Betawi nih. Hayooo kamu sudah pernah coba? Kalau belum, cobain yuk. Cekidot.

Untuk 4 orang

Bahan:

  • 1/2 kg daging sapi bagian paha
  • 1 sendok teh asam
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1/4 sendok teh lada bubuk
  • 150 ml santan
  • 1 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 1 sdm bawang goreng

Bumbu yang Dihaluskan

  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Daging Asam

  • Rebus daging ke dalam wajan hingga empuk, angkat kemudian potong-potong kira-kira 20 bagian
  • Pukul-pukul atau memarkan potongan daging sampai seratnya sedikit terputus
  • Panaskan minyak goreng ke dalam wajan, tumis bumbu halus, tambahkan asam, gula merah dan masak hingga bumbu harum dan matang
  • Tuang santan, masukkan daging ke dalam wajan kemudian masak hingga daging empuk dan kuah mengering dan angkat.
  • Goreng daging berbumbu ke dalam wajan sampai agak kering kecokelatan, dan angkat. Sajikan dengan taburan bawang goreng

Baca Lagi Resep Menarik Lainnya:

  1. Resep Daging Masak Rempah
  2. Resep Daging Layu Rica-Rica, Masakan Khas Subang
  3. Resep Nasi Gandul, Masakan Khas Pati Juwana
  4. Resep Daging Masak Rempah

Yuk Beli Bahan-Bahan Resep Daging Asam, Masakan Khas Jakarta dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba Resep Daging Asam, Masakan Khas Jakarta ini lho. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂 Baca Selengkapnya