Titipku Dukung G2R (Global Gotong Royong) Tetrapreneur Desa Girirejo dan Wukirsari

global gotong royong, g2r, global gotong royong tetrapreneur, g2r tetrapreneur,

Titipku – Bersama Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Setda DIY, Global Gotong Royong (G2R), Inovasi Gerakan Desa dengan model Tetrapreneur diselenggarakan dengan beberapa mitra G2R Tetrapreneur dan salah satunya adalah Titipku.

Kepala Biro Bina Masyarakat (Bermas), Dr. R.A Arida Oetami, M.Kes Plh, mengatakan G2R Tetrapreneur ini didesain oleh Bappeda DIY bersama Rika Fatimah P.L, S.T, M.Sc. Ph.D, dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

global gotong royong, g2r, global gotong royong tetrapreneur, g2r tetrapreneur,
Tim Titipku di Desa Wukirsari dan Girirejo

Dari desain tersebut kemudian dipilihlah dua desa dari pilot gerakan ini yakni Desa Wukirsari dan Desa Girirejo yang mana keduanya bergerak bersama dengan Bermas.

Optimalkan Potensi Desa

G2R Tetrapreneur memiliki empat pilar antara lain Tetra 1 (rantai), Tetra 2 (pasar), Tetra 3 (kualitas) dan Tetra 4 (merek wirausaha). Saat ini, pilar yang tercapai memasuki Tetra 2 yaitu pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) dan dua liputan media lokal.

global gotong royong, g2r, global gotong royong tetrapreneur, g2r tetrapreneur,
Beberapa Produk dari desa pilot G2R

Adapun program lain yang dilaksanakan diantaranya ada kegiatan pelatihan baik softskill maupun hardskill.

Rika menjelaskan “G2R Tetrapreneur bukan sekedar konsep, tetapi juga meningkatkan potensi desa dan human capital yang dapat secara mandiri dan berwibawa untuk kesejahteraan bersama.”

Lanjut, Rika juga menambahkan G2R Tetrapreneur ini sudah melakukan berbagai pencapaian, diantaranya menemukan desa pelopor, mendapat legitimasi dari Gubernur DIY, ekspose dan peluncuran produk, beberapa produk BUMDes telah lolos kurasi di Bandara YIA serta menjadi program utama yang didanai oleh Dana Istimewa.

global gotong royong, g2r, global gotong royong tetrapreneur, g2r tetrapreneur,
Bersama Ibu Lurah Girirejo, Dwi Yuli Purwanti,SH

Titipku sebagai salah satu mitra resmi dari penandatanganan MoU antara G2R Tetrapreneur dan 20 mitra yang hadir (Juli, 2019) berkomitmen untuk turut serta membantu memajukan UMKM di Desa Wukirsari dan Girirejo sebagai mitra dalam bidang pemasaran online.

Harapannya masuknya UMKM desa pilot G2R di platform digital, Titipku, produknya semakin eksis dan dapat dipasarkan secara luas.

Saat ini, produk hasil tangan warga desa pilot Global Gotong Royong (G2R) Tetrapreneur yaitu desa Wukirsari dan Girirejo sudah tersedia di aplikasi Titipku dan produknya sudah dapat dibeli oleh seluruh pengguna aplikasi Titipku!

Ayo dukung terus UMKM sekitar dengan membantunya masuk online melalui aplikasi Titipku!

Sumber: kagama.co

Tonton Video Lengkap Titipku ke Desa Wukirsari dan Girirejo

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan