Ini Dia Tradisi Malam Takbiran di Indonesia

Titipku.com – Pada hari Raya Idul Fitri, yang namanya takbiran adalah kegiatan yang tak bisa terlepaskan. Takbiran dilakukan seusai terbenamnya matahari di akhir bulan Ramadhan. Takbiran atau malam hari raya diramaikan dengan takbir yang menggema di seluruh dunia. Nah kegiatan apa sajakah yang biasanya dilakukan saat malam takbiran? Kamu yang muslim, pasti sering melakukannya.

Takbir Keliling Atau Ikut Lomba Takbiran

tradisi malam takbiran titipku

Biasanya para warga yang didominasi anak-anak kecil semangat melakukan takbir keliling. Mereka berbekal alat-alat musik yang dipukul misalnya kentongan, bedug, serta rebana untuk menambah keramaian. Lalu mereka akan naik truk atau kendaraan terbuka sambil membawa obor dan mengumandangkan takbir dengan kencangnya. Pemandangan seperti ini biasa dijumpai di kampung-kampung yang warganya hidup rukun.

Bergantian Takbiran di Masjid Terdekat

Bapak-bapak akan sibuk mengumandangkan takbir di dalam masjid. Takbir akan berkumandang semalam suntuk hingga pagi saat shalat idul fitri. Bapak-bapak ini akan bergantian mengumandangkan takbir tanpa henti untuk menghidupkan suasana malam lebaran.

Zakat Fitrah di Masjid Terdekat

Gambar terkait

Menjelang lebaran yang hanya hitungan jam, maka ada banyak orang yang berbondong menyampaikan zakat wajibnya. Selain sebagaiKamu bisa bergabung dengan pengurus yang biasanya dibentuk oleh takmir masjid.

Membuat Kue Atau Masak Opor

Untuk para kaum perempuan, para lelaki sibuk dengan takbiran. Nah kalian bisa membuat kue untuk jamuan di hari lebaran. Atau bisa juga menyelesaikan pembuatan makan besar untuk esok hari.

Belanja

 

Karena lebaran juga identik dengan yang baru, maka pada saat malam takbiran biasanya warga memburu pusat perbelanjaan untuk memperbarui segala perlengakapan yang berkaitan dengan hari raya. Misalnya saja baju dan celana, tidak lupa pula toples lebaran, dan perlengkapan lainnya. Sebegitu istimewanya lebaran maka tradisi untuk tampil dengan pakaian yang serba baru sebagai simbol membuka lembaran serta harapan baru.

Nah demikian kegiatan yang biasa dilakukan pada saat malam takbiran. Tradisi malam takbiran di Indonesia selalu meriah dan penuh makna. Kalau kamu yang muslim, bagaimana tradisi malam takbiran di wilayahmu? Boleh sharing lho! 🙂

Sumber: prelo.co.id

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan