Punya Darah Tinggi? Turunkan dengan Makan Buah Ini

Apakah kamu memiliki atau mengalami gejala darah tinggi? Hipertensi atau darah tinggi memang membutuhkan penanganan yang menyeluruh, termasuk pengaturan pola makan. Jika tidak, hipertensi ini akan merembet menjadi banyak penyakit yang berbahaya. Salah satu makanan yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi adalah buah. Ada beberapa buah yang memang berkhasiat menurunkan tekanan darah. Dilansir dari Alodokter.com, berikut deretan buahnya.

 

  • Semangka

Semangka merupakan salah satu buah yang dianjurkan untuk pengidap tekanan darah tinggi. Suplemen ekstrak semangka dapat membantu penderita obesitas untuk mengontrol tekanan darahnya. Hal ini dikarenakan buah semangka mengandung citrulline, yaitu asam amino yang dapat meningkatkan kadar nitrogen oksida dalam tubuh, sehingga membantu melebarkan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah lebar, maka aliran darah lebih lancar dan tekanan darah akan menurun.

Baca Juga: Telur Puyuh Memicu Kolesterol dan Darah Tinggi, Mitos atau Fakta?

 

  • Strawberry atau Blueberry

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi satu mangkuk buah strawberrry atau blueberry setiap minggu dapat mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi. Buah strawberry kaya dengan antosianin yang selain berfungsi memberikan warna pada buah, diyakini juga memiliki sifat antioksidan yang baik untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Naga untuk Penderita Darah Rendah

 

  • Anggur

Selain mengandung serat dan rendah kalori, semua jenis anggur dikenal kaya akan polifenol, yaitu antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Berkat polifenol tersebut, buah anggur diyakini mampu membantu mencegah sindrom metabolik, yang salah satunya adalah tekanan darah tinggi.

 

  • Pisang

Kandungan kalium pada buah pisang memiliki manfaat untuk menyeimbangkan jumlah natrium atau garam di dalam tubuh. Dengan demikian, tekanan darah dapat terkontrol.

 

  • Kiwi

Dengan mengonsumsi tiga buah kiwi setiap hari selama dua bulan dapat mengurangi tekanan darah, loh. Hal ini dikarenakan buah kiwi yang memiliki nutrisi yang kaya dan lengkap, seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan kalium. Tidak hanya itu, buah kiwi juga kaya akan kandungan serat, antioksidan, serta bioaktif yang turut berperan menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

 

 

Kamu perlu membeli buah-buah di atas ini? Beli saja di Titipku! Belanjanya cukup dilakukan #DariRumah. Menarik banget kan? Yuk download aplikasi Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan