Tubuh Jadi Langsing Gegara Sawi Putih? Ini Dia Salah Satu dari 10 Manfaat Sawi Putih

manfaat sawi putih

Titipku.com – Tubuh langsing menjadi salah satu estetika seorang wanita yang menjadi gaungan wanita manapun tak terkecuali, dan mungkin bagi kamu juga yang sedang membaca artikel ini.

Demi mendapat predikat “kamu langsingan, ya!” dan kalimat sanjungan lainnya tidak sedikit berbaga macam cara dilakukan hanya demi mendapat predikat tersebut.

Tapi bukankah itu sifat alami seorang wanta? Namun sayang, untuk mendapat tubuh yang langsing ini banyak yang melakukan dengan “jalan pintas” yang bisa membahayakan diri sendiri seperti operasi, minum obat pelangsing, dan sebagainya.

Sebenarnya solusi terbaik untuk kamu yang ingin melakukan diet adalah “back to nature”. Mungkin cara ini memberi kesan lambat, namun efek sampingnya sedikit lho. bahkan, pola hiidup seperti ini sangat disarankan oleh para ahli.

Na ini adalah alasan artikel 10 manfaat sawi putih ini bisa kamu simak. Namun ingatlah, efek tubuh menjadi langsing karena sawi putih merupakan salah satu dari 10 manfaat sawi putih.

Sawi putih termasuk dalam family kol atau kubis. Tumbuhan ini mempunyai ciri daun mulus, berkerut-kerut, tidak berbulu, berebntuk krop bulat, bulat memanjang atau variasi bentuk lainya yang umpunya kompak atau padat.

Lalu apa sajakah 10 manfaat sawi putih bagi kesehatan itu? Scroll down!

manfaat sawi putih
Instagram via @armithaap

Pencegah Kanker

Penyakit yang mematikan manusia ini semakin eksis berkembang di era modern. Kamu pasti tak menginginkan penyakit ini muncul bukan?

Kalau kata Park dan Pezzuto yang sudah lakukan studi menyebut, konsumsi sayuran keluarga kubis itu bisa menurunkan resiko jenis kanker seperti kanker payudara, prostat, ginjal, kolon, kandung kemih, serta paru-paru. Ternyata ini terjadi karena kandungan indol dan isotiosianat yang mampu mereduksi potensi kanker. Hmmm masih belum doyan makan sawi?

Obat Penenang dan Stress

Fakta berikutnya ini menurut kalian fakta apa hoax? Ada beberapa sumber yang menyebut bahwa sawi putih selain membuat tubuh langsing juga bisa menjadi obat penenang dan stress. Selengkapnya di www.faktaherbal.com!

Hal ini terjadi karena secara tidak langsung merupakan manfaat turunan sebagai oabt tidur dan juga mengurangi kemungkinan penyakit jantung dan insomnia. Bahkan sawi ini bisa juga lho dijadikan sebagai obat tidur. Bisa nih kalau kamu mau cepet bobok 😀

Obat Insomnia

Perlu ditambahkan alasan-alasan medis aar kamu semakin tahu betul alasan ini. ternyata sawi putih ini memiliki kandungan zat kolin. Zat kolin pada sawi putih maupun hijau mempunyai nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membantu lebih tenang dan tidak menjadikanmu terkena penyakit insomnia.

Nah di dalam zat kolin ini juga terdapat suatu zat yang disebut folat. Folat bisa membantu penderita depresi. Depresi dan insomnia disebabkan oleh hal yang sama yakni kelebihan homosistein. Dan ini bisa mengganggu hormone serotonin, dopamine, dan norepinenharine. (Bak anak medis aja sih Ntip :D)

Menjaga Sistem Imun Tubuh

Manfaat lainnyaini sangat luar biasa yakni bisa menjaga sistem kekebalan tubuh yang bisa membentengi diri dari “serangan” luar tubuh dan membahayakan.

Ketika sistem kekebalan tubuh melemah, kemungkinan kamu terkena penyakit akan semakin besat.  Nah disini peran sawi putih dena kadar vitamin C yang tinggi, setara dengan jeruk lho! selain itu, si sawi putih ini bermanfaat juga untuk mempercepat penyembuhan luka, cegah inveksi dan bakteri jahat.

manfaat sawi putih
Instagram via bulandari85

Menurunkan Berat Badan

Tubuh langsing pasti idaman setiap wanita dong. Kok bisa sawi bikin langsing? Jawabanya karena sawi putih ini kaya akan serat. Serat sendiri sangat bermanfaat untuk melancarkan buah air besar. selain itu, kandungan mineralnya juga sangat diperlukan tubuh. Daripada diet ektat, mending perbanyak konsumsi sawi putih yang rendah kalori yakni 25 kkal per 100 gram.

Mengurangi Resiko Jantung

Penyakt jantun menjadi salah satu penyakit yang mematikan juga. Radikal bebas dan pola makan serta zat berbahaya dalam tubuh terkadang tidak bisa terkontrol. Karena sebenarnya kolesterol LDL yang menyebabkan serangan jantung. Maka dari itu, perbanyak konsumis sawi putih tidak menjadi rugi kan?

Anti Aging

Penyebab utama penuaan dini adalah radikal bebas yang terkena dari molekul ganas. Molekul ini bisa menggerogoti sel dalam tubuh dan kemudian menjadi nampak lebih tua dari sebelum waktunya. Nah radikal bebas ini bisa ditangkis dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan. Seperti sawi putih ini.

Menyehatkan Mata

Selama ini, sayuran yang menjadi tagline paling baik untuk mata adalah wortel. Nah sebenarnya bisa juga dengan sawi putih lho! karena dalam diri sawi ini ada vitamin A juga yang sangat menyehatkan mata.

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis bukan suatu penyakit. Akan tetapi sebuah kondisi yang mana kepadatan tulang akan semakin menurun akrena factor usia. Nah si sawi ini juga tinggi kalsium yang bisa memadatkan tulang.

Mencegah Anemia

Anemia juga dikatakan sebagai kurang darah. Pasalnya gejala ini disebabkan asupan zat bsi pada tubuh yang kurang. Dengan demikian menjadikan penderitanya terlihat pucat, lesu, mudah capek, dan kurang bersemangat.

Pada umumnya dokter telah menyarankan untuk perbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi. Seperti salah satunya adalah sawi putih. So, makanan sehat tak harus mahal, mewah dan berkelas. Makanan sehat bisa diperoleh dari bahan yang relative murah dan banyak dijual dipasaran seperti sawi putih ini. 🙂

Titip Beli Apa Saja di Titipku

Sudah tahu kan apa saja manfaat dari sawi putih itu? Nah kamu juga bisa lho pesan produk pasar seperti sawi putih ini dengan order melalui Titipku! 🙂 Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Artikel asli sparklepush.com

 

 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

2 thoughts on “Tubuh Jadi Langsing Gegara Sawi Putih? Ini Dia Salah Satu dari 10 Manfaat Sawi Putih”

Tinggalkan Balasan