10 Tips Bugar Selama Puasa, Nomor 5 Wajib Diperhatikan

Titipku – Satu bulan penuh Ramadhan, seluruh umat muslim di dunia akan menunaikan ibadah puasa. Kebayang ngga sih jika di belahan dunia sana ada yang sampai puasanya 19jam, tapi mereka bisa tetap kuat. Di Indonesia puasa tidak melebihi 14 jam tapi kok banyak yang lemas? Nah bagaimana sih tips bugar selama puasa agar puasa tidak lemas? Berikut 10 tips bugar selama puasa.

1. Niat

Image result for berdoa

Trik bugar selama puasa paling awal adalah niat. Kunci utama adalah niat kuat. Ini juga termasuk rukun puasa yang menentukan ibadah. Maka niatkan dengan kuat agar kamu bisa menjalankan ibada puasa Ramadhan sebaiknya. Jika niat 50%, maka bersiaplah sampai jam 12 akan terasa sangat berat.

2. Merencanakan Jadwal Menu

Selanjutnya kamu juga harus mengatur jadwal menu buka puasa dan menu sahur kamu. Pastikan kamu bisa mendapatkan nutrisi yang tepat selama bulan puasa.

3. Perhatikan Menu Saat Sahur

Instagram via @eatwhattonight

Menu sahur yang berkualitas adalah rahasia selalu bugar dan diet sehat selama bulan puasa. Sahur juga memastikan menu sahut yang kamu konsumsi. Kunci makanan berkualitas adalah mudah dicerna, bukan makanan prosesan yang mengandung pengawet, pastikan pula mengalami proses pemasakan singkat dan tidak berlebih. Tidak usah sahur berlebih, karena pencernaan akan bekerja keras setelah itu lalu kamu menjadi cepat lapar dna lemas karena energi sudah dihabiskan untuk mencerna makanan.

4. Hindari Zat Diuretik

Image result for kopi dan teh

Tips yang kurang asyik untuk kamu penggila teh atau kopi. Namun suoaya ibadah kamu lancar dan menyenangkan maka konsumsi teh dan kopi paling tidak diminalisir. Asalannya karena teh dan kopi mengandung zat dengan sifat diuretik. Ini membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi.

5. Hindari Berbuka Puasa Berlebihan

Related image

Ini dia yang bikin gagal banyak orang berpuasa. Banyak orang seharian berpuasa menjadi kalap dengan memakan banyak sekali jenis makanan. Khususnya makanan rekreasional yang manis-manis, gorengan, es segar, makanan berat dan bersantan. Bukannya tambah sehat namun kondisi tubuh akan lebih cepat letih.

6. Makan Saat Malam?

Related image

Berbuka dengan menu simpel, sehat, dan secukupnya. Misalnya ketika tiba saat berbuka, kamu bisa berbuka dengan kurma dan mengudap salad buah segar. Usai ibadah tarawih kamu bisa melanjutkan makanmu dengan lebih lengkap. Perhatikan menu beruka. Porsi sayuran segar harus cukup banyak daripada karbohidrat dan protein. Apabila memungkinkan kamu juga  bisa mengonsumsi jus sayuran sebagai menu penutup di malam hari 2 jam sebelum tidur.

7. Hindari Minuman Tidak Sehat, Perbanyak Air Putih

tips berbuka puasa yang sehat, buka puasa, investasi saham, jasa titip, jasa titip barang, jasa titip beli, jasa titip beli barang, jasa titip harga, jasa titip indonesia, jasa titip jogja, jasa titip jual, jasa titip jual makanan, jasa titip jual sepatu, jasa titip kue, jasa titip makanan, jasa titip murah, jasa titip oleh-oleh, jasa titip oleh-oleh jogja, jasa titip online, jasa titip semarang, jasa titip terpercaya, jasa titip website, jastip, jastip jogja, jastip solo, open jastip, saham, saham itu apa, titipku, titipku indonesia, titipku jogja, ukm indonesia, ukm jogja, umkm daerah, umkm indonesia, umkm jogja, umkm semarang, voucher saham, voucher saham gratis titipku
Instagram via @gove.id

Puasa selama belasan jam adalah tantangan di negeri tropis seperti Indonesia yakni haus. Maka dari itu perbanyak minum air putih berkualitas agar puasa kamu bisa lebih ringan. Saat sahur, minumlah paling tidak 3 gelas air putih. Saat berbuka utamakan air putih yang hangat ketimbang air es manis apalagi bersantan seperti kolak. Minumlah dalam sehari minimal 8 gelas.

8. Tetap Olahraga

Related image

Siapa bilang berpuasa berarti tidak olaharaga sama sekali? Meski sedang berpuasa, olahraga tetap harus dijalankan. Nah aghar kamu tidak kehabisan energi maka pilih olahrgaa ringan seperti jogging ringan, bersepeda atau yoga atau pilates. Geser waktu olahraga kamu yang tadinya di apgi hari menjadi di sore hari menjelangh berbuka.

9. Hindari Makanan Kurang Sehat

Image result for junk food

Makanan pedas, digoreng, serta junkfood adalah makanan yang sepertinya perlu dihindari agar badan tetap prima. Hindari makan makanan digoreng dan pedas karena bisa menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan. Batasi konsumsi junk food atau makanan rendah nutrisi.

10. Atur Jadwal Tidur

Image result for sleeping

Pastikan kamu bisa mengatur waktu dengan sebaik mungkin hingga kebutuhan waktu untuk beribadah bisa dipenuhi dan kebutuhan beristirahat tidak terganggu. Kebutuhan tidur paling tidak 8 jam sehari. Usahakan sebelum jam 11 malam.

Demikian beberapa tips bugar selama puasa. Nah rahasia tetap bugar selama puasa ini semoga bisa selalu melancarkan agenda puasamu yah!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan