4 Cara Agar Pisang Tidak Cepat Cokelat

tips agar pisang tidak cepat busuk, cara agar pisang tidak cepat cokelat, cara agar pisang tidak cepat terlalu masak

Titipku – Buah yang tumbuh di Indonesia ini berubah menjadi cokelat karena ada banyak pengaruhnya. Saat kamu memotong pisang, oksigen di udara ini mempengaruhi enzim yang ada di dalam pisang. Oleh karena itu, pisang berubah warna menjadi kecokelatan.

Sementara itu, saat kulit psang berubah warna menjadi cokelat, ini terjadi karena pengaruh pigmen kuning pada kulit pisang telah turun dan tidak diganti. Kenali lebih lanjut yuk ilmu di balik penyebab matangnya pisang juga penting, agar kamu bisa tetap menjaga pisang tetap segar, lezat, dan dapat dimakan. Berikut ini 4 cara agar pisang tidak cepat cokelat.

tips agar pisang tidak cepat busuk, cara agar pisang tidak cepat cokelat, cara agar pisang tidak cepat terlalu masak
Instagram via @madamwang_kitchen

Menggunakan Metode Pengawetan Pisang di dalam Kulitnya

Belilah pisang yang mempunyai warna hijau pada bagian ujungnya dan kuning pada bagian tengah

Maksudnya adalah pisang yang masih belum masak. Pastikan pisang tersebut tidak mempunyai bintik cokelat atau bagian yang rusak. Luka/caat serta tusukan membuat pisang terpengaruh oleh udara yang dapat mempercepat proses pematangan.

Kemudian, jangan memilih pisang yang seluruhnya telah berwarna kuning. Pisang masak dengan cpat dan waktu simpanya singkat. Sebab itu, kamu juga perlu lho membeli pisang yang sebagiannya masih hijau jadi bisa memiliki banyak waktu untuk menyimpannya.

Simpanlah Pisang dalam Suhu Kamar Sampai Masak dengan Sendirinya

Hindari membuat pisang terpapar panas akan mempercepat proses pematangannya. Pisang di dalam lemari pendingin sebelum masak sebaiknya jangan dilakukan. Tindakan ini berbahaya dan membuat kulit pisang berubah cokelat lebih cepat. Sebabnya adalah udara dingin yang menyebabkan dinding sel pecah secara premature dan memungkinkan produksi melanin yang mengubah kulit pisang menjadi benar hitam. Ironisnya bagian dalam pisang akan tetap tidak masak karena suhu dingin menghamba proses pematangannya.

Gantunglah Pisang

Cara ini mencegah pisnag terluka dan terpapar udara. Kamu juga bisa menutup batang tandan pisang dengan plastic pembungkus. Cara ini akan membatasi jumlah oksigen yang diterima batang dan dapat menjaga psiang tetap segar selama seminggu.

Jauhkan Pisang dari Buah-buahan dan Juga Sayuran Lainnya

Buah dan sayuran mengeluarkan hormone atau senyawa khusus yang mempercepat proses pematangan. Menyimpan berbagai produk (pertanian) secara bersama-sama dapat mempercepat proses pematangan. Anehnya, pematangan bersifat menular. Tanaman memproduksi hormone yang disebut etilen secara alamiah yang menyebabkan pematangan. Buah-buahan dan sayuran yang sudah berwarna cokelat mengeluarkan etilen lebih banyak dari biasanya. Menyebabkan buah dan sayur segar didekatnya menjadi lebih cepat masak.

Lalu, hindari menyimpan pisang dalam kantong atauu tas tersegel. Penyimpanan demikian menyebabkan pisang berubah cokelat lebih cepat karena hormone etilen terjebak dan tetap berada di sekeliling buah tersebut.

Simpan Pisang dalam Kulkas segera Setelah Masak

Barulah pada proses pematangan dimulai, kamu bisa menundanya dengan mengaplikasikan temperature dingin dari kulkas. Guna menghentikan proses pematangan, kamu perlu menghambat reaksi kimia yang disebabkan etilen. Temperatur dingin menghambat sirkulasi etilen dan menunda bagian dalam pisang menjadi masak.

Tidak perlu khawatir jika kulit pisang telah berubah menjadi hitam. Bagian yang menghitam hanyalah pigmen kulit pisang dan tidak ada korelasinya dengan kesegaran nbuah pisang di dalamnya. Pisang semestinya masih beraroma dan tetap sedikit kuat.

Ayo Beli Pisang dari Pasar!

Demikian tadi 4 cara agar pisang tidak cepat cokelat yang Ntip lansir dari id.wikihow.com. Semoga tips ini bisa bermanfaat ya! Ohya, kalau mau belanja pesannya di Titipku aja ya! 🙂 Banyak promonya lho…

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan