5 Alasan Mengapa Kamu Harus Pilih Aksesoris Handmade!

Outfit setiap harimu mungkin tidak lengkap tanpa kehadiran aksesoris seperti gelang, kalung, tas, dan lain-lain. Aksesoris yang digunakan untuk melengkapi penampilan dapat menambah kepercayaan diri, memberi kesan yang berbeda dan tidak polos, menaikkan gengsi misalnya dengan penggunaan aksesoris dari emas atau perak, serta menutupi kekurangan misal dengan penggunaan scarf. Selain itu penggunaan aksesoris juga dapat menekankan kesan yang ingin kamu tonjolkan dari penampilanmu, seperti kesan macho dengan memakai jam tangan, atau kesan feminim dengan pemakaian anting-anting. Pemilihan aksesoris dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Aksesoris handmade merupakan salah satu pilihan jenis aksesoris yang dapat kamu pilih untuk penampilanmu. Aksesoris handmade merupakan aksesoris yang dibuat dengan tangan secara langsung dan tidak menggunakan mesin. Mengapa harus pilih aksesoris handmade? Berikut beberapa alasan mengapa kamu harus pilih aksesoris handmade.

1. Kualitasnya Lebih Baik

Karena harus dibuat dalam jumlah banyak (dan kadang dalam waktu singkat), produk biasa yang diproduksi secara masif harus mengorbankan berbagai kualitas produknya. Kekurangan dalam segi kualitas inilah yang tidak akan kamu temukan di produk handmade. Ketika akan dibuat, sebuah produk handmade umumnya dirancang dengan sangat hati-hati dan penuh pertimbangan, sehingga tiap desain akhir yang diperoleh dari sebuah produk handmade biasanya berbeda dan spesial satu sama lain. Selain itu, produksinya juga menggunakan bahan terbaik agar kualitas dan daya tahannya bisa dijamin. Terakhir, tiap produknya dibuat satu per satu langsung oleh tangan sang pengrajin yang sudah ahli dan berpengalaman secara presisi dan hati-hati. Memang, dibandingkan dengan produk biasa, produk handmade hanya diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas. Tapi itu dilakukan demi mencapai kualitas produk yang terbaik, baik dari segi desain dan hasil akhir.

2. Unik khas, dan susah ditiru

Berbeda dengan produk biasa, karena dibuat langsung dengan tangan, produk handmade biasanya dibuat dan dijual dalam jumlah terbatas. Dan sebanyak-banyaknya produk yang dibuat oleh pengrajin, tiap produknya unik karena berasal dari sentuhan langsung pengrajinnya. Tidak hanya itu, beberapa pengrajin bahkan membuat produk mereka hanya berdasarkan pesanan pembeli dan menerima modifikasi dan sentuhan pribadi untuk pembeli tersebut. Dengan begitu, produk yang kamu pesan dijamin satu-satunya di dunia dan tidak ada tiruannya.

Karena karena tiap produknya unik, produk handmade biasanya memberikan kamu rasa bangga dan memiliki identitas sendiri. Dan karena produknya tahan dalam waktu yang sangat lama, kamu bisa memegang “identitas” tersebut dengan bangga selama bertahun-tahun.

3.  Lebih Murah

Jika dibandingkan dengan bahan biasa, produk handmade umumnya lebih mahal, dan inilah yang biasanya membuat masyarakat awam enggan membeli produk handmade. Tapi, harga mahal tersebut bukan tanpa alasan. Karena dibuat satu per satu langsung oleh tangan pengrajin secara teliti menggunakan bahan-bahan terbaik dan desain yang sudah dipertimbangkan dengan hati-hati, produk-produk handmade biasanya awet dan tahan lama hingga bertahun-tahun. Jadi, sekali membeli produk handmade, kamu mungkin tidak perlu lagi membeli produk yang baru dalam waktu dekat.

Memang kamu harus membayar harga yang cukup mahal di muka. Tapi, jika dengan harga itu kamu bisa menggunakan produk tersebut hingga 10 tahun atau lebih, harga tersebut pada akhirnya setimpal, dan bahkan mungkin lebih murah daripada harus membeli produk biasa dengan harga yang lebih murah tapi harus menggantinya tiap satu atau dua tahun. Jadi, ya, memang produk handmade lebih mahal, tapi kamu mendapatkan hal yang setimpal dengan harga tersebut.

4. Menojolkan Kesan Vintage dan Tradisional

Pemakaian Aksesoris dapat menekankan kesan kepada orang lain yang melihatmu. Penggunaan aksesoris handmade yang lokal dapat menekankan kesan vintage dan tradisional dalam diri kamu. Aksesoris handmade kental dengan tema rajutan, kain tradisional seperti tenun atau batik, serta dibuat dari bahan-bahan yang unik misalnya kain bekas, kulit, dll. Jadi tidak salah bila kamu menggunakan aksesoris handmade sebagai pelengkap penampilan vintage mu! Aksesoris handmade cocok dipadukan dengan baju polos dan tidak terlalu banyak motif. Selain itu juga simple bila digunakan sehari-hari.

5. Membantu UKM Lokal

Pengrajin aksesoris handmade umumnya berskala lokal dan berbentuk UKM. Dengan menjadikan aksesoris vintage sebagai pilihanmu, maka kamu sekaligus membantu mengembangkan usaha mereka.

 

Dimana kamu bisa menemukan produk aksesoris handmade berkualitas? www.titipku.com tempatnya! www.titipku.com merupakan media transaksi online yg membantu para user dalam melakukan aktivitas jual beli produk UKM melalui mekanisme titip promo, titip jual, titip beli, titip antri diantara para user. Dengan download aplikasi Titipku kamu dapat menemukan pilihan aksesoris handmade berkualitas sekaligus membantu UKM lokal ☺

 

Sumber : https://qlapa.com/blog/kelebihan-produk-handmade

3 thoughts on “5 Alasan Mengapa Kamu Harus Pilih Aksesoris Handmade!”

Tinggalkan Balasan