5 Bahan Dapur yang Bisa Jadi Pewarna Hijau Alami

pewarna hijau alami, bahan dapur, warna hijau alami, warna hijau, hijau alami, bayam, matcha, pandan, suji,

pewarna hijau alami, bahan dapur, warna hijau alami, warna hijau, hijau alami, bayam, matcha, pandan, suji,

Salah satu cara untuk membuat suatu hidangan (khususnya kue) tampak lebih menarik adalah dengan memberi warna. Di toko-toko, banyak pewarna hijau untuk makanan yang ditawarkan dengan berbagai ragam warna dan harga. Namun, kebanyakan di antaranya adalah pewarna sintetis atau buatan. Padahal, pewarna hijau alami juga bisa dibuat sendiri dari rumah loh.

Nggak percaya? Simak nih 5 bahan dapur yang bisa dijadikan pewarna hijau alami.

 

  • Pandan

Pandan merupakan salah satu tanaman yang biasa digunakan untuk menambah aroma masakan supaya makin wangi. Nah, ciri khusus yang terletak pada tumbuhan ini adalah bentuknya yang memanjang. Selain itu, pandan terkenal karena bisa membuat warna hijau alami yang cantik. Anda bisa menjadikan pandan sebagai pewarna alami dengan cara menghaluskan beberapa lembar tanaman tersebut bersama air, menggunakan blender ataupun food processor.

  • Bayam

Sayur ekonomis dengan sejuta manfaat satu ini tidak kalah multifungsi. Bayam dapat diproses menjadi pewarna alami pada makanan dan menghasilkan hijau yang bagus setelah sayur ini melewati proses penghancuran memakai blender atau alat-alat sejenis.

  • Matcha

Matcha adalah sebutan bagi suatu bubuk yang diolah menggunakan bahan baku berupa daun teh hijau. Di samping memberikan rasa yang khas, bubuk matcha juga kerap dipakai sebagai pewarna dalam aneka kudapan, baik itu berupa kue bolu, kukis, sampai aneka krim yang menghiasi makanan tertentu.

  • Daun Suji

Daun suji bisa menjadi pewarna hijau alami yang lebih pekat dibandingkan pandan. Selain itu, tanaman ini dikenal tidak berbau, sehingga fungsi utamanya memang diperuntukan dalam memberi warna saja. Untuk menjadikannya pewarna, daun suji cukup dihaluskan dengan blender atau food processor.

  • Spirulina

Spirulina adalah ekstrak dari ganggang laut. Jika Anda cukup update terhadap tren kecantikan, nama spirulina belakangan hits sebagai masker wajah. Namun jauh sebelum terkenal karena dipakai untuk bahan perawatan, spirulina sebetulnya berguna pula dalam dunia masak. Terdapat spirulina bubuk khusus makanan yang kerap digunakan untuk suplemen pewarna alami.

*****

Jika Anda membutuhkan bahan-bahan di atas untuk dijadikan pewarna hijau alami, langsung beli saja di Titipku. Dari pandan hingga matcha, semua ada. Mau? Download aplikasi Titipku di sini!

Tinggalkan Balasan