5 Langkah Mudah Buat Bubur Pakai Rice Cooker

Titipku.com – Bubur ayam menjadi salah satu sajian makanan yang lezat dan cocok dikonsumsi di pagi hari, di waktu hujan, atau di saat sakit. Bubur ayam biasanya diisi dengan suwiran ayam, seledri, bawang goreng, cakue, dan kacang kedelai goreng. Terakhir, bubur ayam disiram kuah kaldu. Kamu juga bisa menambahkan kerupuk untuk menambah kelezatan buburnya.

Di samping rasanya yang lezat, bubur ayam juga mudah dimasak. Cara memasaknya pun bermacam-macam, ada yang menggunakan panci hingga rice cookerNah jika kamu ingin membuat bubur ayam menggunakan rice cooker, yuk ikuti lima langkah mudah ini:

Bahan:

1 cangkir beras
9 cangkir air kaldu ayam

Pelengkap:

Ayam suwir (jumlah sesuai selera)
Seledri
Bawang goreng
Kecap asin
Kecap manis
Kacang kedelai goreng
Cakue

Cara Membuat:
  1. Cuci nasi dalam mangkuk rice cooker lalu tiriskan air berulang kali hingga air mengalir jernih. Kurang lebih proses ini diulang sekitar 3 – 4 kali.
  2. Rasio beras dan air untuk bubur yang sangat kental adalah 1 cangkir beras : 7 cangkir kaldu. Lalu untuk bubur kental adalah 1 cangkir beras : 8 cangkir kaldu. Terakhir, untuk bubur sedang adalah 1 cangkir beras : 9 cangkir kaldu.
  3. Masukkan beras dan air ke rice cooker, tutup. Jika rice cooker Bunda memiliki fitur masak bubur, gunakan itu. Jika tidak, cukup tekan cook dan masak selama satu siklus.
  4. Setelah selesai, buka dan lihat apakah sudah mengental sesuai dengan yang Bunda suka. Jika masih berair, masak lagi.
  5. Jika terlalu kental, Bunda bisa menambahkan lebih banyak air dan aduk. Masak hingga bubur tidak lagi terendam air. Apabila sudah masak, tambahkan pelengkap.

 

Nitipers jangan khawatir jika kehabisan bahan-bahan untuk membuat bubur ayam. Kamu bisa membeli bahan masakan di pasar langgananmu #DariRumah lewat aplikasi Titipku.

Mengingat kita masih dalam masa pandemi COVID-19, alangkah baiknya jika kebutuhanmu dibelanjakan secara online pakai Titipku. Selain produk dan pilihan pedagangnya lengkap, Titipku juga punya banyak promo yang bisa buat belanjaanmu lebih hemat.

Download aplikasi Titipku sekarang juga!

Tinggalkan Balasan