5 Pasar Tradisional Favorit Pengunjung di Indonesia

pasar beringharjo, pasar beringharjo jogja, pasar yang paling sering dikunjungi,

Titipku.com – Manakala liburan di suatu kota, kunjungan ke tempat-tempat menarik tidak hanya datang dari alamnya saja. Kamu bisa juga bisa singgahi pasar tradisional yang mana pasar tradisional juga tidak kalah menjadi lokasi wisata yang menyenangkan. Nah beberapa kota di Indonesia juga punya pasar tradisional favorit pengunjung baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pasar Klewer

pasar klewer solo, pasar yang paling sering dikunjungi
Instagram: @explore.solo

Kunjungan ke Surakarta atau yang lebih beken disapa Solo rasanya tidak puas jika tidak mengunjungi pasar Klewer. Sebuah nama yang unik yang lokasinya bersebelahan dengan Keraton Surakarta. Pasar ini lebih terkenal dengan batiknya, mulai dari daster, blangkon, baju, maupun celana bisa dengan mudah dijumpai di pasar ini dengan harga yang terjangkau.

Pasar Senen

pasar senen, pasar yang paling sering dikunjungi

Tahukah kamu kalau pasar Senen adalah pasar tertua di Ibukota? Pasar ini dibangun pada tahun 1735. Mulanya pasar ini hanya beroperasi pada hari Senin saja. Dan dulu namanya bukan Senen, melainkan Snees. Pasar ini dikenal dengan sentra pakaian bekas, onderdil ekndaraan bermotor, sampai pasar kue yang berlangsung malam hingga subuh.

Pasar Seni Sukawati

pasar seni sukawati bali, pasar yang paling sering dikunjungi,

Untuk kalian yang ingin membeli pakaian dan kerajinan tradisional khas Bali dengan harga yang relatif murah, Pasar Seni Sukawati ini wajib kamu kunjungi. Dinamakan Sukawati tidak lain karena letaknya yang berada di desa Sukawati, kabupaten Gianyar. Apabila kalian ingin mengunjungi pasar ini, maka disarankan untuk datang pada pagi hari. Pasalnya saat pagi hari pasar Seni Sukawati ini masih sangat sepi. Jadi kamu bisa leluasa untuk menjelajah pasar ini.

Pasar Beringharjo

pasar beringharjo, pasar beringharjo jogja, pasar yang paling sering dikunjungi,
Instagram: @hafidhyusril

Masih satu rekan dengan pasar Klewer, Yogyakarta alias Jogja juga mempunyai pasar Beringharjo. Pasar tradisional ini berada di Jalan Malioboro yang merupakan pasar terbesar di kota Jogja. Nama “Beringharjo” sendiri dicetuskan oleh Sultan Hamengku Buwono IX karena kawasan ini dulunya merupakan kawasan hutan beringin. Pasar ini menjual aneka batik, kerajinan juga kuliner khas Jogja seperti gudeg, pecel, gethuk, dan masih banyak lagi.

Pasar Terapung

pasar terapung, pasar tradisional banjarmasin, pasar yang paling sering dikunjungi wisatawan
Instagram via @dunia.jalanjalan

Nah sekarang ke sebrang pulau, khususnya kota Banjarmasin. Kota Banjarmasin ini merupakan kota yang dikenal mempunyai banyak sungai. Salah satunya sungai Kuin. Setiap pagi hari, terdapat aktivitas jual beli antara pedagang dan pembeli yang mana dikenal sebagai pasar Terapung di Sungai Kuin. Banyak wisatawan yang berkunjung ke sungai Kuin hanya untuk menikmati ramainya pasar Terapung yang unik ini. Di pasar ini para pedagang menjajakan dagangannya dengan menggunakan perahu kayu yang disebut ‘Jukung’.

Nah kalau pasar tradisional favorit kamu di mana nih? 🙂

Belanja ke Pasar Tradisional, yuk!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk belanja ke pasar Tradisional. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂

Kalau kamu di Jogja, kamu bisa pilih pasar sesuai kebutuhan kamu dari Titip ke Pasar by Titipku:

Pasar Beringharjo
Pasar Kranggan
Pasar Demangan
Pasar Sambilegi
Pasar Condongcatur
Pasar Prawirotaman, dll

Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

sumber: www.idntimes.com

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan