5 Tips Cuci Tangan untuk Hindari Virus COVID-19

Titipku – Pandemi virus korona atau yang sering disebut sebagai COVID-19 telah merebak di seluruh dunia akhir-akhir ini. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang terkena dampak pandemi COVID-19. Akibatnya pemerintah menetapkan status awas dalam mengadapi COVID-19

Dalam upaya pencegahannya, pemerintah menyarankan beberapa tips kesehatan yang dapat dilakukan untuk meredakan penularan COVID-19. Melalui liputan6.com dalam situasi ini WHO (World Health Organization) memperingatkan masyarakat untuk melakukan tidakan pencegahan korona. Yaitu dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air atau hand sanitizer saat tidak ada air dan sabun. Membersihkan permukaan yang sering tersentuh dengan disinfektan serta melakukan social distancing atau jarak sosial juga sama pentingnya.

Lantas bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar?

Berikut cara nya dilansir melalui www.p2ptm.kemkes.go.id:

  1. Basahi seluruh tangan dengan air bersih mengalir
  2. Gosok sabun ke telapak, punggung tangan dan sela jari
  3. Bersihkan bagian bawah kuku-kuku
  4. Bilas tangan dengan air bersih mengalir
  5. Keringkan tangan dengan handuk/ tisu atau keringkan dengan diangin-anginkan.

Selain itu Kementrian Kesehatan juga mengunggah infografis yang dapat membantu masyarakat memahami dalam mencuci tangan yang baik dan benar, sebagai berikut:

sumber gambar: www.p2ptm.kemkes.go.id

Cara Penularan Covid-19

Dilansir melalui liputan6.com Kirsten Hokeness, profesor dan ketua departemen ilmu pengetahuan dan teknologi di Bryant University dan seorang ahli imunologi, virologi, mikrobiologi dan kesehatan manusia dan penyakit, COVID-19 cara penularan yang paling umum terjadi adalah melalui kontak langsung dengan cairan pernapasan pasien terinfeksi virus korona. Penularan bisa berlangsung saat pasien yang terdampak virus korona batuk atau bersin, lalu virus dan bakteri tersebut dipindahkan dari tangan ke hidung atau mulut orang orang lainnya. Meski begitu, sampai saat ini penelitian mengenai virus korona (COVID-19) masih terus berlanjut.

Untuk terus melakukan pencegahan terhadap virus korona, kamu bisa membeli sabun untuk mencuci tangan  melalui aplikasi Titipku. Dalam aplikasi Titipku terdapat banyak pelaku UMKM yang memproduksi sabun kesehatan.

Salah satu UMKM yang tergabung di Titipku yaitu The Soap Patisserie. The Soap Patisserie menjual handcrafted Natural Soap dan Hand Sanitizer. Semua produknya dibuat menggunakan bahan-bahan yang aman untuk anak-anak sehingga aman untuk kulit. 

Pemesanan

The Soap Patisserie buka mulai 09:00 – 18:00 WIB. Kamu bisa memesan Hand Sanitizer #DariRumah  melalui aplikasi Titipku.

Yuk download aplikasi Titipku melalui Google Playstore di ponsel Androidmu!

Tinggalkan Balasan