6 Tips Sehat Berpuasa Oleh Perhimpunan Dokter Kesehatan Kerja Indonesia (IDKI)

Titipku – Puasa jangan sampai menjadikanmu sakit yah! Kondisi tubuh yang seharian menahan lapar dan haus juga harus tetap dijaga sehatnya. Lalu, bagaimana sih tips sehat berpuasa selama bulan Ramadhan? Berikut ini tips sehat berpuasa dari perhimpunan dokter kesehatan kerja Indonesia (IDKI).

  1. NIAT BERPUASA

β€œNiat” menekan pusat lapar di otak dan mengendalikan peningkatan kadar asam lambung. Sehingga mengurangi sakit maag selama berpuasa. Nah niat itu jangan disepelekan lho! Justru niat ini yang menempati posisi pertama sebagai tips sehat berpuasa.

  1. MAKAN SAHUR

Lakukan dengan niat mendekati waktu berpuasa (imsak, bukan sekedarnya menjelang tidur). Konsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan protein, agar memberikan rasa kenyang lebih lama.

Meski kegiatan ini cukup membuat β€˜malas’ bangun setiap orang, namun inilah asupan makanan yang siap menghadang hari selama berjam-jam lamanya. Kalau di Indonesia puasa kategorinya cukup normal, nah kalau puasa di Eropa? Hmmm yakin nggak makan sahur? Bersiap hadapi puasa selama 19 jam-an lho.

  1. BUKA PUASA

Makanan manis mengandung gula sederhana, sehingga cepat mengembalikan secara instan energy kita yang terkuras seharian. Makanlah secara bertahap, berikan istirahat sejenak pada pencernaan kita di waktu melakukan sholat Maghrib.

Buka puasa bukan berarti siap menyantap segalanya yah! Tubuh juga perlu diberikan jeda. Jangan sampai sholatmu terhalang karena sakit perut atau kurang nyaman akibat kekenyangan berbuka. Hehehe

  1. KONSUMSI CAIRAN

Minumlah cukup cairan seperti air putih, the syrup, kolak, kuah masakan dan lainnya. Aturlah supaya kita mengkonsumsi sedikitnya 5 gelas air putih sebelum waktu imsak tiba.

Poin ini juga sangat penting untuk mengurangi dehidrasi yang mungkin terjadi di dalam tubuh. Jadi jangan perbanyak minum air juga banyak manfaatnya kan?

  1. AKTIVITAS FISIK

Meskipun berpuasa, aktivitas fisik tetap diperlukan untuk melancarkan peredaran darah dan untuk menjaga kebugaran. Lakukan olahraga ringan mendekat waktu berpuka puasa. Eits tapi ingat, hanya aktivitas fisik ringan, bukan olahraga berat yang mendorongmu untuk batal puasa. πŸ˜€

  1. KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT

Hindari makanan yang berbau tidak sedap seperti durian, jengkol, pete, dan lainnya selama berpuasa. Jaga kebersihan mulut dengan menggososk gigi dan obat kumur minimal 2 kali sehari. Tau kan kalau orang berpuasa setiap berbicara bagaimana baunya? Kata orang sih bau mulut orang berpuasa itu bau surga, entah ini mitos apa fakta. πŸ˜€ yang penting ingat kata dokter, jangan malas untuk jaga kebersihan gigi dan mulut.

Nah demikian tadi 6 tips sehat berpuasa ala dokter Indonesia. bagaimana tips berpuasa yang sehat ala kamu? πŸ™‚

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan