Anak Susah Makan Sayur, Begini 7 Cara Agar Anak Doyan Makan Sayur dan Buah

agar anak doyan makan sayur dan buah, tips sehat anak, tips agar anak mau makan buah dan sayur, supaya anak mau makan buah dan sayur

Titipku – Yang punya anak kecil pasti merasakan dan selalu ingin menjaga pola makan si kecil. Apalagi pada masa anak balita. Pada masa ini, anak-anak biasanya lebih tertarik terhadap mainan daripada makanan. Apalagi sayur dan buah. Oleh karena itu, perlu banget kan kiat-kiat tertentu agar anak mau makan sayur dan buah. Nah begini 7 caara agar anak doyan makan sayur dan buah, Moms!

Tips Supaya Anak Mau Makan Sayuran dan Buah-Buahan

1. Berikan Contoh

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Maka, di mulai dari orang tuanya terlebih dahulu. Jika sayur dan buah-buahan tidak ada di dalam menu keseharian di rumah, maka jangan harap deh anak-anak makan apa yang mereka tidak ketahui. Dan pasti mereka akan memakan khusus jika mereka tidak mengenalnya.

2. Buah dan Sayur Itu Menyenangkan

Anak-anak suka bermain dan berandai menjadi sesuatu. Mereka juga suka permainan. Brokoli bisa mengintimidasi seorang anak yang lebih suka makarani atau keju. Tapi jika mereka berpura-pura menjadi seekor dinosaurus yang memakan miniature pohon agar bisa mengejar tyrannosaurus rex, dijamin deh si Kecil dijamin dengan gembira memakan brokoli sebagai miniature pohon.

3. Ajak Anak Terlibat Langsung

Terkadang lebih tertarik dengan konsumsi makanan jika mereka mempersiapkan makanan tersebut. Caranya bisa mencoba membawa si Kecil ke pasar tradisional. Setelah melihat-lihat sayurannya, silahkan berikan kesempatan anak untuk memilih sayur yang dia inginkan. Lalu mengajar untuk menanam sayur-sayuran dan buah-buahan sendiri. setelah itu, bisa ajak si kecil ke daput untuk mempesiapkan masakan. Akan ada rasa bangga dari dirinya setelah bekerja sama dengan ibunya sendiri kan.

Baca Lagi Dong : Nasi Goreng Selimut Bikin Bekal Sekolah Anak Lucu dan Tidak Biasa

4. Jangan Paksa si Kecil Habiskan Makanan

Sesuatu yang salah kaprah yang dilakukan orang tua dengan memaksa si Kecil konsumsi makanan yang ia tidak suka menjadi suka. Paksaan tersebut akan menimbulkan pengalaman negative bagi si kecil. Akibatnya? Ia akan mengaitkan sayuran dan buah-buahan tersebut dengan perasaan negatif dan melekat hingga di kemudian hari.

5. Beri Hadiah untuk Si Kecil

Cara agar anak doyan makan sayur dan buah bisa diterapkan di langkah keenam ini. Anak-anak mana yang tidak suka dengan hadiah? Cobalah dengan memberikan hadiah untuk satu gigitan sayuran dan buah-buahan yang sebelumnya tidak ia suka. Kelak, ia akan menganggap sayuran tersebut adalah makanan yang sehat, dan hadiahnya berkaitan dengan sesuatu yang baik.

6. Berikan Makanan yang Warnanya Beragam

Makanan dengan ragam warna adalah sesuatu yang amat disukai si kecil. Maka coba tambahkan sayuran dengan ragam warna ke piringnya.

7. Bikin Sajian Makanan dalam Bentuk yang Menarik di Piring

Selain berwarna, makanan yang dibentuk-bentuk juga semakin menyenangkan di piring mereka. Biasanya si kecil lebih suka makanan mereka tidak tercampur. Coba bentuk makanan dengan gambar dan wajah tersenyum. Maka si kecil akan lebih menyukainya.

Demikian 7 tips agar si kecil doyan makan sayur dan buah yang dikutip dari www.sahabatnestle.co.id. Semoga bermanfaat ya!

agar anak doyan makan sayur dan buah, tips sehat anak, tips agar anak mau makan buah dan sayur, supaya anak mau makan buah dan sayur
Instagram via @fooditka

Yuk, Titip Sayur dan Buah Segar untuk Si Kecil!

Nah, sekarang sayur dan buah segar dari pasar bisa didapatkan secara mudah hanya dengan pesan melalui Titipku lho! Cukup order sayur dan buah yang diinginkan, lalu biar kami yang mengantar. Yuk, titip beli ke pasar! 🙂

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan