8 Cara Ampuh Agar Pare Tidak Pahit

cara agar pare tidak pahit

Titipku.com – Ngga doyan makan pare karena rasanya yang pahit? Sebentar, mungkin kamu belum bisa menghilangkan pahit pada pare tersebut deh! Karena si pahit yang banyak khasiatnya ini, bisa menjadi lauk sayur yang enak tanpa ada rasa pahit yang menyisa. Gimana caranya? Simak tips menghilangkan pahit pada pare berikut ini.

cara agar pare tidak pahit
Instagram via @papatheodora

Cara Memilih Pare

Sebelum kamu mengetahui cara menghilangkan rasa pahitnya, kamu bisa memulai mengenali dari pemilihan pare itu sendiri. Karena mengolah sayur pare agar tidak pahit diawali dari pemilihan bahannya.

Pilih pare yang berukuran sedang

Semakin besar ukuruan pare, maka semakin pahit pula rasanya. Makanya pilih pare yang berukuran kecil atau sedang saja ya!

Pilih pare yang warnanya hijau tua

Pilihlah pare dengan permukaan kulit berwarna hijau tua. Pare dengan kecenderuan wana muda biasanya sudah hampir matang atau tua. Pare matang memiliki rasa yang lebih getir. Hayooo pintar pilih pare dulu, nanti bisa lah pilih pasangan. 😀

Remas-Remas dengan Garam

Belah pare menjadi dua bagian kemudian buang bijinya yang menempel pada daging buahnya. Selanjutnya iris-iris daging buah pare, kemudian taburi garam. Remas-remas irisan pare hingga layu. Lalu bilas pare dengan air mengalir, tiriskan dan masak sesuai selera.

cara agar pare tidak pahit, cara menghilangkan pahit pada pare, agar pare tidak pahit, tips
Instagram via @dian_erpeni

Remas-remas dengan Gula Pasir

Selain dengan menggunakan garam, gula pasir juga bisa dimanfaatkan untuk menetralkan rasa pahit pada pare. Caranya sama seperti dengan metode sebelumnya. Remas-remas pare yang dibuang biji dan selaputnya, iris tipis lalu remas dengan gula pasir.

Teruskan hingga pare layu. Kemudian bilas pare dengan air mengalir hingga gula hilang. Tiriskan kemudian masak pare sesuai selera.

Rebus dengan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji tidak sekedar menambahkan warna cokelat pekat pada telur rebus. Bisa juga digunakan untuk menyamarkan rasa pahit pada pare. Sepatnya daun jambu akan menetralisir getir pare.

Cukup mudah lho caranya. Tinggal rebus pare yang telah dibuang biji dan selaput putihnya dengan beberapa lembar daun jambu biji hingga 5 menit. Usai waktu perebusan selesai, tiriskan pare dari air rebusan, kemudian bilas dengan air mengalir dan tiriskan kembali.

Rebus dengan Tanah Liat

Perebusan dengan tanah liat biasanya digunakan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Trik yang sama juga diterapkan untuk sayur pare. Kamu mendapatkan tanah liat untuk memasak di pasar tradisional. Ambil sedikit saja lalu rebus bersama pare yang telah dibuang biji dan selaput putihnya.

Setelah 3 menit, tiriskan pare dari air rebusan. Cuci dengan air mengalir, kemudian tiriskan kembali. Pare siap diolah menjadi tumis, siomay, atau masakan lain.

Rebus dengan Cuka

Pickle alias merebus pare seperti acar juga bisa menjadi cara ampuh untuk hilangin rasa pahit. Cara sediakan secangkir cuka putih, tuang dengan 2 sendok amakn garam dan 2 sendok makan gula pasir. Masukkan irisan pare yang sudah bersih dari biji dan selaput putih lalu rebus hingga 2 menit. Tiriskan kemudian cuci pada air mengalir. Dinginkan pare, olah sesuai selera.

Kombinasikan dengan Bahan Makanan yang Cenderung Berasa Asin

Pare yang telah melakukan proses perebusan atau diremas hingga layu akan menjadi lebih enak lagi apabila dimasak dengan bahan makanan yang rasa asinnya kuat. Misalnya saja kecap asin, ikan atau kacang kalengan yang direndam dengan air garam.

Olah dengan Telur Kocok

Tumis pare lalu padukan dengan telur orak-arik yang biasanya mempunyai rasa yang tidak begitu pahit. Telur memang bisa membantu menetralkan rasa yang terlalu tajam. Cocok juga dipadukan dengan pare yang getir.

Nah demikian cara mengolah pare agar tidak pahit atau tidak getir. Terapkan salah satu trik tersebut sebelum mengolah pare ya. Selamat mencoba! 😀

Yuk Beli Bahan-Bahan Masak dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba masak pare dengan tips seperti ini lho. Apalagi kalau kamu kenali manfaat pare yang ternyata menyehatkan ini. Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂

Kalau kamu di Jogja, kamu bisa pilih pasar sesuai kebutuhan kamu dari Titip ke Pasar by Titipku:

Pasar Beringharjo
Pasar Kranggan
Pasar Demangan
Pasar Sambilegi
Pasar Condongcatur
Pasar Prawirotaman, dll

Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan