Perhatikan Ini Agar Kemasan Cocok untuk Bisnis Oleh-oleh

titipku

Titipku.com – Sebagai bagian dari kegiatan pariwisata, tentu oleh-oleh menjadi sesuatu yang tidak boleh terlewatkan oleh wisatawan saat berkunjung ke suatu tempat. Makanya pengemasan menjadi hal yang sangat penting dalam bisnis oleh-oleh untuk menggaet hati para konsumen.

Tidak hanya brand, namun juga produknya harus dibuat unik dan menarik. Akan tetapi justru pelaku usaha kecil dan menengah kerap mengalami kendala di bagian pengemasan. Desain kemasan yang kurang menarik, produk yang juga kurang unik, bahan kemasan yang kurang tepat, juga terbatasnya sumber informasi mengenai kelengkapan legalitas izin usaha menjadi kendala untuk pelaku usaha oleh-oleh.

Penjelasan Kreator Kreavi dan Kontributor Project Tata Rupa Marvin

Dilansir dari TribunJogja.com, Kreator Kreavi dan Kontributor Project Tata Rupa Marvin menyebutkan ada beberapa yang bisa dilakukan pebisnis buah tangan kuliner ini. Ia menjelaskan pelaku industry perlu memperhatikan unsur kemasan oleh-oleh seperti kenyamanan dalam penggunaan, harga murah, serta tahan lama. Desain bisa menjadi komunikasi keunggulan produk dan membuat desain sesuai segmentasi.

Ia juga menjelaskan, tren oleh-oleh kini masih dikuasai oleh pastry dan bakery seperti bolu, brownies, pia serta kue kering. Dilanjutkan oleh Yuni Kuswanti selaku Staf Sub-Directorat Registrasi Pangan Olahan Risiko Tinggi BPOM, dengan pelaku industri pastry dan bakery penting untuk meningkatkan kelengkapan legalitas.

Blue Band Master Oleh-oleh dalam dan tahun program ini berhasil menggaet sejumlah pelaku usaha pastry dan bakery. Hal ini juga menjadi sector  penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB). Paling besar 34,9% sector kuliner meningkat 10% tahun ini dan akan menjadi persaingan sengit pelaku usaha.

Artikel Ini Bersumber dari: http://jogja.tribunnews.com/2018/04/13/agar-kemasan-cocok-untuk-bisnis-oleh-oleh-perhatikan-ini

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan