Aneka Kreasi Kuliner Nusantara Berbahan Santan

Tinggal di Indonesia merupakan sebuah keuntungan tersendiri. Bagaimana tidak, negara kita kaya akan rempah-rempah yang dulu banyak dicari oleh negara-negara lain. Kekayaan rempah ini membuat kita memiliki makanan khas yang kaya akan rasa. Tidak hanya makanan saja, kita juga punya minuman yang terbuat dari bahan-bahan yang tidak biasa digunakan di negara lain lho! 

Salah satu bahan dasar yang sering digunakan untuk Kuliner Nusantara adalah santan. Santan merupakan perasan dari daging buah kelapa yang sudah tua. Daging buah kelapa dicampur dengan sedikit air, diperas, lalu kemudian disaring dan menghasilkan santan atau coconut milk.

Ketika memasak makanan yang memiliki rasa yang kuat dan kental, santan ditambahkan agar masakan menjadi semakin gurih dan nikmat. Masakan dengan rasa yang kuat seperti lodeh, opor, gulai, kari, dan rendang, tidak akan terasa nikmat jika tidak menggunakan santan. 

Rendang.

Sebenarnya, yang membuat makanan menjadi lebih gurih ketika ditambahkan santan adalah kandungan lemak yang cukup tinggi. Santan mengandung tiga nutrisi utama: lemak, protein, dan karbohidrat.

Lemak yang terdapat di dalam santan merupakan lemak jenuh yang berpotensi menyebabkan kolesterol jika dikonsumsi secara berlebihan. Inilah sebabnya kamu sering merasa pusing ketika banyak makan makanan yang bersantan. 

Selain digunakan untuk mengentalkan kuah pada masakan dan memberikan rasa gurih, santan juga biasa digunakan pada kudapan atau jajanan tradisional juga lho! Hal ini dikarenakan santan dapat menggantikan susu. Misalnya saja, serabi Notosuman khas Solo menggunakan santan sebagai bahan dasarnya untuk membuatnya menjadi lebih kenyal dan nikmat. 

Tidak terbatas pada makanan saja, santan juga lazim ditambahkan ke dalam beberapa minuman khas Nusantara. Cendol dan bajigur menambahkan santan sebagai salah satu bahan dasarnya. Cendol biasanya disajikan menggunakan es agar lebih segar, sedangkan bajigur diseduh karena menggunakan jahe untuk menghangatkan tubuh. Es buah yang sering kamu temui di pinggir jalan atau di rumah makan juga memakai santan dalam sajiannya lho!

Es cendol.

Ternyata santan tidak hanya menguatkan rasa tetapi juga dapat memberikan kesegaran dalam minuman ya. Meski sudah banyak yang menjual santan dalam kemasan, rasanya akan lain ketika menggunakan santan yang diperas sendiri.

Supaya lebih mudah, kamu bisa belanja santan di pasar terdekat lewat Aplikasi Titipku. Gak perlu repot keluar rumah atau capek-capek memeras daging kelapa. Cukup unduh Aplikasi Titipku di Play Store lalu mulai berbelanja santan dan bahan dapur lainnya. Ada promo potongan ongkir selama bulan Januari lho!

Tinggalkan Balasan